Tuesday, August 2, 2011

Kasus Bantuan (Jakarta): Lady & Kira

Teman-teman ARAC,

Sekali lagi, tidak semua kasus yang dilaporkan kepada kami dapat kami bantu. Jadi kami mohon maaf kepada teman-teman semua yang menaruh harapan sangat besar pada kami untuk dapat menolong semua permintaan. Sebagian kasus dapat kami follow up / bantu karena ada hal yang dapat dibantu juga oleh pelapor / relawan, misalnya menampung sementara, atau meminjamkan transportasi.

Dua kasus yang saat ini sedang kami bantu selain kasus-kasus yang sudah dipublikasikan, adalah Lady dan Kira, keduanya anjing betina yang mengalami penelantaran.

Lady
Lady, seekor anjing betina ras lokal berusia 9 tahun lebih, merupakan salah satu kasus dimana pemiliknya memiliki banyak keterbatasan untuk menolong hewan peliharaan mereka sendiri. Lady tinggal di sebuah rumah kontrakan setahun terakhir dalam kondisi "disembunyikan" dari lingkungan dan pemilik rumah, karena pemilik Lady tahu bahwa Lady tidak akan diterima.

Kondisi ini menyebabkan Lady tidak diajak jalan-jalan, dan ketidakleluasaan ini menyebabkan Lady mengalami sendi dan tulang yang mengeras sehingga tidak bisa berjalan. Keadaan ini juga diperparah oleh munculnya gumpalan di bagian bawah perutnya. Saat awal dilaporkan, foto Lady sangat menyedihkan.

ARAC awalnya menolak untuk membantu Lady, karena keterbatasan yang disebutkan tadi. Tanpa usaha mencari transportasi, dana bantuan dari pemilik, dan niat yang tulus dari pemiliknya sendiri untuk mau merawat Lady (mengesankan ingin dibuang saja), adalah alasan mengapa ARAC tidak bisa membantu.

Namun sepertinya Lady masih diberikan kesempatan untuk ditolong, karena salah satu relawan mengajukan diri untuk menjenguk kondisi Lady dan mau berkorban untuk ijin cuti dan ditemani oleh relawan lainnya, untuk mengantarkan Lady ke 2 dokter hewan. Saat ini Lady menjalani perawatan perbaikan kondisinya, yaitu 4x terapi dalam sebulan agar tulang / persendiannya menjadi lebih baik, sebelum diputuskan akan dioperasi atau tidaknya untuk mengangkat gumpalan di bawah perutnya.

ARAC belum mengetahui dengan pasti bagaimana kelanjutan bantuan bagi Lady nantinya, apakah akan dikembalikan ke pemilik (yang memang seharusnya pemilik lah yang merawat Lady dan bukan orang lain), atau akan diputuskan ditampung. Yang jelas saat ini Lady membutuhkan bantuan dari teman-teman semua untuk perawatannya.

Dalam banyak kasus seperti kasus Lady, kecil kemungkinannya dan lama waktu yang dibutuhkan agar dia normal kembali dan ceria seperti anjing normal pada umumnya. Kesedihan wajah Lady saat dibawa ke dokter hewan dan proses terapi membuat kami berpikir bahwa setidaknya kami memberikan usaha yang lebih baik dari pemiliknya yang terdahulu.

Untuk teman-teman yang berkenan membantu Lady, dapat disalurkan melalui:
- Rek BCA 065 607 6911 a/n Yoan Shanintan Tjahjadi
- email ke adopsianjing@gmail.com dan tuliskan "Dompet Lady" untuk pemberitahuan donasi


Kira
Kira, anjing betina sekitar 2 tahunan, ditelantarkan oleh pemiliknya di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saat laporan diterima oleh relawan, Kira berkeliaran di sekitar komplek dan mengganggu motor yang lewat sehingga rawan diperlakukan jahat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekitar 2 malam lalu, diterima laporan bahwa Kira dikejar-kejar oleh pihak keamanan komplek karena dianggap mengganggu ketertiban umum. Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh beberapa teman dan ARAC sendiri, karena pada malam hari mencari anjing di sebuah lokasi dimana harus mencari-cari, dan belum lagi ke mana bisa menampung Kira, merupakan hal-hal yang tidak ada solusinya pada saat itu.

Keesokan paginya, seorang relawan yang tidak tega mendengar kisah Kira kemudian berusaha menyelamatkan Kira. Dengan usaha keras mendekati dan kemudian membawa ke mobil (ternyata Kira jinak dengan manusia yang baik padanya), akhirnya Kira berhasil dibawa dan saat ini dititipkan ke dokter hewan agar bisa disteril dan divaksin.

Sama seperti kasus-kasus anjing dan kucing penelantaran lainnya, Kira membutuhkan bantuan untuk biaya sterilisasi dan vaksinasi. Setelah proses di dokter hewan selesai maka Kira akan membutuhkan tempat / foster / adopter.




Untuk teman-teman yang berkenan membantu Kira, dapat disalurkan melalui:

- Rek BCA 065 607 6911 a/n Yoan Shanintan Tjahjadi
- email ke adopsianjing@gmail.com dan tuliskan "Dompet Kira" untuk pemberitahuan donasi

Banyak anjing dan kucing lain yang tidak bisa memperoleh kasih sayang adopter / foster setelah dibantu proses sterilisasi dan vaksinasinya, namun setidaknya kami usahakan dulu agar mereka memperoleh hidup yang lebih baik melalui perawatan dan pengobatan.

Terima kasih untuk bantuan dan perhatian teman-teman semua.

Salam
ARAC

No comments:

Post a Comment