Monday, July 4, 2011

KASUS-KASUS BANTUAN ARAC - 4 Juli 2011 (Bagian 2)

Dear teman-teman,
Berikut adalah kasus-kasus bantuan bagian ke 2 yang sedang ditangani oleh ARAC saat ini.


4) GERALDINE (JAKARTA): Vaksin, steril, dan biaya perawatan
Geraldine, dipanggil Ge-ge, anjing betina berusia sekitar 5 tahun yang baik dan manis, tiba-tiba masuk ke rumah pelapor dan karena jatuh kasihan maka Ge-ge dirawat di sana. Setelah seminggu Ge-ge ternyata mengundang keributan karena musim kawin saat ini yang mengakibatkan anjing-anjing jantan di daerah pelapor berdatangan di malam hari, sehingga gonggongan mereka mengganggu ketenangan umum. Karena diperlukan solusi tempat yang cepat, maka ARAC berupaya membantu melalui dokter hewan terdekat untuk pertolongan vaksin dan steril.

Saat ini Ge-ge telah divaksin, dan menunggu periode loop-nya selesai, dan kemudian akan disteril. Pelapor juga membantu ARAC untuk pengumpulan dana bagi Ge-ge, untuk bersama-sama membantu biaya perawatannya. Sambil mencari bantuan, diharapkan Ge-ge akan memperoleh adopter yang akan menyayanginya dan memberinya rumah sehingga tidak akan berkeliaran lagi di jalanan dan dikejar-kejar oleh anjing-anjing lainnya.



5) MAW-MAW (JAKARTA): Pengangkatan Tumor
Maw-maw ditemukan oleh pelapor dalam keadaan kaki yang terluka dan membengkak. Setelah dirawat beberapa hari, ternyata luka tidak membaik sehingga harus dirawat di dokter hewan. Karena keterbatasan informasi dan faktor kedekatan lokasi, Maw-maw dirawat di dokter hewan terdekat namun ternyata biaya hariannya relatif berat bagi kucing jalanan seperti Maw-maw. Diagnosa memperlihatkan bahwa ada tumor di kaki Maw-maw yang harus diangkat.

Saat ini Maw-maw telah dipindahkan ke dokter hewan yang memiliki jiwa sosial sehingga diharapkan biaya perawatan dan pengobatannya akan lebih terjangkau, dan dengan donasi teman-teman maka Maw-maw akan bisa dibantu.







6) BELLA (PALEMBANG-JAKARTA): Transportasi, Perawatan, dan Biaya operasi kaki
Kasus terakhir yang saat ini membutuhkan pendanaan cukup besar adalah kasus Bella, seekor anjing betina dewasa dari Palembang. Bella ditemukan oleh tim PSS (Palembang Sahabat Satwa), dalam keadaan tergeletak di pinggir jalan setelah tertabrak. Tim PSS telah membawa Bella ke vet di Palembang, dan diagnosanya adalah kaki belakang Bella tidak akan sembuh / akan terus lumpuh.


Tim PSS berinisiatif menghubungi Shelter Pejaten untuk meminta rujukan. Dan akhirnya sekumpulan teman-teman penyayang hewan bergerak untuk mengumpulkan dana, untuk membawa Bella ke Jakarta agar memperoleh perawatan medis yang lebih baik. Karena kebutuhan dana Bella cukup besar (biaya transportasi darat, biaya perawatan selama di Jakarta nantinya, dan biaya operasi dan kemungkinan akupuntur), maka dompet Bella dibuka oleh 2 pihak, yaitu a/n Vidia Schulz dan a/n ARAC atau adopsianjing (via rek Yoan). Seluruh dana yang terkumpul dan penggunaannya akan dilaporkan.

Update terakhir: Bella sudah sampai dengan selamat beserta rekan-rekan yang menjemputnya di Jakarta. Kasus Bella akan dilaporkan juga dalam posting terpisah.


Memang kasus-kasus yang ada tidak pernah terlepas dari dana. Untuk itu kami sangat berterima kasih untuk teman-teman semua yang telah membantu melalui donasi. Selain donasi, teman-teman juga bisa membantu dengan menyebarkan informasi ini. Selain itu, ada hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk membantu hewan telantar, yaitu melalui ADOPSI. Mungkin tidak perlu jauh-jauh, di sekitar kita sendiri banyak hewan telantar yang membutuhkan bantuan. ARAC berharap akan semakin banyak teman-teman yang membantu mereka yang di jalanan, karena tanpa tanggung jawab kita bersama maka mereka tidak akan memiliki harapan.


Terima kasih untuk bantuan teman-teman semua.

Salam,
ARAC (Animal Rescue and Adoption Center)

2 comments:

  1. Salam Sejahtera...

    Keberadaan Palembang Sahabat Satwa (PSS) tidak bisa dilepaskan dari "Shelter" Pejaten. Pada gilirannya, PSS juga secara moral berkewajiban untuk membantu dan mendampingi pembentukan atau keberadaan kelompok-kelompok penyayang di Palembang dan sekitarnya.

    Untuk Anda yang berada di Palembang, kami nantikan Anda untuk ikut serta dalam gerakan ini. Mari buktikan bahwa kita manusia memang makhluk yang memang pantas disebut mulia, karena berbelaskasihan pada sesamanya, terutama yang (di)rendah(kan) derajatnya !

    Kunjungi PSS di sini:
    http://www.facebook.com/pages/Palembang-Sahabat-Satwa/115581025168438.

    Sharif Dayan

    ReplyDelete
  2. Salam Sejahtera...

    Salut pada kerja keras rekan-rekan ARAC dan semua yang bersimpati pada gerakan ini !

    Kiranya Yang Maharahman dan Maharahim senantiasa menjadi rekan kerja Anda semua...

    ReplyDelete