Sunday, September 22, 2013

Update Kasus Greenville dan Kegiatan ARAC

Rekan-rekan ARAC,

Sejak diposting, kami berusaha mencari jalan untuk melaksanakan program steril dan vaksinasi kasus Greenville. Awalnya, usaha yang dilakukan adalah memvaksinasi anjing-anjing di sana, dengan bantuan rekan rescuer dan seorang ibu yang sudah terbiasa melakukan vaksinasi. Karena jumlah obat vaksin yang terbatas, liarnya anjing-anjing di Greenville ini dan tidak mendapat bantuan warga, hasilnya adalah hanya 1 ekor puppy yang berhasil divaksin.


Seminggu berikutnya, ARAC mendapat bantuan dari rekan komunitas lain (Garda Satwa), yang bisa menyediakan tenaga, relawan dan juga transportasi untuk membantu rekan rescuer yang memegang kasus Greenville, untuk melakukan rescue. Proses rescue cukup berat karena anjing-anjing yang selalu lari jika didekati, dan beberapa warga menyatakan kegiatan ini harus mendapat ijin pemuka lingkungan.


Pada tanggal 9 September ini, proses rescue berhasil menangkap 2 ekor puppies di Greenville, yang kemudian dibantu ditampung oleh relawan yang membantu kami tersebut, untuk dicarikan adopter (kami mendapat berita salah satu puppy telah teradopsi). Berikutnya kami menfokuskan pada induk puppies ini, yang sangat sulit untuk ditangkap. Karena proses ini juga, anjing-anjing lainnya tidak terlihat pada hari itu, sehingga proses ini harus diulang kembali dengan mendapatkan ijin dari Ketua RW setempat.


Rencananya dalam 2 minggu ke depan, relawan Garda Satwa akan membantu kembali proses rescue ini dengan membawa dokter/relawan yang bisa melakukan tulup / bius tembak. Kami akan meng-update kembali perkembangannya. Dana yang disumbangkan teman-teman digunakan untuk biaya operasional dari proses vaksinasi dan rescue ini. Dana yang masih ada, tetap akan digunakan untuk program steril dan vaksin massal, dimana kami juga berencana membantu area lain jika memang benar-benar dibutuhkan.


Selain itu, dana yang ada secara reguler kami gunakan untuk membiayai perawatan anjing-anjing ARAC dan juga untuk pihak yang membutuhkan seperti ibu Linda, Pak Tri dan Pejaten Shelter. Kami membantu melalui pengiriman bahan makanan seperti dog food, beras, daging mentah dan kalengan, kepala ayam, dan pembelian perawatan anjing seperti shampoo, obat kutu, salep kulit, cairan pembersih, kapas, dan obat-obatan lain yang dibutuhkan.


Terima kasih kami untuk bantuan yang teman-teman berikan, dan donatur list akan kami update di postingan berikutnya.

Salam,
ARAC

1 comment:

  1. selamat sore ARAC, dirumah saya sudah 3 minggu terakhir ini ada anjing yang berkeliaran, anjing itu sepertinya anjing peliharaan yang dibuang, saya seorang muslim, saya tidak berani untuk mengadopsi dan memegangnya.. saya berharap ARAC mau mengadopsi anjing yang ada di daerah rumah saya ini.. karena, ada niat warga disini, untuk membuangnya, saya khawatir ia diperlakukan lebih buruk setelah dibuang nanti.. terima kasih ARAC.. mohon dibalas :)

    ReplyDelete