Wednesday, July 13, 2011

Program Sterilisasi (SERANG): Ayo kita bantu mereka!

Teman-teman ARAC,

Salah satu penyebab penelantaran adalah karena tidak terkendalinya populasi hewan seperti anjing dan kucing, yang bisa kita liat dengan mudah di sekitar kita. Pencegahan hal ini bisa kita lakukan dengan menjaga agar anjing tidak keluar rumah, dipisahkan dengan lawan jenisnya, atau untuk banyak kasus (ada jantan dan betina dalam 1 rumah), dan merawat kucing, jalannya adalan dengan disterilisasi.



Biaya sterilisasi memang tidak murah, namun kita bisa mulai dengan menyisihkan sedikit demi sedikit dana dari penghasilan kita, dan kemudian melakukan proses ini yang sebenarnya, justru sangat membantu kita di kemudian hari. Sterilisasi sangat aman jika dilakukan dengan benar, yaitu di dokter hewan yang memiliki ijin praktek, dan sebelum/sesudah steril, anjing dan kucing kita harus divaksin.


Saat ini ARAC menerima laporan kasus di daerah Serang, tepatnya di Desa Sentul, Kragilan, Ciujung Serang,dimana terdapat sekitar 30 anjing yang ditelantarkan pemiliknya. Kisah bermula tatkala seorang pemilik pabrik toko bangunan, Toko Kragilan Utama di alamat tersebut, memutuskan memelihara anjing untuk menjaga toko miliknya.

Keputusan ini tidak diiringi dengan pemahaman bahwa memelihara banyak anjing sebagai penjaga tempat tinggal / tempat bekerja, tanpa sterilisasi, anjing-anjing itu berkembang biak dengan sangat cepat.


Dan sayangnya, si pemilik kurang bertanggung jawab, di mana ia hanya memberi makan satu liter beras untuk satu hari. Semakin banyak jumlah hewan yang dipelihara tanpa tanggung jawab yang baik, maka permasalahan seperti penyakit kulit juga timbul. Sebagian dari anjing-anjing yang dirawat di sana mengalami penyakit kulit.

Namun masalah yang paling utama saat ini adalah pengendalian jumlah anjing di pabrik tersebut agar hidup mereka lebih terjamin dan lebih layak, dan tidak mulai mengganggu lingkungan umum.

Kasus ini dilaporkan oleh seorang penyayang hewan (Ping-ping) yang kebetulan bertempat tinggal di sekitar area pabrik tersebut, dan dibantu juga oleh rekan-rekan lainnya (Sinta dan Dewi). Tanpa bantuan dari kita, hampir dapat dipastikan bahwa kasus ini akan berujung pada pemusnahan (karena semakin banyak akan menjadi liar dan mengganggu lingkungan umum).

Kami mengajak teman-teman untuk sedikit demi sedikit membantu dalam program sterilisasi Serang ini, dimana dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Sterilisasi, vaksinasi, dan biaya rawat inap untuk 10 ekor anjing betina = 10 juta rupiah
- Dana yang tersedia saat ini (dari teman penyayang hewan dan ARAC) = 3 juta rupiah
Jadi, dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program ini adalah 7 juta rupiah.

Kami juga berusaha agar mendapatkan program steril yang mampu meringankan beban ini, jadi kita akan berusaha bersama-sama agar anjing-anjing di Serang ini dapat terbantu. Untuk teman-teman yang bersedia memberikan donasi, bisa dilakukan melalui:
- rek BCA 065 607 6911 a/n Yoan Shanintan Tjahjadi
- email ke adopsianjing@gmail.com dan tuliskan "dompet Serang"

Sekali lagi, mari kita bantu sedikit demi sedikit agar semakin banyak hewan di sekitar kita yang
tertolong ya, seperti anjing-anjing penjaga di Serang ini.

Terima kasih untuk bantuan teman-teman semua.


Salam,
ARAC

1 comment:

  1. Shared! Thank you so much for your help ARAC, God bless you abundantly!

    ReplyDelete