Monday, May 23, 2011

Menjadi Seperti Mereka

Dear teman-teman ARAC,

Sudah cukup lama kami “beristirahat” dari publikasi di website adopsianjing.com ini. Kami masih melakukan aktivitas membantu perjuangan banyak orang yang menyelamatkan hidup hewan-hewan telantar, walaupun tidak diupdate. Melalui postingan kali ini ARAC akan mulai lagi membantu teman-teman kita yang membutuhkan pertolongan.

ARAC tetap berkomitmen untuk membantu hewan domestik telantar (anjing dan kucing), dengan memberikan tempat kepada anjing dan kucing non-ras, dan telantar di jalanan, atau ditinggalkan pemiliknya, dsb.

Saat ini kami akan membenahi proses pembuatan informasi, penggalangan dana, maupun aktivitas di lapangan, yang akan kami update dalam waktu dekat dan tentunya akan melibatkan teman-teman yang bersedia membantu terutama untuk aktivitas di lapangan. Untuk kali ini, update dari kami meliputi 3 pihak yang sebagian dari mereka teman-teman sudah kenal, yaitu shelter pejaten dan Pak Tri.

Shelter Pejaten
Shelter Pejaten akan selalu membutuhkan uluran tangan dari teman-teman semua, karena penghuni di shelter ini adalah teman-teman kecil kita yang berasal dari jalanan, pet shop / breeder yang tidak bertanggung jawab, mereka yang ditinggalkan pemiliknya begitu saja di rumah kosong, dan sebagainya. Kita sebagai manusia yang memiliki nurani dan tanggung jawab sosial selayaknya membantu semampu kita.

Setiap bulan bisa dipastikan ada anjing atau kucing di shelter pejaten yang sakit dan membutuhkan operasi / perawatan dokter yang membutuhkan biaya cukup besar, dan mungkin tidak selalu bisa cepat diupdate kondisinya. Saat ini di shelter terdapat kurang lebih 100 ekor anjing dan kucing yang membutuhkan bantuan.

Jenis bantuan yang sangat dibutuhkan:

* Dana, rek BCA no 524 000 8698 a/n Dokter Susana
* Shampo anjing dan kucing yang mengandung obat untuk melawan serangan kutu
* Makanan: dog food, beras, makanan segar seperti daging
* Obat-obatan: untuk mencegah kutu, cacing, perawatan kesehatan seperti suplemen
* Perawatan kebersihan: selang air (yang cukup besar), sabun cuci tangan, pembersih lantai, alat pengering lantai, dsb.
* Pakaian untuk kennel boy: baju kaos dan celana untuk laki-laki









Untuk memastikan apa yang dibutuhkan, silakan kunjungi fan page shelter pejaten di facebook dan tanyakan kebutuhan shelter saat ini. Sekaligus juga, jika ingin menanyakan waktu dan alamat berkunjung.

Selain itu, harap teman-teman pahami bahwa semua shelter, termasuk shelter pejaten, memiliki keterbatasan daya tampung. Jika teman-teman mendengar, melihat, atau melaporkan kasus-kasus anjing/kucing telantar, selayaknya dipahami bahwa tidak seluruhnya dapat dicarikan solusinya oleh shelter pejaten.


Pak Tri (Batu Ceper, Tangerang)

Sekitar satu setengah tahun lalu, ARAC menggalang bantuan untuk Pak Tri yang saat itu terancam harus pindah karena kesulitan keuangannya. Melalui teman-teman lain juga, terkumpul bantuan yang pada saat itu berhasil meringankan beban Pak Tri.

Untuk teman-teman ketahui, kondisi yang dihadapi Pak Tri memang cukup kompleks. Selain kondisi keuangan yang sulit (cicilan rumah), Pak Tri juga tidak memiliki karyawan khusus untuk merawat anjing dan kucingnya (yang saat ini berjumlah sekitar 20 ekor).

Pak Tri sendiri juga harus mengurus usaha percetakannya, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus anjing-anjingnya. Yang akan makin memberatkan Pak Tri adalah jika ada anjing yang dititipkan kepadanya, dan anjing tersebut belum disteril. Sehingga kabar terakhir yang muncul dari teman-teman tentang puppies yang ada di rumah Pak Tri merupakan akibat dari penitipan seperti ini. Kunjungan terakhir ke Pak Tri diperoleh informasi bahwa seluruh puppies – nya telah mendapatkan adopter.









Teman-teman semua dapat membantu Pak Tri melalui :
* Dana, melalui no rek BCA 544 00 295 68 a/n Y. Triyono
* Bahan makanan: beras, dog food, atau makanan segar seperti cacahan kepala ayam, dsb.
* Order cetak (Pak Tri memiliki usaha percetakan manual utk cetak kartu, banner, dsb)

Untuk memastikan kebutuhan Pak Tri, silakan menghubungi langsung di 021 977 888 18.


Bagaimana Menjadi Seperti Mereka?
Shelter Pejaten dan Pak Tri merupakan contoh kecil dari mereka yang mau membantu kehidupan anjing dan kucing telantar. Kami dari ARAC mendorong teman-teman untuk berupaya menjadi seperti mereka melalui uluran tangan langsung kepada mereka yang telantar di jalan, tidak hanya melalui memberi makan saja, tetapi berupaya memberikan tempat tinggal, vaksinasi atau sterilisasi.

Sebagai awalnya, kami mengajak teman-teman yang mengalami langsung menolong anjing dan kucing telantar, dengan mengirimkan kisahnya ke adopsianjing@gmail.com Sertakan foto dan ceritakan usaha teman-teman dalam menolong anjing dan kucing telantar, yang akan menginspirasi kita semua untuk terus mengulurkan tangan dan mau bersusah-payah menolong mereka yang membutuhkan.

Minggu depan ARAC akan awali dengan kisah kepedulian menolong anjing telantar melalui pencarian adopter, usaha rescue, pencarian vet atau dokter hewan, di mana kisah ini tidak semua berakhir bahagia, namun ARAC percaya masih ada teman-teman yang melakukannya karena kasih sayang.

Terima kasih dan salam dari ARAC.

No comments:

Post a Comment