Monday, June 4, 2012

Mari kita berubah: Sterilisasi dan vaksinasilah anjing-anjing Anda!

Teman-teman,
Sudah tidak jamannya lagi kita, sebagai pemilik anjing, untuk merawat anjing seperti tempo dulu: dibiarkan begitu saja keluar rumah, tanpa penjagaan. Tidak divaksin, apalagi disteril.

Tahukah teman-teman, selama hampir 4 tahun kami mengelola situs ini, masalah yang terjadi tetap sama saja? Pindah rumah, tinggalkan anjing. Terlalu banyak anjing, kemudian bermasalah, dan harus dicarikan adopter (dan sama saja menelantarkan, pada akhirnya).


1) Merawat anjing mahal? Ya, tentu saja. Jika tidak siap, lebih baik tidak mengadopsi, atau memelihara anjing, karena hidup mereka tergantung tanggung jawab dan komitmen kita.
Maka kami mensyaratkan bagi mereka yang memiliki kemauan yang baik untuk memberikan rumah bagi anjing-anjing untuk diadopsi, sekaligus juga kemampuan secara finansial untuk merawat anjing tersebut (vaksinasi, sterilisasi, mengobati penyakit).




2) Mengapa harus disterilisasi dan divaksinasi?
- Kedua hal ini menjamin kesempatan hidup yang lebih baik bagi anjing-anjing yang kita rawat, menghindarkan mereka dari penyakit berat (terutama di usia tua seperti tumor dan kanker).
- Mengurangi sifat agresif dan keinginan kawin yang berlebihan (terutama pada anjing jantan), yang bisa membentuk perilaku nakal (perilaku juga tergantung disiplin teman-teman dalam merawat mereka)

3) Sterilisasi tidak manusiawi, kami menginginkan keturunan mereka?
Pertanyaannya: seberapa kemampuan kita menanggung hidup keturunan anjing-anjing kita? Ataukah kita memang ingin menjadi pembiak? Sterilisasi, jika dilakukan di dokter hewan yang terpercaya, merupakan awal dari kehidupan teman-teman kecil kita ke arah yang lebih baik.

Mari kita berubah!
Jadilah pemilik anjing yang bertanggung jawab, karena hidup mereka tergantung oleh kita semua.

No comments:

Post a Comment