Monday, May 5, 2014

Ringkasan Laporan Donasi ARAC: Februari - April 2014

Yth rekan-rekan ARAC,

Terima kasih kepada rekan2 yang membantu kegiatan kami melalui donasi ke:
 rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu.
Sekali lagi, kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk kasus yang belum / tidak dapat kami bantu untuk saat ini, karena keterbatasan tempat / transportasi / relawan, dimana kegiatan kami hanya bisa dilakukan terutama di Sabtu - Minggu (tidak di hari kerja).

Dengan sumber daya yang terbatas, kami berusaha melakukan aktivitas semaksimal mungkin, mulai dari kunjungan pemeliharaan, penyaluran bantuan, survey adopter / proses adopsi, bantuan pengobatan / sterilisasi, dan lainnya. Laporan donasi dan penyalurannya dijelaskan berikut ini.

Laporan Donasi:



Ringkasan Aktivitas ARAC Feb - April 2014
1. Pembayaran OTA (Orang Tua Asuh): Dana yg disalurkan ini adalah untuk membantu biaya makanan dan operasional dari beberapa anjing ARAC di House of Sindur (HOS). Untuk saat ini kami hanya bisa mengambil kasus baru jika ada dari anjing saat ini yang teradopsi.
Sebagian biaya OTA adalah untuk membantu sejumlah anjing dalam daftar ini: http://www.adopsianjing.com/2014/04/proses-dan-daftar-adopsi-arac-april-2014.html


 2. Penyaluran bantuan / sumbangan: Donasi dalam bentuk beras, dog food, kelengkapan kebersihan atau lainnya, kami salurkan kepada Shelter Pejaten, Pak Tri dan Bu Linda, disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang ada. Dengan donasi ini kita semua telah membantu meringankan beban pihak2 tersebut khususnya untuk biaya makanan sehari-hari.





3. Biaya pengobatan klinik, vaksinasi, dan sterilisasi
Tidak banyak kasus yang dapat kami tangani setiap bulannya, namun jika kasus yang dilaporkan tersebut dapat dibantu langsung oleh pelapornya, maka dengan dana yang ada kami berusaha sisihkan untuk membantu kasus tersebut.

BRUNO:
Bruno dilaporkan mengalami patah tulang, dan melalui donasi rekan2 semua, Bruno dipasang pen pada kakinya dan membutuhkan sebulan lebih untuk sembuh (pin sempat bergeser karena terlalu aktif, dicek kembali, dan kemudian beberapa minggu berikutnya pen tersebut dilepas).



DIMO:
Dimo dibantu oleh rekan kami yang menjadi pelapor dan pemegang kasusnya, dengan perawatan maksimal di klinik, ARAC membantu sebagian dari biaya perawatan Dimo. Saat ini Dimo dalam kondisi sangat sehat, dan mencari adopter.


BROWN:
Brown membutuhkan waktu sebulan lebih sebelum akhirnya kami membantu membawanya ke klinik, karena keterbatasan tempat. Melalui postingan kami, akhirnya Brown mendapatkan adopter setelah 2 minggu berada di klinik untuk divaksin dan disteril.


Biaya lainnya:
Di bulan Februari - April lalu, kami membantu kasus2 lain dimana pelapor atau pemegang kasusnya turun langsung untuk membantu, agar menjamin tersalurnya dana. Kasus tersebut adalah bantuan sisa rawat inap induk dari Bruno setelah sterilisasi, dan juga untuk membantu biaya steril 1 betina di rumah seorang ibu di daerah Kalideres. Selain itu kami juga membantu biaya vaksinasi tahunan untuk 3 ekor anjing ARAC.



4. Proses Adopsi
Kegiatan ini sebenarnya merupakan fokus dari edukasi kami selama ini, dimana justru adopsi merupakan tantangan terbesar yang kami hadapi. Di bulan April lalu, kami sangat bersyukur mendapatkan adopter untuk kasus2 yang ARAC tangani. Seluruh adopter ARAC sudah melalui proses seleksi, dan akan kami ceritakan lengkap di posting berikutnya.

BRUNO:
Pelapor kasus Bruno memberikan berita yang mengejutkan bagi kami, dimana tadinya Bruno dinyatakan bisa dirawat sementara, namun ternyata pelapor akan pindah ke rumah kontrakan baru di bulan Mei, dan Bruno tidak bisa dibawa serta. Dalam waktu yang cukup singkat yang diberikan, kami sangat bersyukur Bruno mendapatkan rumah baru, dan kami harapkan kehidupan Bruno di kesempatan ke 2 ini menjadi jauh lebih baik lagi untuk selamanya.



BROWN:
Setelah diposting, Brown mendapatkan respon yang cukup baik dari beberapa calon adopter, dan kami sangat bersyukur setelah proses seleksi, Brown saat ini telah mendapat adopter yang tepat. Tidak mudah bagi adopternya untuk merawat Brown karena sifatnya yang ingin bebas / berada di luar rumah. Selama masa percobaan adopsi, kami melihat usaha yang diberikan adopter sudah maksimal. Dengan usaha dan kasih sayang yang diberikan kami percaya proses penyesuaian Brown akan terus membaik di rumah adopternya.



MBOY:
Mboy berada dalam perawatan kami hampir setahun lebih (setelah berpindah tempat karena belum mendapat adopter). Bulan April lalu, kami menerima permintaan adopsi yang menurut kami cocok untuk profil Mboy yang aktif, tenang, dan dapat menjadi anjing penjaga yang baik. Cukup berat bagi kami untuk melepas Mboy dengan segala risikonya, namun kami percaya bahwa adopter yang akan menyayanginya dan rumah, adalah tempat yang paling baik. Saat ini Mboy menjalani proses penyesuaian di rumah barunya, yang kami harapkan akan berhasil.



*ARAC akan memposting proses adopsi dan adopter2 terbaru secara lengkap di postingan berikutnya

----------------------------
Sekali lagi, terima kasih untuk seluruh rekan2 yang setia membantu kami hingga saat ini, untuk membantu melakukan aktivitas2 yang telah kami jelaskan di atas. Kami menyadari masih banyak kekurangan yg kami miliki saat ini, dan dengan keterbatasan yang ada, terutama di sisi tempat untuk menampung, maka penyaluran bantuan yang ada akan difokuskan pada pencarian adopter, bantuan rutin bulanan, serta kasus2 yang membutuhkan perawatan atau sterilisasi.


Salam,
ARAC

No comments:

Post a Comment