Tuesday, September 16, 2014

SPAY-NEUTER-ADOPT-LOVE: Program steril ARAC: 7 & 14 Sept 2014

Dear rekan2 ARAC,

Tahukah kita apa yang menjadi pokok permasalahan penelantaran hewan domestik seperti anjing dan kucing? Jawabannya adalah: POPULASI.
Dengan makin banyaknya jumlah hewan domestik di sekitar kita, maka makin banyak muncul pembuangan, penyiksaan, hibah, dan tindakan yang tidak bertanggung jawab lainnya. 

Salah satu cara untuk mengurangi dan mencegah makin tingginya penelantaran adalah dengan STERILISASI. Jadi, dari manapun teman2 mendapatkan hewan peliharaan (membeli, diberi oleh saudara/teman, adopsi, rescue dari jalanan), kami mendorong teman2 semua utk mensterilisasi hewan peliharaan kita semua.

Silakan email ke kami: adopsianjing@gmail.com, jika teman2 membantu kasus dimana dibutuhkan steril anjing dalam jumlah banyak (minimum 3 ekor), dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Anjing yg disteril akan langsung dikembalikan ke lokasi setelah steril selesai dilakukan (atau steril di lokasi jika dalam jumlah banyak, jika memungkinkan)

2. Pelapor kasus bisa memegang anjingnya dan membantu dalam proses rescue

3. Lokasi kasus diprioritaskan yang bisa dijangkau di daerah Jakarta dan sekitarnya

Selain itu, kami membuka kesempatan jika ada dari rekan2 yg bisa membantu kami dalam bentuk:
1. Transportasi (mobil): jadwal steril kemungkinan dilakukan di akhir pekan (Sabtu/Minggu)
2. Kandang lipat / kennel box: dibutuhkan untuk membawa anjing di dalam mobil

-------------------------------------

Kegiatan Steril ARAC: 7 September 2014

Di tanggal ini, kami membawa 10 ekor anjing untuk disteril dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Kami berterima kasih kepada donatur Bpk Tomy Harjono dari Makassar, yang berkenan membantu kami dalam membiayai steril anjing2 ini. Dan juga terima kasih kami untuk rekan2 relawan ARAC yang bersedia membantu meluangkan waktu, tenaga dan transportasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Mengapa anjing2 ini harus disteril?
1. Karena sebagian dari mereka sudah menimbulkan masalah karena populasi (melahirkan dan beranak berulang kali)

2. Karena tidak ada dari kita semua yang bisa menjamin anak2 dari anjing ini yg sudah lahir sebelumnya atau yang akan lahir berikutnya akan mendapatkan hidup yang layak (diberikan pada teman, saudara atau orang yang tidak dikenal tanpa diseleksi agar cepat terhindar dari masalah). Atau banyak kasus jual beli anjing untuk dikonsumsi seperti di lapo atau tempat2 tertentu lainnya.

3. Mencegah pembuangan induk2 yg nantinya menua, dengan steril mereka akan terhindar dari penyakit ganas seperti tumor atau infeksi di organ reproduksi

4. Menjadi contoh bagaimana merawat hewan peliharaan yang benar sebagai adopter atau foster








-------------------------

Kegiatan Steril ARAC: 14 September 2014
Kami membantu melakukan rescue 3 akor anjing di daerah Serpong (ini merupakan anjing yang tersisa yang belum bisa ditangkap di bulan Juli lalu). Tidak mudah mendapatkan orang yang bersedia dan mampu bergerak di medan yang sulit seperti dalam kasus ini. Dengan usaha keras dan memakan waktu 3 jam, akhirnya ketiga anjing ini berhasil ditangkap.

Mengapa kasus ini bisa dibantu rescue untuk sterilisasi?
1. Untuk kasus dimana anjing2 di lokasi adalah anjing stray (liar), diperlukan orang yang berbulan-bulan atau bertahun-tahun merawat atau setidaknya memberi makan kelompok anjing yang ada di lokasi.

2. Diperlukan pihak / orang dan metode khusus untuk rescue: anjing yang liar dapat ditangkap dari jarak jauh menggunakan bius tembak (ini cukup berbahaya dan harus dilakukan dengan dokter hewan atau yang berpengalaman), menggunakan jaring, tali, sarung tangan khusus. Diperlukan keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi bagi mereka yang menjadi rescuer, dan tidak takut tergigit oleh anjing yang akan ditangkap.

3. Anjing liar yang sudah disteril akan dikembalikan ke lokasi: dokter yang melakukan steril anjing liar seperti ini sudah berpengalaman melakukannya, dan dengan biaya rawat inap tinggi dan tidak adanya tempat menampung, kami tidak memiliki pilihan selain mengembalikan anjingnya ke lokasi asal. Jika ada tempat berteduh seperti rumah kosong, taman dengan pepohonan rindang, jenis kasus seperti ini dapat terbantu.

Selain ketiga anjing liar ini, ada 2 ekor anjing lainnya yang masuk daftar steril, yang dibawa oleh adopter dan foster ARAC.


Total jumlah anjing yang disteril di kedua jadwal di atas: 15 ekor.

------------------------------

Ucapan Terima Kasih dan Ajakan Sterilisasi dari Kami
Terima kasih kami untuk Bpk Tomy yang telah membantu melalui donasi dalam bentuk biaya steril ARAC.
Kepada relawan dan rekan2 yang telah memberi donasi melalui rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu (dana digunakan untuk biaya transportasi dan rescuer yang membantu menangkap anjing liar di Serpong)

Dan kami mengajak rekan2 semua untuk terus mengingat bahwa sterilisasi adalah kunci dari keselamatan dan kehidupan yang lebih baik bagi hewan domestik (anjing dan kucing).

######      SPAY - NEUTER - ADOPT - LOVE       ######

Salam,
ARAC




No comments:

Post a Comment