Wednesday, August 28, 2013

Kasus Bantuan: Vaksin dan Steril Massal Greenville

Rekan-rekan ARAC,

Dengan keterbatasan yang ada pada kami, saat ini kami tidak bisa menampung / memberikan tempat untuk kasus baru. Namun kami menyadari bahwa pertolongan pada anjing jalanan tetap harus dilakukan, dan yang dapat kami bantu saat ini bentuknya adalah vaksin dan steril massal.

Di sebuah komplek di Greenville, Jakarta Barat, seorang rekan kami mendapati keberadaan induk anjing dan 5 ekor puppies yang berada di rumah kosong, mencari makan dari warga sekitar. Rekan kami membantu dengan memberi makan teratur, dibantu sejumlah tetangga di sana. Saat ini yg tersisa 2 puppies jantan, beserta induknya.


Tidak jauh dari lokasi ini, terdapat sepasang anjing jantan dan betina yang hidup di komplek, terlihat sehat, dan ada warga yang baik hati memberikan mereka makan. 


Dan pada hari ini, rekan kami yang datang ke lokasi tersebut bertemu dengan 2 ekor anjing jantan lain, yang sepertinya mencari makan dan mendekat ke kumpulan anjing yang awalnya diberi makan teratur itu.


Sebagian dana yang ada di dompet ARAC akan disisihkan untuk membantu kasus ini, sambil memberikan pasokan makanan juga memperhatikan kondisi sekeliling, mencari informasi apakah nanti akan ada orang yang berkeberatan dengan proses vaksinasi / sterilisasi. Tantangan vaksinasi dan sterilisasi massal justru datang dari orang yang mengambil keuntungan (menolak anjing betina disteril untuk mengambil puppies-nya), atau justru setelah dikembalikan lagi, muncul ultimatum untuk mengambil mereka dari lokasi (karena sempat dibawa ke klinik selama sekitar 2 minggu). Tantangan lainnya adalah rescuer yang membantu, dan transportasi.

Kami membuka dompet untuk kasus ini, melalui: rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu. Perkiraan dana yang dibutuhkan sekitar 6 juta rupiah, untuk biaya vaksin + steril + rawat inap + biaya lain jika dibutuhkan (makanan, obat dan transportasi). Jika karena satu dan lain hal tidak semua dari anjing ini dapat disteril, kami akan pastikan dana yang tersisa digunakan untuk kasus steril / vaksin lainnya, yang selalu ada dan membutuhkan.

Pelaksanaan steril dan vaksin kasus ini diperkirakan akan dilakukan 2 minggu ke depan, yang akan dilakukan bertahap sesuai ketersediaan sumber daya dan dana.
Terima kasih untuk bantuan rekan-rekan, dan kami akan update perkembangan kasus ini.


Salam,
ARAC

No comments:

Post a Comment