Monday, February 6, 2012

Rest In Peace: 4 ekor Betina Intercon, Kebon Jeruk (Program Steril Massal ARAC 2)

Teman-teman,
Kami menerima berita duka siang ini, melalui rekan kami yang selama ini membantu kasus Intercon, Kebon Jeruk. Di bulan September 2011 lalu, kami menggalang dana untuk melakukan sterilisasi dan vaksinasi atas 3 ekor betina yang selalu melahirkan di lokasi ini dan kemudian anak-anaknya menghilang diambil orang, atau terlindas kendaraan yang lewat.
Kasus bantuan Intercon: http://www.adopsianjing.com/2011/10/laporan-program-steril-massal-arac-2.html

Kami tidak mampu memberikan tempat berteduh bagi mereka, untuk itu yang kami bisa lakukan adalah melakukan sterilisasi dan vaksinasi kepada induk-induk anjing ini (total ada 4 ekor, salah satu disteril dengan biaya rekan kami), dan kemudian mengembalikan mereka ke tempat asalnya. Rekan kami setiap hari datang ke lokasi untuk memberi mereka makan.

Siang tadi, rekan kami tidak menemukan keempat ekor induk betina yang ada di lokasi itu selama ini. Satpam di lokasi ketika ditanyai tentang ini, hanya menyatakan bahwa mereka semua telah meninggal karena diracun. Ini semua diawali, yang merupakan dugaan, bahwa keempat anjing ini menjaga teritori mereka dari tukang sampah / pemulung, yang secara natural mereka gonggong.

Kami sangat amat sedih mendengar berita ini, namun kesedihan kami mungkin tidak sebanding dengan rekan kami yang turun langsung setiap hari membantu mereka agar bisa disteril, mencarikan adopter bagi anak-anak mereka waktu itu, dan terus memberikan makan kepada anjing-anjing ini tiap harinya.



Sebelum kita mengutuk, menghina atau mendendam kepada orang yang begitu tega mengambil kehidupan dari keempat ekor anjing ini, ingatlah bahwa kita semua punya tanggung jawab untuk mengedukasi kepada orang lain. Jika ada orang yang membenci kepada anjing, beritahukan dengan sabar bahwa anjing tidak berniat menyakiti, hanya menjaga daerah mereka. Dan apapun yang terjadi, jadilah contoh untuk tidak membuang atau menghibahkan anjing Anda, karena yang ada di jalanan banyak yang tidak mendapat rumah, dan berisiko bernasib seperti keempat induk anjing ini.


Seluruh perilaku kita adalah penentu nasib dari seluruh hewan yang ada di bumi ini, apalagi yang ada di rumah kita sendiri.


Rest in Peace, dear ones. You're all in good hands now.


Salam
ARAC

4 comments:

  1. Turut brduka, smoga mrka hidup dg damai brsama Sang Pencipta, n smoga teman" smua tetap sll semangat menolong sahabat satwa kita :-D

    ReplyDelete
  2. Biar tuh orang keracunan juga, berani ama binatang,, gak punya hati

    ReplyDelete
  3. semoga kita dapat membantu anjing-anjing malang yang masih berkeliaran di jalan tanpa rumah dan semoga seperti harapan ARAC untuk meng-edukasi orang-orang lebih banyak untuk sayang pada anjing-anjing malang tersebut. tetap semangat dog lovers, semoga makin banyak dog lovers untuk membantu anjing-anjing malang tersebut.

    ReplyDelete