Thursday, February 20, 2014

Kegiatan dan Kasus Bantuan ARAC: Februari 2014

Yth rekan-rekan ARAC,

Dompet ARAC melalui rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu, selalu terbuka utk menyalurkan bantuan bulanan (pembayaran OTA, bantuan kepada Shelter Pejaten, Pak Tri dan Bu Linda).
Di bulan Januari lalu, kegiatan bantuan kami mencakup hal2 di atas, dan laporan donasi dapat dibuka melalui link berikut:

Mohon maaf dari kami untuk rekan2 lain yang membutuhkan bantuan namun dengan keterbatasan saat ini, belum dapat kami bantu. Di bulan Februari ini, dompet ARAC kami buka untuk membantu dua kasus berikut, yang kegiatannya langsung dilakukan oleh rekan atau pelapor kasusnya, dan dapat dibuktikan kebenarannya (melalui foto2 perkembangan kasus dan kami kunjungi langsung jika memungkinkan).

Kasus DIMO
Anjing ini ditemukan oleh rekan kami dalam perjalanannya ke klinik, di daerah Jakarta Barat, pada akhir bulan Desember 2013. Rekan kami sangat kasihan melihat kondisinya yang sangat parah kulit dan bulu2nya, yang tertutup luka. Karena sedang dalam perjalanan ke klinik, maka rekan kami langsung membawa anjing ini untuk diperiksa dan diobati di klinik. Anjing jantan ini yang dinamakan Dimo, dititipkan di klinik tersebut. Dari hasil pemeriksaan dokter, Dimo mengalami malnutrisi yang parah sehingga daya tahan tubuhnya melemah dan penyakit kulit menyerangnya.





 

Pada bulan Januari, rekan kami menanyakan apakah Dimo bisa ditampung oleh ARAC. Karena memang kami belum bisa membantu hal ini, maka yang kami minta adalah perawatan Dimo diperpanjang di klinik agar lebih sehat lagi, dan kami sarankan untuk disteril agar jika ditampung / diadopsi maka kondisinya bisa lebih terawat dan tidak akan menyusahkan lagi. 

 

Di bulan Februari ini, kami meminta foto Dimo di klinik dan kami melihat Dimo sudah berubah menjadi anjing yang lucu, sangat jauh berbeda dengan saat ditemukan. Namun hingga saat ini ARAC tidak bisa lagi menampung anjing lain, sehingga yang dapat kami lakukan adalah membantu biaya perawatannya melalui dompet ARAC: rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu dan mencarikannya rumah / adopter (proses adopsi, email ke: adopsianjing@gmail.com)

Catatan: biaya perawatan Dimo kemungkinan mencapai 1.5 juta hingga 2 juta rupiah, dan kami akan sesuaikan bantuan dengan donasi yang diterima (rekan kami juga akan membantu dengan dananya sendiri).

DIMO

  • Jantan
  • Ukuran kecil
  • Usia: tidak diketahui, diperkirakan kemungkinan 5 tahun ke atas
  • Vaksin: sudah
  • Steril: sedang dilakukan
  • Kondisi khusus: Dimo memerlukan tempat yang lebih banyak beralaskan ubin dan bukan tanah atau tempat berumput
  • Syarat adopsi: adopsi Dimo gratis, tidak dipungut biaya. Yang diharapkan adalah adopter yang bersedia merawat Dimo sebaik mungkin, dan ARAC akan mengawasi untuk melihat perkembangan kondisi Dimo

Kami sangat berharap Dimo bisa mendapatkan rumah, dan hidupnya membaik dan tidak akan kembali lagi kondisinya seperti ketika ditemukan.

---------------------------------------

Kasus BRUNO
Bruno adalah kasus yang dilaporkan minggu lalu, oleh pemilik Shelter Pejaten kepada kami. Pada saat itu, kami berpikir apakah ARAC masih bisa membantu kasus ini dengan keterbatasan yang ada. Akhirnya ARAC menghubungi pelapor langsung, karena mendapat informasi bahwa pelapor sudah mendatangi klinik namun terkendala biaya.

Anak anjing ini dinamakan Bruno, lokasinya di Jakarta Timur, dimana induk dari Bruno dirawat dengan tidak semestinya oleh pemilik. Induk Bruno melahirkan 6 puppies, hampir semua bernasib tidak baik. Pelapor, yang adalah tetangga anjing2 ini, jatuh kasihan melihat Bruno dengan kondisi kaki patahnya kemudian membawanya ke klinik di daerah Tebet.

 


Saat diperiksa dan dirontgen, dokter menyatakan Bruno harus segera dioperasi dan di kakinya dipasang pen. Karena terkendala biaya, pelapor membawa Bruno pulang, dan menghubungi pemilik Shelter Pejaten, yang kemudian menghubungi kami. Setelah kami tanyakan kasus ini secara detil langsung kepada pelapor, ARAC memutuskan kasus ini masih bisa ditolong (ARAC sudah menyatakan dari awal tidak bisa menampung, tetapi untuk biaya pengobatan bisa dibantu melalui buka dompet).

Bruno langsung dibawa lagi keesokan harinya ke klinik tersebut, namun karena kondisinya drop, diputuskan untuk dioperasi hari Sabtu (15 Februari 2014). Pada hari itu juga, kami mengunjungi klinik untuk melihat langsung Bruno setelah operasi, dan bertemu pelapornya. Bruno mendapatkan keringanan biaya dari klinik, dan ARAC membelikannya 1 kandang jeruji ukuran medium untuk tempat Bruno pasca operasi, di rumah pelapornya (yang menampung Bruno sementara hingga dia sembuh, dan masih mempertimbangkan apakah bisa diadopsi permanen).

 


Biaya keseluruhan Bruno adalah 750 ribu rupiah, dan kami juga berniat membantu biaya rontgennya minggu ini untuk memastikan kondisi pen dan tulang Bruno membaik (Bruno sudah dibawa kemarin ke klinik untuk ganti perbannya). Dana ARAC di rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu kami sisihkan untuk biaya bulanan setidaknya untuk 2 bulan ke depan, karena itulah kami membuka dompet untuk kasus ini agar dana bisa dialokasikan langsung.

Kami berharap Bruno akan bisa diadopsi oleh pelapornya (induk Bruno saat ini disteril dan dibantu pendanaannya oleh komunitas lain), dan perkembangan kondisinya terus membaik. Kami akan memposting kembali perkembangan Bruno berikutnya.

------------------------
Jika donasi yang ada pada kami mencukupi untuk membantu kasus lain selain 2 kasus yang kami tangani langsung di atas, kami juga akan menyisihkan untuk membantu kasus rekan2 lainnya tsb.

Sekali lagi, terima kasih untuk rekan2 yang selalu membantu ARAC, dan juga mohon maaf untuk kasus lainnya yang belum dapat kami tolong, karena kami memikirkan kemampuan dan kapasitas kami untuk membantu dan jika kami bersedia membantu, kami akan membantu hingga tuntas dengan solusi yang jelas.


Salam,
ARAC

1 comment:

  1. i love dimo. i love bruno. sayangnya saya jauh di bandung. bruno mirip merlin di rumah. hehehe...

    ReplyDelete