Sunday, October 23, 2011

Laporan Program Steril Massal ARAC 2: Kasus Kebon Jeruk (Jakarta Barat)

Teman-teman ARAC,

Program Steril Massal ARAC tahap ke 2 yang lalu berhasil mengumpulkan dana sekitar 14 juta rupiah, dan berhasil melakukan program sterilisasi dan vaksinasi untuk 15 (lima belas) ekor anjing yang berasal dari jalanan.

ARAC tidak bisa menyediakan tempat tinggal yang layak bagi mereka semua, namun dengan sterilisasi dan vaksinasi yang diberikan, mereka akan mendapatkan hidup yang lebih baik di lokasi asalnya maupun di foster (yang merawat mereka sementara). Sterilisasi dan vaksinasi menjamin tidak bertambahnya populasi anjing di lokasi masing-masing, yang dapat berujung pada penelantaran (diperjualbelikan, tertabrak / terlindas, disiksa manusia karena jumlah yang semakin banyak, dsb).


Kasus Kebon Jeruk - Jakarta Barat (program steril: 3 ekor betina)
Sekitar bulan Agustus lalu, rekan kita Mbak Indri menemukan 5 ekor anjing betina dewasa, 2 ekor betina remaja. 3 dari 5 ekor betina dewasa tersebut melahirkan total 15 ekor puppies, yang dalam perjalanan waktu pencarian bantuan, mulai menghilang karena diambil orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan tersisa 7 puppies yang berhasil diselamatkan. Saat ini tersisa 2 ekor yang sedang mencari adopter, yaitu Ayumi dan Sakura: http://www.adopsianjing.com/2011/10/repost-mini-ayumi-sakura-for-adoption.html

Tiga anjing betina yang ikut program steril ARAC adalah:


1) putih: induk betina dewasa campuran labrador, jinak saat ditangkap untuk disteril.







2) si kancil: adalah anak si putih, sangat takut pada manusia sehingga sulit ditangkap saat program dilakukan.  Harus dikepung oleh 5 orang dewasa sampai akhirnya bisa tertangkap saat itu untuk disteril.






3) si cokelat: dari wajahnya terlihat campuran pitbull, dan merupakan yang paling jinak dari anjing-anjing betina dewasa di lokasi.







Mbak Indri secara teratur memberikan makan pagi dan mengisi air minum mereka di lokasi, dan di sore hari ternyata ada juga yang memberikan mereka makan. Hingga saat ini ada 1 ekor betina dewasa yang belum bisa disteril, yang masih diusahakan hingga saat ini (melalui pendekatan ke sekuriti yang melarang).

Terima kasih untuk bantuan dari teman-teman berupa donasi, penyebaran informasi, dan bagi relawan yang mau mendedikasikan waktu, tenaga, transportasi dan kasih sayang untuk membantu kasus-kasusnya masing-masing.



Kami masih terus membuka dompet steril massal ARAC yang dilanjutkan ke tahap 3, yang bisa disalurkan melalui:
- Rek BCA 436 1585 636 a/n Shirly Tiolina Pasaribu, tuliskan "dompet steril"
- Email ke adopsianjing@gmail.com untuk pemberitahuannya






Setiap donasi sebesar Rp 150,000 akan kami kirimkan sebuah wet bag (tas menyimpan pakaian kotor), dan satu stoples biskuit sehat untuk hewan kesayangan teman-teman.








"Kalau bukan kita yang membantu mereka, siapa lagi?"


Salam
ARAC

No comments:

Post a Comment