Thursday, July 10, 2014

Realisasi Steril Massal Gading Serpong: 5 Juli 2014

Yth rekan2 ARAC,

Kami memposting pembukaan dompet untuk steril massal di Gading Serpong di awal bulan Juni 2014:
http://www.adopsianjing.com/2014/06/pembukaan-dompet-kasus-steril-massal.html
Pada tgl 5 Juli 2014 lalu, akhirnya kami berhasil merealisasikan program steril massal ini.

Pada hari Sabtu pagi tersebut, ARAC mendatangi lokasi dimana kami sudah berkoordinasi dengan dokter hewan yang akan melakukan sterilisasi, seorang relawan yang meminjamkan kendaraannya untuk membantu mengangkut kandang, rekan kami yang menjadi pelapor kasus, dan ibu yang membantu memberi makan anjing2 di lokasi ini setiap hari. Selain itu, keberadaan seorang bapak yang bisa memegang anjing2nya dan yang menyeberang kali untuk membawakan anjing2nya agar bisa kami bawa, juga menjadi penentu bisa dilakukannya program ini.



Ketika kami datang, bapak yang membantu kami tersebut ternyata sudah membantu menangkap 3 ekor anjing betina yang akan disteril sejak sore sebelumnya, dan mereka ditambatkan dengan tali yang diikatkan ke pohon2 yang ada di lokasi tersebut. Sehingga ketika kami datang, kesulitan yang dihadapi adalah harus turun-naik tepian kali untuk menggendong ke 3 anjing ini satu demi satu ke seberang, dimana kami sudah menunggu dengan kandang2 untuk mengangkut mereka.




Seperti yang sudah diperkirakan, salah satu induk anjing betina yang paling tua diantara semuanya, tidak bisa tertangkap karena sejak awal di lokasi ini tidak bisa dipegang oleh siapapun. Kami sudah memikirkan menggunakan bius tembak, obat penenang dicampur makanan dan sebagainya, namun dengan keterbatasan waktu, maka kami fokus agar ketiga anjing betina yang berhasil ditangkap, dapat disteril hari itu juga.



Ketiga anjing ini kami bawa ke dokter hewan yang berjarak setengah jam dari lokasi, dan kami bersyukur mereka tidak berontak / melarikan diri saat dibius sebelum dioperasi. Di tempat dokter hewan ini kami juga bertemu dengan salah seorang adopter yang membawa anjing adopsinya untuk disteril. Adopter ini layak menjadi contoh yang baik untuk perawatan hewan yang benar, dengan kesediaannya membawa anjingnya disteril dan menanggung biayanya.
Sekitar 3 jam berikutnya, kami siap membawa pulang ketiga anjing betina yang telah dioperasi kembali ke lokasi asalnya. Walaupun baru sadar dari operasi, mereka sudah bisa dibawa, dan tidak diperlukan untuk melepas jahitan (dokter yang mengoperasi menggunakan benang jahit yang bisa menyatu dengan daging dan teknik jahitan yang dari pengalaman kami terbukti tidak akan mudah terlepas).



Bapak yang membantu anjing2 ini kembali menyeberang kali untuk membawa ketiga anjing dari kami untuk berkumpul dengan kelompoknya. Dari seberang kali kami melihat betapa senangnya anjing2 ini bersama lagi, walaupun kami menyadari akan lebih baik lagi jika mereka hidup di rumah. Untuk saat ini, program ini yang bisa kami lakukan, untuk mencegah permasalahan lebih besar yang bisa muncul karena jumlah mereka yang makin banyak.


Kami menitipkan 1 kandang lipat kepada bapak di lokasi tersebut, dan dengan harapan jika 1 induk betina tertangkap, maka kami akan bawa ke dokter hewan untuk segera disteril. Dana untuk steril ketiga anjing betina pada tgl 5 Juli ini adalah sebesar 1,7 juta rupiah, dan kami telah menyisihkan dana 800 ribu rupiah untuk 1 ekor betina yang belum disteril pada hari itu. Kami juga mendapati ada sekitar 3 ekor anjing yang berusia sekitar 4 bulan yang beberapa bulan lagi kemungkinan perlu disteril, yang akan kami pikirkan kemudian.

Terima kasih kami kepada rekan2 yang telah memberikan donasi hingga program ini bisa terealisasi. Di postingan laporan donatur berikutnya akan kami lampirkan rinciannya. Pelaksanaan steril massal tidak pernah mudah, semua dengan tantangannya masing2. Kami akan dibantu rekan kami dan ibu yang memberi makan anjing2 ini tiap hari untuk mengawasi perkembangan kasus ini, dimana setidaknya bantuan seperti steril masih dapat diberikan.

Ingin membantu anjing2 di lokasi ini?
Ada 2 ekor anjing betina usia sekitar 7-8 bulan yang sangat lucu, yang menurut kami masih bisa mendapatkan adopter. Jika teman2 ingin berbagi tempat dengan mereka, bisa mengirimkan email ke adopsianjing@gmail.com


Terima kasih untuk bantuan rekan2 semua.


Salam
ARAC

No comments:

Post a Comment