Sunday, August 18, 2013

Ulurkan Bantuan Kita: Shelter Pejaten

Rekan-rekan ARAC,

Salah satu tempat persinggahan yang membutuhkan bantuan kita saat ini adalah Shelter Pejaten. Kilas balik Shelter Pejaten ini: ARAC membantu pembangunan awal pada akhir tahun 2009. Pada saat itu, jumlah anjing dan kucing yang ditampung sekitar 50 ekor saja. Saat ini, informasi yang kami terima, jumlah penghuni Shelter Pejaten mencapai 300 ekor anjing dan 100 ekor kucing (dengan kasus rescue dari jalanan dan hibah/titip dari pemilik anjing hampir sama jumlahnya).

ARAC secara rutin membantu setiap bulannya ke Shelter Pejaten dalam bentuk beras, lauk seperti kepala ayam atau daging, dan lainnya. Namun dari pengalaman kami sendiri yang saat ini merawat anjing dalam jumlah yang jauh lebih kecil, Shelter Pejaten membutuhkan uluran tangan kita setiap bulannya, secara rutin. 





Dengan jumlah penghuni Shelter Pejaten yang sangat banyak ini, diperlukan dana per bulan sekitar 20 hingga 30 juta rupiah: biaya listrik - air - gas, biaya bahan makanan (dog food, beras, lauk pauk), kebutuhan perlengkapan kebersihan dan kesehatan seperti sapu, pel, pembersih ruangan/lantai, dan tentunya untuk biaya karyawan yang merawat anjing dan kucing di sana setiap hari, setiap jam. Semua kebutuhan bulanan ini, tidak termasuk biaya steril atau vaksinasi (hampir semua kasus baru membutuhkan kedua hal ini), atau biaya pengobatan (operasi, obat-obatan, dan sebagainya).

Proses adopsi yang berjalan, baik di Shelter Pejaten maupun di komunitas lain, tidak sebanding jumlahnya dengan kasus yang dilaporkan atau ditangani. Oleh karena itu, jumlah penghuni Shelter Pejaten semakin banyak dan hal ini mengiringi kebutuhan biaya operasional tiap bulannya.





Ayo kita bantu bersama Shelter Pejaten agar penghuni maupun karyawan di tempat ini memperoleh kualitas hidup yang baik. Donasi Shelter Pejaten selalu terbuka melalui dompet berikut:

- Rek BCA no BCA 524 000 8698 a/n dr. Susana,
- Rek mandiri 126 000 5813612 a/n Susana

Berita atau update dari Shelter Pejaten bisa dilihat melalui facebook account "Shelter Pejaten".
Untuk saat ini, postingan tentang Shelter Pejaten akan ARAC bantu secara rutin tiap bulannya utk diupdate di website ini, setidaknya itu yang dapat kami bantu. 
Terima kasih untuk perhatian dan bantuan dari rekan-rekan semua.


Salam,
ARAC

4 comments:

  1. Nie alamatnya di pejaten mana? Apa bs dikunjungi? Tia

    ReplyDelete
  2. kalau mau adopsi gmana ya caranya? Kalau bisa yg anakan agar lbh dkat & sling mngerti dgn si doggi

    ReplyDelete
  3. juara. tetap semangat gan.

    ReplyDelete
  4. Bagaimana dengan shelter untuk binatang2 yang disiksa/abuse? Apakah digabungkan? Atau di Indonesia belum ada?

    ReplyDelete