Friday, June 17, 2011

Kasus Bantuan (Jakarta): Mari kita Ringankan Penderitaan Abby

Teman-teman adopsianjing (ARAC),

Tidak semua laporan mengenai anjing / kucing telantar dan harus segera memperoleh bantuan dapat langsung dibantu. Mengapa? Ada banyak keterbatasan pada kami dan teman-teman yg membantu, baik dari sisi waktu (karena pekerjaan), transport, jarak antar lokasi di Jabodetabek yang jauh dan tidak mudah dicapai oleh relawan / rescuer, dan yang terutama, adalah tempat untuk menampung.

Salah satu kasus yang dilaporkan oleh teman kita di wall adopsianjing.com di facebook hari ini bisa dibantu, terutama terima kasih untuk rekan Nancy yang sudah membantu menyediakan transport dan waktunya, dan pelapor kasus yaitu Fifi, untuk menolong Abby, seekor anjing betina yang terlihat berada di sekitar daerah ITC Permata Hijau. Selain transport akhirnya ARAC berhasil menghubungi klinik di sekitar Kebon Jeruk (atas informasi rekan lain), yang setelah dihubungi, dokter hewan pemilik klinik bersedia membantu Abby.


Abby, seekor anjing betina yang diperkirakan usianya di atas 5 tahun, saat ditemukan dalam kondisi sakit dan kotor, dan di lehernya dilingkari tali rafia. Selain itu, terdapat nanah yang menetes dari bagian bawah perut Abby, yang menimbulkan bau amis yang menyengat. Untungnya Abby sangat jinak dan tidak melawan saat dibawa.





Diagnosa dokter hewan yang merawat Abby:
- Terdapat tumor di bagian vagina Abby, yang disebut Canine Transmissible Venereal Tumor. Tumor ini muncul karena daya tahan hewan yang lemah, dan jika telah diangkat tumornya, dapat kambuh kembali. Salah satu alternatif penyembuhan adalah melalui kemoterapi.
- Perut Abby menggembung (sehingga awalnya dilaporkan hamil), dan terasa tebal saat dipegang.


Langkah-langkah untuk pengobatan Abby:
1) Pengangkatan tumor, untuk ini diperlukan hasil cek darah terlebih dahulu
2) Pemulihan kondisi perutnya, yang memerlukan rontgen

Hari ini (Jumat) atau lusa (Sabtu), Abby akan menjalani ke dua tes di atas, dan kemudian menentukan langkah selanjutnya. Biaya untuk cek kesehatan besok sekitar 500rb rupiah (termasuk untuk biaya mandi dan jasa dokter). Jika dibutuhkan operasi maka diperkirakan biayanya akan cukup besar, yang belum disebutkan.

Untuk mengantisipasi ini kami membutuhkan bantuan teman-teman, sedapat mungkin kita membantu Abby. Biaya untuk perawatan besok utk sementara diambil dari dompet Lemon yang sedang menunggu operasi kakinya.

Bagi teman-teman yang berkenan membantu Abby bisa melalui:
- rek BCA 065 607 6911 a/n Yoan Shanintan Tjahjadi, tuliskan "dompet Abby"
- email ke adopsianjing@gmail.com untuk memberitahukan donasi tsb agar tercatat

Berapa pun bantuan ini akan meringankan biaya perawatan Abby.
Terima kasih untuk perhatian teman-teman semua, dan bantu share ya.

Salam,
ARAC

3 comments:

  1. terima kasih utk teman2 yg sdh mau mengambil Abby dari jalanan dan membawanya ke dokter..Tuhan memberkati kalian semua..
    akan bantu dana sedikit ya

    ReplyDelete
  2. mau bantu.. tapi ga punya rek. BCA.. ada mandiri ga?

    ReplyDelete
  3. mudah2 an Abby cepet sembuh dan ada yang adopsi..
    saya cuma bisa bantu dikit yah, dan udah saya kirim..

    ReplyDelete