Sunday, August 14, 2011

Ayo Kita Bantu Mereka: Program Steril dan Vaksinasi Massal ARAC ke 2

Dear teman-teman ARAC,
Selain kasus-kasus bantuan steril dan pengobatan yang sedang dibantu oleh ARAC saat ini, ada sejumlah kasus yang membutuhkan bantuan sterilisasi dan vaksinasi. Untuk itu kami membuka Program Steril dan Vaksinasi ARAC yang ke 2, dengan lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Kebutuhan dana untuk program ini tidak murah, karena itu kami mengharapkan bantuan dari teman-teman semua untuk agar beban ini terasa lebih ringan bagi kita semua. ARAC dibantu oleh relawan / teman-teman yang memegang kasus, dimana nantinya donasi yang terkumpul akan disalurkan langsung ke vet / dokter hewan yang melaksanakan program.

Bagaimana teman-teman bisa membantu?
ARAC membutuhkan bantuan donasi dari teman-teman semua agar program steril ini bisa sedikit demi sedikit terealisasi.

- Sebagai bentuk penghargaan kami atas bantuan donasi teman-teman, maka ARAC menyiapkan suvenir untuk setiap donasi sebesar Rp 150,000 yang disalurkan.

- Suvenir ini terdiri dari 1 buah wet bag (tas kedap air untuk menyimpan baju kotor) dan 1 stoples biskuit sehat dari Mibu’s Bakery untuk hewan kesayangan teman-teman (anjing maupun kucing) – yang dibuat dari bahan alami, tanpa bahan pengawet/kimia

Donasi disalurkan melalui:
- Rekening BCA 0656 0769 11 a/n Yoan Shanintan Tjahjadi, tulis "Dompet Steril Massal 2"
- Email ke adopsianjing@gmail.com dengan menyebutkan: nominal donasi, nama donatur, alamat lengkap dengan kode pos, no telp (untuk kepentingan pengiriman suvenir)

Dengan donasi Rp 150,000 teman-teman dapat membantu kehidupan mereka yang dijalanan, sekaligus mendapat manfaat dari wet bag dan biskuit sehat untuk doggy dan kitty ya!

Catatan: ARAC membutuhkan waktu 2 minggu untuk pemesanan wet bag, jadi diharapkan kesabarannya untuk menunggu suvenir yang akan dikirimkan ke alamat teman-teman.

Bagaimana perincian kebutuhan program ini?
Biaya vaksinasi dan sterilisasi anjing betina per ekor: Rp 900,000
Biaya vaksinasi dan sterilisasi anjing jantan per ekor: Rp 500,000

Peserta program dan perincian kebutuhannya:
10 ekor anjing betina = 10 x Rp 900,000 = Rp 9,000,000
5 ekor anjing jantan = 5 x Rp 500,000 = Rp 2,500,000
Total kebutuhan donasi = Rp 11,500,000

Siapa yang menjadi Peserta Program Sterilisasi dan Vaksinasi ARAC ke 2 ini?
Teman-teman bisa melihat bahwa kasus yang muncul tidak perah berhenti, walaupun semakin banyak komunitas yang menolong anjing dan kucing telantar. Dengan program ini maka kita sudah berusaha menyelamatkan kehidupan sejumlah anjing yang berada di jalanan agar tidak bertambah populasinya, dan membantu meringankan beban teman kita yang bersedia menampung mereka.

1. Kasus Bengkel Ring Road, Jakarta Barat

Di lokasi ini, teman kita yang bernama Nancy ”menemukan” 3 ekor anjing betina dimana 2 diantaranya baru melahirkan lagi dan 1 ekor lainnya sedang hamil. Selain kebutuhan foster/adopter setelah usia mencukupi, induk-induk betina ini harus disteril dalam waktu dekat agar tidak menambah populasi anjing di lokasi yang ternyata sering ”menghilang” diambil orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Peserta program steril di kasus ini adalah 3 ekor anjing betina dan 2 ekor anjing jantan.

2. Kasus Intercon, Jakarta Barat

Teman kita Mbak Indri membantu menyelamatkan kehidupan sekitar 3 ekor induk anjing betina, dimana 1 ekor diantaranya (yang beserta 2 anak-anaknya), telah berhasil diadopsi.

2 induk betina lainnya membutuhkan steril, salah satunya urgent karena telah mengundang anjing-anjing jantan di lokasi. Total peserta program steril adalah 2 anjing betina dan 2 anjing jantan.


3. Kasus Kampus IPB, Bogor
Saat ARAC dilaporkan kasus ini oleh teman kita Devi, induk betina di foto ini sedang hamil. Saat ini anak-anak dari si induk yang bernama Mupy tinggal 4 ekor yang selamat, 1 di antaranya sudah teradopsi.

Total peserta program steril saat ini adalah 2 ekor anjing betina.




4. Jeshika dan anak-anak asuhnya

Jeshika melaporkan kedatangan Shiren dan puppies-nya (seperti yang telah dipublikasikan oleh ARAC), dan ketika disurvey, terdapat anjing-anjing lainnya yang diselamatkan Jeshika dari jalanan yang membutuhkan steril agar tidak menambah total anjing yang saat ini mencapai 10 ekor di rumahnya dan telah mengundang protes tetangga.

Total yang akan disteril dari kasus Jeshika adalah 5 ekor anjing betina.



Saat ini sudah ada program steril yang dilakukan karena tidak bisa menunggu program penggalangan dana, yaitu kasus Intercon yang dibantu Mbak Indri. Sesegera mungkin donasi terkumpul, teman-teman pelapor kasus juga akan membantu melaksanakan program.

Mari kita bersama membantu mereka melalui program sterilisasi dan vaksinasi ini ya. Terima kasih untuk bantuan teman-teman semua.

Catatan ARAC:
- Program steril ini juga akan dapat membantu laporan kasus berikutnya yang mungkin belum dipublikasikan saat ini, dan disesuaikan dengan kebutuhan (dibagi berdasarkan prioritas yang paling membutuhkan)
- ARAC menyediakan 100 pc suvenir (wet bag dan biskuit) untuk program sterilisasi dan vaksinasi ini, agar kebutuhan program steril ini bisa dipenuhi, dan terdapat donasi yang mencukupi untuk membuat program berikutnya.
- Waktu menunggu 2 minggu adalah untuk produksi, dan dana produksi ini ini juga dikumpulkan melalui donatur dan dompet ARAC
- Terima kasih kami untuk Mibu’s bakery yang menyumbangkan biskuit sehat bagi hewan kesayangan kita semua. Tentang Mibu’s Bakery: http://www.facebook.com/mibus.missy

1 comment: