Wednesday, April 25, 2012

Update Kasus Bantuan: Kasus Ibu Linda (Cengkareng)

Teman-teman,

Sudah sekitar 2 bulan terakhir ini ARAC membantu kasus ibu Linda yang berlokasi di Cengkareng, yang merawat sekitar 15 ekor anjing di rumahnya yang kecil / sempit, dan dengan keterbatasan ekonomi. Kami membantu melalui penyaluran dog food setiap bulan sebanyak 1 karung, dan membantu sejumlah kasus yang diderita oleh sebagian anjing yang dipeliharanya.

Karena keterbatasan Ibu Linda, seluruh anjingnya belum divaksin dan belum disteril. Tanpa kedua hal ini, maka hampir dapat dipastikan akan muncul penyakit. Posting terakhir kami adalah meminta bantuan untuk kasus pengangkatan tumor Eneng, yang muncul di area kelaminnya. Saat dibawa ke klinik tgl 18 Februari lalu, dokter yang memeriksa menyatakan bahwa tumor Eneng bersifat ganas dan berisiko sangat tinggi jika diangkat karena sudah melekat di organ lain di tubuhnya. Jadi, dengan berat hati maka Eneng kami kembalikan ke Bu Linda sesuai kondisi awal, dan Bu Linda sangat terpukul mendengar kabar ini.


Kondisi Eneng ini disebabkan oleh virus yang tertular dari proses kawin antara anjing jantan dan betina, dimana virus tersebut muncul terutama karena kondisi anjing yang tidak bersih dan juga karena lingkungan tempat mereka tinggal di jalanan. Kami menyampaikan pada Bu Linda bahwa yang bisa dilakukan adalah merawat hari-hari Eneng saat ini dengan baik.




Dengan bantuan dari teman-teman kepada Ibu Linda yang urung digunakan untuk Eneng, kami melihat ada 2 kasus lain yaitu Fani dan Coklut, keduanya betina. Keduanya mengalami masalah yang sama, yaitu pengerasan pada puting susu mereka. Hal ini umum terjadi pada anjing betina usia dewasa yang tidak steril, dan sterilisasi adalah satu-satunya jalan untuk mencegah kondisi ini berkembang menjadi lebih buruk (yang umumnya menjadi tumor payudara atau pyometra).

                                       FANI                                         COKLUT

Fani sudah disteril dan dikembalikan pada tgl 14 April lalu, dan pada hari yang sama, Coklut dibawa untuk disteril dan hingga saat ini masih dalam perawatan. Setelah selesai nanti maka Coklut akan dikembalikan juga ke rumah Ibu Linda.

Seluruh anjing bu Linda yang sehat akan dimasukkan ke daftar adopsi ARAC. Pelan-pelan kita bantu Bu Linda agar lebih teringankan bebannya sekaligus juga anjing-anjingnya mendapatkan tempat dan perawatan di tangan yang lebih baik.

"Kalau bukan kita yang membantu mereka, siapa lagi?"


Salam
ARAC

No comments:

Post a Comment