Sunday, June 1, 2014

Pembukaan Dompet Kasus Steril Massal: Gading Serpong

Update 18 Juni: Teman2, dana yg terkumpul utk steril massal gading serpong ini sekitar 3jt rupiah. Rencananya, sterilnya dilakukan pd tgl 28 juni. Segera setelah program terlaksana, akan kami update perkembangannya.

------------------------------------


Yth rekan-rekan ARAC,

Pada bulan April lalu, kami membantu transportasi seekor anjing yang berlokasi di daerah Serpong. Karena rekan kami yang memegang kasus tersebut sudah berusaha 1 bulan lebih mencari bantuan untuk kasus ini, dan sangat kesulitan mendapatkan transportasi dan juga klinik / dokter hewan yang bisa sesuai dengan jadwal transportasi yang tersedia.


Pada waktu itu, ARAC akhirnya berkesempatan melihat langsung kasus yang ditangani rekan ini, di mana terdapat sekelompok anjing yang lucu-lucu, rata-rata berukuran kecil - pendek. Kami melihat posisi kawanan ini berada di seberang kali sebuah komplek, dimana seorang ibu (kerabat dari rekan kami yang memegang kasus ini), setiap hari memberikan makan dengan cara melemparkan makanan dalam plastik ke arah anjing-anjing ini.


Awalnya, 2 tahun lalu, hanya ada sepasang anjing di lokasi ini, seekor jantan dan betina. Seiring perjalanan waktu, sepasang anjing tersebut kemudian berlipat ganda populasinya. Ibu yang memberikan makan kawanan tersebut sudah berusaha mencarikan adopter, namun dengan lokasi yang sulit dijangkau, transportasi, dan sedikit dokter hewan yang bisa membantu untuk bisa datang dan melakukan steril di lokasi, jumlah kawanan anjing ini menjadi banyak dengan cepat.

Yang terjadi adalah sebagian dari puppies tersebut kemudian menghilang, atau kemudian tercebur ke kali dan tidak terselematkan. Pada akhirnya, rekan kami diminta bantuan oleh ibu tersebut karena melihat kawanan anjing yang makin banyak ini akan makin menimbulkan masalah jika tidak dikendalikan populasinya.


Dengan melihat banyaknya tantangan dalam kasus ini, ARAC mencoba membantu pelan2 melalui pendanaan dan kemudian membantu program steril dari 4 ekor betina dewasa yang ada saat ini. Di bulan Maret lalu, 3 induk anjing di tempat ini melahirkan banyak puppies, namun kemudian sebagian besar hilang. Kami melihat di bulan Juni - Juli ini, adalah waktu yang tepat untuk induk-induk tersebut disteril.

Kami membuka dompet kasus steril Gading Serpong ini melalui dompet ARAC via rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu. Dana yang dibutuhkan untuk proses sterilisasi 4 induk betina ini diperkirakan adalah 4-5 juta rupiah (biaya steril dan inap 1 ekor anjing betina saat ini rata-rata adalah 1 juta rupiah), selain untuk biaya sterilisasi, dana yang ada kemungkinan dibutuhkan untuk transportasi (jika tidak mendapatkan vet / klinik di Serpong karena jadwal transportasi, maka ada kemungkinan sterilisasi dilakukan di dokter hewan di Jakarta).


Kami juga menyadari kasus ini sangat tidak mudah direalisasikan, namun kami melihat kegigihan dan usaha dari rekan kami dan ibu yang membantu memberi makan kawanan anjing ini setiap hari, bagaimana mereka sudah berupaya membuka dompet sendiri dan mencari bantuan. Jika sudah ada dana yang tersedia walaupun belum mencukupi untuk semuanya, kami targetkan di akhir bulan Juni, akan sudah ada 2 ekor induk betina yang bisa disterilisasi. Setelah steril, seluruh anjing2 ini akan kami kembalikan ke lokasi asalnya.

Sambil menangani program sterilisasi ini, kami akan mencari kesempatan bagaimana untuk bisa mencarikan adopter untuk puppies yang masih ada, atau untuk anjing2 di kawanan ini yang masih berusia muda (di bawah 1 tahun).

--------------------------------------

Sterilisasi Boring (Jakarta Utara)
Boring adalah seekor anjing betina yang hidup dan dirawat oleh sekuriti di sebuah komplek di Jakarta Utara. Salah satu bapak sekuriti di sana, yang sangat menyayangi Boring, melaporkan dan meminta bantuan kepada rekan kami (rekan dan ibu yang sama dengan kasus Gading Serpong di atas), untuk mensteril Boring.



Dasarnya adalah ketika melahirkan yang terakhir kali tahun lalu, Boring menjadi galak dan protektif kepada orang-orang yang mendekat lokasinya, dan hal ini menguatirkan bapak sekuriti di sana. 

Minggu lalu, Boring dibawa ke klinik di daerah Jakarta Barat. Dan pada saat di sana, diketahui Boring sedang loop (menstruasi), sehingga tidak bisa langsung dioperasi. Jadi, Boring harus diinapkan 1-2 minggu hingga periode menstruasinya selesai (karena kendala transportasi tidak memungkinkan jika Boring harus menunggu di lokasi asal dan dibawa lagi ke klinik).


Sebagian dari dana yang dibuka untuk dompet steril di atas, akan digunakan untuk membantu biaya inap Boring (untuk biaya operasi sebesar 1 juta rupiah sudah dibantu oleh rekan kami yang melaporkan kasus ini).

Setelah dioperasi, Boring akan kami kembalikan lagi ke lokasi asal. Bapak sekuriti yang membantu kami disana menyatakan, jika ada yang bersedia merawat Boring, mereka akan sangat bersyukur sekali. Namun kami menyadari bahwa tempat / adopter adalah hal yang paling sulit untuk diperoleh, karena itu kami menyampaikan bahwa saat ini yang dapat dibantu adalah sterilisasinya dahulu, agar tidak menimbulkan masalah lagi di kemudian hari.

-----------------------------------

Kami juga mohon maaf untuk kasus2 lain, yang sangat banyak, yang saat ini kami tidak bisa bantu. Banyak sekali kendala yang kami miliki, yang sebagian besar sudah kami sebutkan di atas.
Untuk saat ini, kedua kasus di atas kami coba bantu, dan kami akan usahakan semaksimal mungkin agar kasus di lokasi ini tidak menjadi makin mengganggu warga sekitar. 


Salam,
ARAC

1 comment: