Monday, November 25, 2013

Kegiatan ARAC September - Oktober 2013

Rekan-rekan ARAC,

Selama bulan September - Oktober 2013, secara rutin dan tiap bulan kami membantu sejumlah pihak yang membutuhkan, sekaligus membantu perawatan anjing-anjing yang menjadi tanggung jawab kami. Rincian donatur list dapat dilihat melalui tautan berikut:
Donasi September: http://www.adopsianjing.com/2013/11/donatur-list-arac-september-2013.html
Donasi Oktober: http://www.adopsianjing.com/2013/11/donatur-list-arac-oktober-2013.html

Terima kasih dari kami untuk seluruh donasi yang telah kami terima melalui rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu. Dan dengan setulus hati kami meminta maaf, bahwa masih banyak keterbatasan kami dari sisi tempat menampung, relawan, transportasi maupun waktu yang hanya dapat kami lakukan di akhir minggu untuk melakukan kegiatan / kunjungan. Banyak laporan yang kami belum bisa tindak lanjuti karena kapasitas yang kami miliki kami gunakan seoptimal mungkin untuk yang bisa kami tangani.

Pejaten Shelter - Pak Tri - Bu Linda
Secara rutin, sebisa mungkin kami membantu pihak-pihak ini, yang sudah setulus hati merawat hewan yang masuk ke dalam perawatan mereka. Bentuk sumbangan yang disalurkan adalah diantaranya dog food, beras, kepala dan ati ayam, daging mentah dan kalengan, obat-obatan, perawatan anjing dan alat kebersihan.


---------------------------

Kasus Greenville
Secara resmi kasus ini sudah ditutup, terima kasih untuk seluruh donasi yang diberikan (dapat dilihat di donatur list pada tautan di atas). Setelah hampir 2 bulan kami mencari relawan dan transportasi untuk kasus ini, akhirnya dengan segala tantangan dan keterbatasan yang ada kami dapat melakukan hal berikut:
- Rescue 2 ekor puppies jantan: 1 ekor telah teradopsi, 1 ekor lagi disteril dengan biaya donasi dan dikembalikan ke lokasi asalnya
- Rescue 1 ekor induk betina: divaksin dan disteril dengan biaya donasi, dan dikembalikan ke lokasi

 
--------------------------------------

Kasus Bu Linda: Perawatan Ompung
Bu Linda yang selama ini ARAC bantu tiap bulannya melalui donasi rekan-rekan, melaporkan salah satu anjingnya yang bernama Ompung, tiba-tiba tidak sadarkan diri di kandangnya. Setelah mendapatkan pengobatan sekadarnya dari dokter yang berjiwa sosial membantunya, kondisi Ompung tidak kunjung membaik sehingga Ompung dibawa ke klinik tersebut untuk diperiksa dan dirawat.

 
Setelah 5 hari, Ompung dibawa pulang dengan kondisi yang membaik. Diagnosanya adalah Ompung mengalami serangan epilepsi, yang ternyata merupakan bawaan sejak lahir. Epilepsi pada anjing terutama dialami oleh anjing keturunan ras tertentu, misalnya tekel (Ompung kebetulan adalah campuran tekel). Vet yang merawat Ompung sangat berjiwa sosial karena mengetahui keadaan bu Linda, sehingga tidak mengenakan biaya untuk perawatannya. ARAC membantu membiayai angkot untuk mengangkut Ompung pulang, dan sedikit sumbangan untuk membantu pengobatannya.
-----------------------

Rumah Singgah Sindur (HOS: House of Sindur)
Saat ini, ARAC memiliki 5 ekor anjing yang dirawat di daerah Sindur, bersama 40 ekor lainnya. Tempat ini bukan milik kami, yang kami lakukan adalah menempatkan anjing-anjing yang merupakan warisan kasus kami sejak beberapa tahun lalu (belum mendapat adopter, teradopsi tapi kemudian kami rawat kembali). Saat ini HOS sudah melampaui kapasitasnya, yang berakibat muncul permasalahan utama shelter yaitu kutu, penyakit menular, dan keterbatasan SDM / karyawan yang merawat, dan masalah tempat seperti ketersediaan air dan listrik, dsb.



Sekali lagi, mohon maaf kami tidak bisa menampung lagi kasus yang dilaporkan, karena yang dapat kami lakukan saat ini adalah membantu mengunjungi anjing-anjing di tempat ini secara teratur, membawa mereka ke klinik jika sakit, dan membantu perawatan dan biaya operasional bulanan sesuai donasi dari rekan-rekan semua.

--------------------------

Secara umum setiap bulan pada hari Sabtu - Minggu, ARAC bergiliran mengunjungi tempat-tempat ini sebisa mungkin dan membantu melalui donasi yang rekan-rekan berikan. Jika ada kasus khusus, pelapor yang kami minta mencari sumber daya untuk membantu kasusnya, karena keterbatasan kami ini. Saat ini, kami membantu kasus2 yang tidak membutuhkan tempat menampung, yaitu misalnya vaksin / steril massal, atau pengobatan penyakit.

Terima kasih untuk bantuan teman-teman semua.


Salam
ARAC

1 comment:

  1. Ntu alamatnya di mana ya mas / mbak....
    Kalo ada waktu nanti saya berkunjung...

    ReplyDelete