Wednesday, July 27, 2011

Mencari Adopter (Jakarta dan sekitarnya): Blacky dan Belang

Dear teman-teman ARAC,

Kami banyak membaca komentar atau postingan seperti "saya mau anjing kecil.." atau "saya ingin memelihara anjing (ras)..". Mengadopsi mungkin bisa memilih ya, teman-teman. Tetapi bagi kami, dan termasuk banyak rekan-rekan lain yang berkecimpung di kegiatan penyelamatan anjing-anjing / kucing telantar, kami tidak bisa memilih ras apa yang kami tolong. Dan justru yang banyak membutuhkan pertolongan, adalah anjing dan kucing jenis lokal. Yang kami harapkan adalah semakin banyak dari teman-teman yang bersedia dan terketuk hatinya untuk mengadopsi bukan karena "memilih" dan "mencari" anjing/kucing tertentu, namun karena kesediaan untuk berbagi tempat dan kasih sayang.

Blacky
Anjing betina, ini kemungkinan dibuang pemiliknya. Yang menyelamatkan Blacky, rekan kita Stella, memperkirakan Blacky sudah pernah melahirkan. Sudah berkeliaran di daerah Sunter lebih kurang 3 bulan terakhir. Selama 2 minggu terakhir terlihat anjing jantan liar yg mendekati, dan untuk mencegah kehamilan dan kelahiran yang bisa mengakibatkan penelantaran, akhirnya Stella mencoba merescue Blacky untuk disteril.

Usia Blacky kemungkinan masih muda, karena gigi-giginya masih bersih, dan mungkin punya trauma terhadap manusia dan jadi tidak mudah didekati. Namun keberhasilan Stella menangkap Blacky dengan tali penuntun membuktikan bahwa Blacky masih percaya pada orang yang memberikan makanan padanya tiap hari.

Saat ini Blacky sedang dalam proses steril dan vaksin, dan sekitar satu minggu lagi, Blacky akan menghadapi masalah yang sama dengan teman-temannya yang lain: apakah Blacky harus kembali ke jalanan? Masih adakah rumah dan kasih sayang yang bisa diberikan bagi Blacky?


Belang
Belang seekor anjing jantan, sudah menggelandang sejak kecil, dan dibiarkan di jalanan oleh pemiliknya, tanpa diberikan makanan. Stella sering memberi makanan pada Belang sejak dia kecil, dan saat ini Belang sudah tumbuh besar. Belang sangat jinak dan ramah pada manusia. Di rescue juga tanpa sengaja, karena ada informasi Belang akan dijadikan santapan, jadi secara refleks rekan kita Stella menyelamatkannya dan dibawa ke dokter hewan bersama Blacky untuk disteril dan divaksin.

Berikut adalah kutipan email Stella:
"Rencana awal, doggie2 ini setelah di steril dan di vaksin mau sy kembalikan ke tempat semula, tp klo mrk hrs balik lg ke jalan..., apa yg akan terjadi pada mereka...? ada bnyk manusia yg bisa melukai mrk bahkan tidak tertutup kemungkinan mrk akan dijadikan santapan. Tp klo sy yg hrs nampung mrk, sy jg sdh punya 11 ekor di rumah, jd ud tdk memungkinkan buat sy adopt, krn bnyk faktor."

Sekali lagi teman-teman, bagi seorang penyayang anjing sejati seperti Stella, tidak ada kata "memilih", jenis anjing apa yang harus ditolong, atau diadopsi. Seluruh anjing-anjingnya berasal dari jalanan, dan ini semua karena keinginan untuk membantu dan berbagi.

Masih adakah tempat di antara kita bagi Blacky dan Belang?
Silakan email ke adopsianjing@gmail.com untuk yang bersedia membantu menjadi foster atau adopter mereka.

Salam,
ARAC

No comments:

Post a Comment