Monday, April 21, 2014

PROSES dan DAFTAR ADOPSI ARAC - April 2014

Yth rekan-rekan ARAC,

Mengutip pepatah dari Cesar Millan: ”Every dog deserves a home, but not every home deserves a dog.”

Dengan prinsip ini, ARAC menyadari bahwa mencari adopter yang tepat bukanlah hal yang mudah dan cepat. Banyak yang dengan cepat menawarkan diri untuk mengadopsi, namun dari pengalaman kami sejak tahun 2009 menangani kasus-kasus di Jabodetabek, lebih baik mendapat adopter yang tepat walaupun memakan waktu lebih lama karena proses seleksi.

Kompleksitas hidup terutama di perkotaan, membuat perawatan hewan peliharaan, yaitu anjing khususnya, harus mempertimbangkan lingkungan tempat tinggal, kemampuan keuangan, penerimaan semua anggota keluarga di rumah, dan pengetahuan mengenai perawatan anjing yang benar.

Untuk itulah, kami mohon maaf tidak bisa langsung menolong atau mencarikan tempat menampung, karena pencarian adopter atau rumah yang tidak sebanding dengan banyaknya laporan penelantaran, atau hibah dari pemilik. ARAC merawat sejumlah anjing yang ditelantarkan / berasal dari jalanan atau dibuang pemiliknya, dan sambil merawat mereka dengan benar, kami juga mencari adopter yang tepat.

Hampir seluruh dari anjing-anjing dalam daftar adopsi ARAC ini dibiayai perawatannya oleh donasi dari rekan-rekan yang disalurkan melalui no rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina PasaribuTerima kasih kami untuk rekan2 yang setia membantu.
Untuk saat ini, kami membatasi adopter hanya untuk area Jabodetabek saja, dengan mempertimbangkan faktor transportasi, yaitu untuk proses survey dan pengawasan setelah adopsi.

Untuk rekan2 yang berminat mengadopsi atau menjadi foster sementara (3 bulan), silakan mengirimkan email ke: adopsianjing@gmail.com
(Mohon maaf, tidak semua email akan kami balas. Kami utamakan menjawab email yang menunjukkan cara berkomunikasi yang baik, dan niat mengadopsi yang tulus).

Kami merawat anjing-anjing ini melalui kunjungan secara teratur, membayarkan program OTA (Orang Tua Asuh) mereka tiap bulan. Saat ini, lokasi perawatan mereka tersebar di Jabodetabek.

Bagi yang berminat mengadopsi, mohon dijawab pertanyaan berikut, dan kirimkan melalui email:
  1. Nama adopter, usia dan pekerjaan
  2. Alamat rumah, area dan no tlp yang bisa dihubungi
  3. Status kepemilikan rumah, perkiraan luasnya, dan jumlah penghuni
  4. Jika memiliki hewan peliharaan, dan saat ini merawat anjing: sebutkan jumlah, jenis kelamin, sudah / belum vaksin / steril, penjelasan sifat dan karakternya (memudahkan ARAC untuk melihat kecocokan dengan anjing yang akan diadopsi)
  5. Nama dokter hewan atau klinik langganan, alamat dan no telepon
  6. Jika berhalangan merawat anjing dalam waktu lebih dari sehari (keluar kota, dsb), siapakah yang akan merawat anjingnya
 ------------------------------------------------

1. KEANA
Keana kami temukan berdasarkan laporan ke email di bulan Juli 2011. Saat itu, pelapor memberitahukan ada seekor anjing yang tiba-tiba muncul di area tempat tinggalnya di Jakarta Selatan. Melalui proses yang cukup memakan waktu, kami akhirnya bisa membawa Keana ke klinik untuk divaksin dan disteril.

Setelah 2 bulan berada di klinik, kami cukup putus asa karena Keana tidak mendapatkan adopter, yang kemungkinan adalah karena ukuran badannya yang cukup besar, dan karena usianya yang tidak muda lagi. Melalui postingan kami, akhirnya seseorang terketuk pintu hatinya untuk mengadopsi Keana.

Sekitar hampir 1 tahun lamanya Keana teradopsi, kami mendapat laporan dari adopter yang memberitahukan terdapat masalah di lingkungan mereka dengan keberadaan Keana. Setelah kami pelajari, kondisi tempat tinggal yang tidak cukup luas menyebabkan Keana menjadi agresif terhadap kucing2 di area tersebut.

ARAC mengambil alih kembali Keana, dan menampungnya sejak akhir September 2012 hingga saat ini. Keana memiliki sifat penjaga yang sangat kuat, baik kepada manusia namun tidak menyukai anjing yang hiperaktif. Keana akan sangat baik berada di tempat yang cukup luas dan tenang.

Jika Keana bisa memperoleh kesempatan mendapat adopter yang ke dua kalinya, kami harapkan tidak akan pindah lagi. Dan jika tidak teradopsi, Keana akan tetap berada dalam perawatan ARAC, yang akan kami rawat semampu kami.

KEANA
  • Betina, sudah vaksin dan steril
  • Usia: diperkirakan 9 tahun ke atas
  • Ukuran: besar, perkiraan berat di atas 30 kg
  • Kondisi: sehat, memerlukan shampoo khusus untuk kulitnya
  • Sifat / karakter: Tenang, profil anjing penjaga, one man’s dog
  • Profil adopter yang tepat: Memiliki tempat yang cukup luas untuk bergerak, memahami karakter dasar anjing jenis rottweiler


-------------------------------------------
2. SWEET
Sweet ditemukan tiba-tiba mendatangi area tempat tinggal rekan kami di Jakarta Utara, sekitar bulan Maret 2012. Saat ditemukan, terdapat tali di sekeliling lehernya. Diperkirakan Sweet melarikan diri dari orang yang merawatnya, yang kemungkinan adalah pemulung. Tali pengikat leher Sweet ini membuat tanda di sekeliling lehernya, hingga saat ini.

Setelah dibawa ke klinik untuk disteril dan divaksin, Sweet ditampung sementara di rumah rekan kami lainnya selama 3 bulan. Setelah itu kami melihat kemungkinan kecil untuk Sweet bisa teradopsi, maka ARAC mengambil Sweet yang mendapatkan tempat untuk menampung di akhir tahun 2012. 

SWEET
  • Betina, sudah steril, dan divaksin teratur
  • Usia: diperkirakan 5 – 6 tahun
  • Ukuran: medium, perkiraan berat 15 kg
  • Kondisi: sehat, dan tidak membutuhkan perawatan tertentu
  • Sifat / karakter: Tenang, tidak agresif, profil anjing penjaga yang baik.
  • Profil adopter yang tepat: Memiliki pengetahuan dan kebutuhan untuk merawat anjing penjaga

--------------------------------------------

3. BOLLY
Bolly, adalah contoh yang baik untuk kita dalam menjalani hidup. Itu yang kami pelajari dari kondisi tubuhnya, dan bagaimana perjalanan kasusnya hingga saat ini.

Ditemukan di jalanan yang dirawat oleh pemilik kios rokok di Jakarta Utara, bulan Maret 2012, kedua kaki belakang Bolly mengalami cacat yang kemungkinan disebabkan tertabrak di jalanan. ARAC membantu kasus Bolly atas laporan rekan, yang kemudian membawanya ke klinik. 

Tadinya kami meminta kaki belakang Bolly diamputasi jika kondisinya memungkinkan. Namun dokter yang merawatnya menyatakan bahwa dengan kondisi kaki belakang cacat ini, tidak diperlukan untuk dioperasi. ARAC membawa Bolly ke tempat yang masih bisa menampungnya saat itu, yaitu di bulan November 2012.

Sekitar 2 – 3 bulan kemudian, ARAC melihat bahwa permukaan lantai yang kasar dan corn block tempat penampungan menyebabkan luka di salah satu kaki dan ekor Bolly (Bolly bertumpu pada dua kaki depannya, mengangkat pinggulnya jika berjalan). Luka tersebut menjadi makin besar, dan tidak kunjung sembuh. ARAC akhirnya memutuskan membawa Bolly ke klinik, dan setelah ditunggu beberapa hari dan melalui hasil tes, dokter yang merawatnya menyatakan Bolly cukup sehat untuk diamputasi dua kaki belakangnya (saat itu ARAC menolak untuk sterilisasi dan memotong ekor Bolly agar menjadi pendek, karena cukup kasihan jika terlalu banyak anggota tubuh Bolly yang dibuang / dihilangkan).


Setelah proses amputasi tersebut, kami sangat bersyukur Bolly kembali sehat, hingga saat ini. Ada beberapa calon adopter yang berminat mengadopsi Bolly karena ingin memberikan tempat yang lebih baik bagi Bolly, tetapi hingga saat ini ARAC masih mempertimbangkan dengan segala kekurangan yang ada, Bolly lebih baik berada dalam perawatan kami.

Namun ARAC tidak menutup pintu adopsi untuk Bolly, karena kami menyadari rumah adalah tempat yang paling baik dibandingkan tempat penampungan. Bolly memiliki sifat yang ramah, sangat manja pada manusia, dan semangat hidup yang tinggi. Walaupun secara umum baik kepada anjing lain, akan lebih baik jika teradopsi, Bolly mendapatkan teman bermain anjing betina (atau anjing jantan yang tidak dominan / agresif).

BOLLY
  • Jantan, divaksin teratur, tidak disteril
  • Usia: diperkirakan 5 tahun ke atas
  • Ukuran: Medium, perkiraan berat 10 kg
  • Kondisi: sehat, kedua kaki belakang diamputasi, berjalan dengan bertumpu pada dua kaki depannya
  • Sifat / karakter: Sangat baik dan manja kepada manusia, bisa beradaptasi baik dengan anjing betina atau anjing jantan yang tidak dominan/tidak agresif
  • Profil adopter yang tepat: Yang akan menempatkan Bolly di dalam rumah (permukaan lantai ubin), bersedia merawat anjing dengan kondisi cacat, dan memiliki anjing lain untuk teman main Bolly

 ---------------------------------------
4. BOY
Boy adalah salah satu anjing yang hidup di sebuah rumah duka di Jakarta Utara, dilaporkan oleh rekan kami yang memberinya makan secara teratur pada saat itu, di bulan November 2012. Rekan kami menguatirkan keadaannya karena tidak akan bisa memberi makan dan menengok Boy lagi, dan sekuriti area tempat tersebut yang selama ini memelihara Boy sudah berpindah lokasi kerja.

Proses untuk menolong Boy tidak mudah, memerlukan waktu hingga hampir 4 bulan kemudian. Selain karena tempat untuk menampungnya, Boy ternyata tidak mudah untuk dibawa. Sampai akhirnya rekan-rekan yang menolong Boy berhasil memancing dengan makanan, dan kemudian membawanya ke klinik.

Setelah disteril dan divaksin, dan dititipkan di klinik, pada bulan November 2012, ARAC mengambil Boy dan merawatnya di penampungan. Boy sangat senang berada di kerumunan, baik dengan manusia maupun dengan anjing-anjing lainnya.

Dengan ukurannya yang kecil, kami berharap Boy masih akan bisa mendapatkan adopter, dan dapat tinggal di rumah. Walaupun ramah dan baik secara umum, Boy memiliki sifat dominan, sangat aktif bergerak, dan merupakan anjing penjaga yang baik.

BOY
  • Jantan, sudah steril, divaksin teratur
  • Usia: Perkiraan 3 tahun ke atas
  • Ukuran: kecil, perkiraan berat 5-6 kg
  • Kondisi: sehat
  • Sifat / karakter: Dominan, sangat aktif bergerak, anjing penjaga yang baik. Sangat loyal kepada orang yang merawatnya.
  • Profil adopter yang tepat: Jika memiliki anjing saat ini, sebaiknya berjenis kelamin betina atau anjing jantan yang tidak dominan / tidak agresif


-----------------------------

5. QUEENY
Dilaporkan keberadaannya di sebuah kampus daerah Bogor, sekitar bulan November 2011. Pada saat itu, Queeny hidup bersama induknya yang telah melahirkan beberapa puppies. Karena ARAC tidak bisa menampung semua, diputuskan yang diselamatkan awalnya adalah Queeny (info berikutnya setelah Queeny dibawa, induk + puppies di lokasi tersebut kemudian menghilang).

Queeny memiliki kondisi kulit yang harus dirawat dengan baik, karena pada saat ditemukan, didiagnosa terkena demodex. Setelah dirawat 2 bulan dan sembuh, kami meminta pertolongan untuk ditampung dan Queeny cukup beruntung pada saat itu masih bisa mendapatkan tempat.

Sekitar bulan Februari 2014, ARAC mengambil alih perawatan Queeny ke tempat yang lebih kecil, dan lebih tepat untuk karakter Queeny yang tidak terlalu bisa berada di tengah kerumumunan banyak anjing. Setelah dicek kesehatan dan dinyatakan kondisinya sehat, Queeny bergabung dengan beberapa anjing lain dalam perawatan ARAC.

Queeny memiliki sifat yang baik dan manja kepada orang yang sangat dikenalnya (merespon lebih baik kepada perempuan daripada laki2), tidak agresif kepada anjing lainnya, lebih suka menyendiri dan tidak bergabung / berkelompok. Walaupun kondisi tempat tinggalnya saat ini lebih baik, kami berharap Queeny bisa mendapatkan rumah dan adopter yang sesuai dengan karakternya.

QUEENY
  • Betina, sudah steril, divaksin teratur
  • Usia: 3 tahun
  • Ukuran: medium, perkiraan berat 15 kg
  • Kondisi: sehat, memerlukan kondisi rumah yang bersih dan shampoo kulit khusus
  • Sifat / karakter: Tenang, tidak suka berkelompok dengan banyak anjing, sangat baik kepada orang yang merawatnya
  • Profil adopter yang tepat: Diutamakan perempuan

-----------------------------------

6. DIMO
DIMO, saat ditemukan Desember 2012 lalu, terlihat sangat menyedihkan. Rekan kami yang menemukannya saat itu sebenarnya dalam perjalanan pulang mengambil 1 anjing kasusnya dari klinik, dan tidak tega melihat seekor anjing ini. Dari kondisinya kami perkirakan Dimo kemungkinan dibuang oleh orang yang merawatnya.

Saat itu, kami hanya bisa membantu dana perawatan anjing jantan ini, yang kemudian dinamakan Dimo. Dalam proses perawatannya Dimo berubah menjadi anjing kecil yang lucu, dan sangat aktif. 2 bulan lamanya Dimo berada di klinik, dan sudah saatnya Dimo harus mencari tempat tinggal berikutnya. Dimo sempat berpindah satu kali (karena harus dikeluarkan dari klinik), sebelum akhirnya saat ini Dimo dibantu oleh seorang rekan kami yang menjadi foster untuk sementara.

Dimo memiliki sifat yang sangat aktif, lincah, dan menyenangi kasih sayang manusia. Dengan daya juang hidupnya yang tinggi inilah membuat Dimo bisa tetap hidup dengan kondisi di jalanan saat ia ditemukan. Dokter yang merawatnya memperkirakan usia Dimo adalah 1 tahun. 

Kondisi kulitnya yang pernah sakit, merupakan hal yang harus dijaga dengan baik jika merawat Dimo. Dengan memperhatikan kebersihan tempat, dan memandikannya teratur, Dimo terbukti tidak mengalami masalah lagi dengan kulitnya.

Dimo terbukti mampu hidup sendiri, dan dalam proses perawatannya saat ini, Dimo tidak menyusahkan (tidak masalah dikandangkan asal tidak dalam waktu lama), tidak agresif dan gelisah ketika ditinggal. Kami sangat berharap Dimo mendapatkan rumah permanen, dan kesempatan hidup ke dua di keluarga yang akan menyayanginya.



DIMO
  • Jantan, sudah steril dan vaksin
  • Usia: diperkirakan 1 tahun
  • Ukuran: kecil, perkiraan berat 6 kg
  • Kondisi: sehat, satu kaki depan dan belakangnya terlihat tidak sempurna menjejak, tetapi bukan cacat & tidak menghalangi geraknya, dokter menyarankan memberi suplemen kalsium / tulang secara teratur
  • Perawatan: kondisi tempat yang bersih dan kering, dimandikan teratur untuk menjaga kesehatan kulitnya
  • Sifat / karakter: periang, lincah, sangat aktif bergerak, tidak agresif. Dari histori kasusnya, Dimo memiliki kemampuan untuk hidup mandiri.
  • Profil adopter yang tepat: Bersedia menerima kondisi Dimo, aktif mengajaknya bergerak (misalnya mengajaknya jalan teratur)
-----------------------------------
7. MISSY

Missy adalah salah satu anjing yang hidup di daerah Serpong, di sebuah tempat di belakang perumahan yang berbatasan dengan kali. Missy diberi makan oleh seorang ibu di seberang kali tersebut, dengan cara melemparkan makanan dalam plastik, 2x sehari.

2 induk betina di kelompok ini, telanjur melahirkan sejumlah puppies karena kesulitan transportasi untuk program sterilisasi massal. ARAC berkesempatan membantu membawa Missy ke dokter hewan di bulan April 2014 ini untuk disteril (seharusnya dengan saudara Missy yang ternyata menghilang beberapa minggu sebelum jadwal sterilnya).

Program berikutnya adalah membantu sterilisasi 2 induk di kelompok ini, yang bisa dilakukan di bulan Juni mendatang, dan membantu mencarikan adopter untuk puppies-nya. Dan karena tidak memiliki tempat lagi untuk menampung, Missy dikembalikan ke lokasi asalnya setelah disteril 3 minggu lalu.

Kami memasukkan Missy ke dalam daftar adopsi, dengan harapan kelompok anjing ini dapat ditolong secara bertahap. Karena Missy sejak dilahirkan, hidup di lokasi ini, maka adopter yang bersedia merawatnya sebaiknya adalah orang yang mampu mendisiplinkannya, membentuk perilaku menjadi anjing rumahan (domestikasi).

Kami juga membuka kesempatan jika ada dari rekan2 yang bersedia menjadi foster sementara Missy, agar Missy siap diadopsi. Apapun bentuk pertolongannya, Missy saat ini membutuhkan tempat tinggal yang lebih layak dibandingkan kondisinya saat ini.

MISSY (Foto diambil saat akan disteril)
  • Betina, sudah steril, belum divaksin
  • Usia: 6 bulan
  • Ukuran: kecil pendek, perkiraan berat badan 8 kg
  • Kondisi: sehat
  • Sifat / karakter: Terbiasa hidup bebas, perlu penyesuaian untuk tinggal di rumah
  • Adopter / foster yang tepat: Bersedia memberinya kesempatan untuk hidup dengan baik di rumah, banyak berinteraksi dengan manusia


---------------------------

8&9. SHIREN & SHARON
ARAC membantu menyelamatkan 3 anjing betina di daerah Jakarta Barat, di penghujung tahun 2011. Ketiganya kami namakan Shiren, Sharon, dan Sharin. Saat kami temui, ketiganya sudah dibantu ditampung oleh pelapornya, dimana ia dan keluarganya menjadi kerepotan karena bertambahnya ketiga anjing ini selain karena sedang merawat 3 ekor anjing lainnya.

Ketiga anjing ini diselamatkan karena pelapor melihat mereka ditambatkan di depan sebuah rumah, dengan tali yang tersambung ke pagar pemilik rumah. Saat ditanyakan, pemilik rumah menyatakan ketiganya bisa dibawa oleh orang yang menginginkan mereka, dan jika hari itu tidak ada yang mengambil, maka mereka akan dibuang ke kali di dekat area tersebut. Karena tidak tega, pelapor membawa mereka pulang, namun ARAC melihat sendiri rumah / tempat tinggalnya, dan bagaimana semua anjingnya diikat satu-satu di teras depan yang kecil.

Karena tidak memiliki tempat sendiri, maka ARAC membawa ketiganya ke klinik dan sambil divaksin + disteril, dirawat sementara di sana sambil mencari adopter. Pada saat itu, tidak mudah untuk mendapatkan adopter bagi mereka, yang akhirnya ARAC memutuskan membawa mereka ke seorang bapak yang bersedia menampung dengan diberikan bantuan tiap bulannya.

SHIREN & SHARON
·   Betina, sudah steril dan vaksin
·   Usia: 3 tahun
·   Ukuran: Medium, perkiraan berat antara 15 – 18 kg
·   Kondisi: sehat
·   Sifat / karakter: Shiren lebih pemalu dan manja kepada manusia, sedangkan Sharon lebih pemberani dan memiliki profil anjing penjaga, tidak mudah percaya kepada orang yang baru ditemui
·   Profil adopter yang diharapkan: Bersedia merawat mereka  / mengadopsi keduanya





----------------------------------

10. DOBBY
Pada saat ditemukan, Dobby sangat kurus dan ringkih. Seorang rekan kami yang adalah adopter Sharin (kasus sebelumnya), menemukan Dobby memasuki area rumahnya dan karena sudah merawat 2 anjing pada saat itu, tidak mendapatkan ijin untuk menambah lagi. Secara kebetulan juga, kedatangan Dobby sangat tidak diterima oleh anjing jantan di rumah itu.

Pada bulan April 2012, ARAC membawa Dobby ke klinik terlebih dahulu, dan dari pemeriksaan didapati bahwa Dobby menderita malnutrisi parah. Seminggu berikutnya, kami membawa Dobby ke tempat dimana Dobby bisa dipelihara di sana.

Hingga saat ini, Dobby masih dirawat dengan baik di tempat foster tersebut. Dengan usianya saat ini yang masih muda, yaitu 2 tahun, Dobby sangat lincah, ramah dan aktif bergerak, diterima di kelompok anjing yang sudah lebih dulu mendiami rumah tersebut.

Dobby memiliki kondisi yang sehat, mampu berinteraksi dengan baik dengan anjing lain, dan tidak menyulitkan dalam perawatannya. Sifatnya yang baik dan ramah kepada manusia dan anjing lain membuat ARAC berharap Dobby mendapatkan rumah dan adopter yang akan menyayanginya selamanya.

DOBBY
  • Jantan, sudah steril dan vaksin
  • Usia: 2 tahun
  • Ukuran: Kecil, perkiraan berat 9 kg
  • Kondisi: sehat
  • Sifat / karakter: Ramah, lincah, bisa beradaptasi dengan manusia dan anjing lain dengan cepat
  • Profil adopter yang ideal: Aktif, bisa mengajak Dobby bergerak atau bermain, dan sebaiknya sudah memiliki anjing lain untuk saat ini agar bisa bermain bersama Dobby
  • Jantan, sudah steril dan vaksin
  • Usia: 2 tahun
  • Ukuran: Kecil, perkiraan berat 9 kg
  • Kondisi: sehat
  • Sifat / karakter: Ramah, lincah, bisa beradaptasi dengan manusia dan anjing lain dengan cepat
  • Profil adopter yang ideal: Aktif, bisa mengajak Dobby bergerak atau bermain, dan sebaiknya sudah memiliki anjing lain untuk saat ini agar bisa bermain bersama Dobby

No comments:

Post a Comment