Monday, August 25, 2014

Daftar Adopsi ARAC: Agustus 2014

Rekan2 ARAC,

Menjadi adopter bukanlah hal yang mudah, kami sering diajukan pertanyaan "mengapa rumit / libet prosesnya? Mengapa harus membayar?" dan sebagainya. Kami membuat persyaratan utama adopsi yaitu:
1. Domisili Jabodetabek ==> agar bisa disurvey lokasi dan diawasi berhasil / tidaknya proses adopsi
2. Bersedia membantu biaya steril dan vaksin sebesar 500 ribu rupiah ==> dana ini bisa dicicil per bulan sesuai kemampuan. Ini adalah syarat untuk menjadikan kita semua pemilik anjing yang bertanggung jawab, karena steril dan vaksin sifatnya mutlak saat ini agar mengurangi kasus yang muncul karena agresif, dibuang karena beranak/melahirkan, dan sebagainya.
Jika rekan2 ingin mengadopsi dari daftar kami, silakan mengirimkan email ke adopsianjing@gmail.com

BERITA ADOPSI ARAC - Gading Serpong
Pada bulan Juli lalu, kami memposting berita steril massal di Gading Serpong yang dapat dilihat melalui tautan ini: http://www.adopsianjing.com/2014/07/realisasi-steril-massal-gading-serpong.html
Salah satu anjing yang sudah disteril melalui program tersebut, yang kami sebut namanya Cokelat, telah diadopsi oleh keluarga ibu Elmi yang juga berdomisili di Serpong, di akhir Juli lalu.


Perjuangan mengadopsi dari jalanan sangat tinggi tantangannya terutama karena tidak ada proses domestikasi sebelumnya (proses dirawat oleh manusia di rumah), dan dalam proses transisi ini seluruh keluarga adopter diuji kesabaran dan tanggung jawabnya. Saat ini Cokelat sudah berganti nama menjadi Molly, dan keluarga bu Elmi menyayanginya seperti anggota keluarga sendiri. Kami berharap Molly akan terus berbahagia dengan keluarga ini selamanya, terima kasih untuk bu Elmi dan keluarga yang telah menjadi contoh adopter anjing yang direscue dari jalanan.

DAFTAR ADOPSI ARAC - AGUSTUS 2014
Kami memprioritaskan sejumlah anjing berikut (sebagian yang disebut di bagian awal adalah puppies / anjing di bawah 1 tahun). Seluruh anjing ini dibantu oleh rekan2 kami dalam proses perawatan mereka saat ini, agar mereka mendapatkan nasib yang lebih baik. Bagi teman2 yang berkeinginan mengadopsi dan bersedia memenuhi persyaratan adopsi ARAC, silakan mengirimkan email ke adopsianjing@gmail.com

FIDO - DIDO (lokasi: Tangerang)
Kedua anak anjing jantan ini berusia 3 bulan, saat ini belum divaksin. Rekan kami yang membantu mengawasi perawatan mereka akan mengusahakan vaksinasi pertama bagi mereka dalam waktu dekat. Fido dan Dido akan tumbuh menjadi anjing dewasa berukuran sedang nantinya. 



Bagi rekan2 yang ingin merawat anjing jantan, tidak melihat rasnya, Fido dan Dido akan menjadi pilihan yang baik. Yang harus diperhatikan dalam perawatan puppies adalah diperlukannya energi dan kesabaran yang tinggi (anak anjing yang tinggal di tempat baru umumnya akan memerlukan waktu untuk betah, dan perlu cara yang tepat dalam menangani proses pertumbuhan gigi mereka).

-------------------------

BELLA - TOBITU (lokasi: Jakarta Selatan)
Kedua anak anjing betina ini dirawat rekan kami setelah dibuang dalam boks di depan rumah rekan kami lainnya di daerah Jakarta Selatan. Saat ini mereka berusia 3 bulan, dan sudah divaksin pertama kali. 

                                            BELLA                                             TOBITU

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, perawatan anak anjing di usia hingga 1 tahun membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Namun kebahagiaan pada saat mereka nanti tumbuh menjadi anjing yang setia dan menjadi anggota keluarga kita akan menjadi hal yang tidak ternilai harganya.

---------------------------

BOBBY - BETTY - BELLA (lokasi: Jakarta Utara)
Bobby (jantan), Betty (betina), dan Bella (betina), ditemukan oleh rekan kami di daerah Jakarta Utara, di depan sebuah ruko di sana. Informasi yang didapat adalah sekumpulan puppies ini awalnya ada 5 ekor, dan 2 diantaranya langsung diambil oleh orang yang mengetahui keberadaan mereka (dijerat dengan tali dan dibawa pergi).

                                      BOBBY                       BETTY                       BELLA

Rekan kami tidak bisa menyelamatkan ke 2 anak anjing tersebut karena terkendala waktu yang sudah malam pada saat informasi diperoleh, keesokan paginya 3 anak anjing yang tersisa (dan dititip ke penjaga ruko) dibawa ke klinik untuk dirawat sementara karena rekan kami dan ARAC sudah tidak bisa menampung lagi. 

Perkiraan usia mereka adalah 4 bulan, dan saat ini sudah divaksin. Kami berharap Bobby - Betty - Bella bisa mendapatkan hidup lebih baik melalui proses adopsi, dan akan menjadi kebahagiaan bagi siapapun yang akan merawat mereka nantinya.

------------------

DAFTAR ADOPSI - LAINNYA

BIMO
  • Usia: 3 tahun
  • Jenis kelamin: jantan
  • Ukuran: medium cenderung besar, berat badan di atas 20 kg
  • Steril dan vaksin: sudah
  • Sifat: karena awalnya dilatih untuk berburu, Bimo sangat jinak dan penurut. Bisa bergabung dengan anjing jantan tertentu (yang tidak dominan/agresif), dan bisa diadopsi tanpa harus ada anjing lainnya karena Bimo lebih dekat ke manusia
  • Profil adopter yang tepat: memiliki tempat yang cukup untuk Bimo bergerak, akan mengajaknya beraktifitas, dan tidak untuk dipelihara di ruang terbuka (dirawat di dalam rumah)
Bimo ditemukan kurang lebih 1 tahun lalu, ditambatkan di pohon oleh seorang tukang bangunan di sana, dengan harapan rekan kami akan menyelamatkan dan memberikan "bayaran". Rekan kami melihat Bimo terkena panas dan hujan kemudian akhirnya mengambil Bimo dan ditampung. Bimo sudah disteril dan divaksin tahunan secara teratu, dan sudah sangat jinak untuk diadopsi.

----------------------

AREM
  • Jenis kelamin: betina
  • Usia: hampir 1 tahun
  • Ukuran: kecil
  • Steril dan vaksin: sudah
  • Sifat: lincah dan aktif, sangat menyukai berada dekat manusia, bisa bergabung dengan anjing lainnya
  • Profil adopter yang tepat: yang rajin merawat anjing dengan bulu sedang, tidak memerlukan tempat / rumah yang luas/besar, dan dengan sifatnya yang lebih lengket ke manusia maka Arem tidak terlalu membutuhkan teman anjing lain
---------------------

No comments:

Post a Comment