Tuesday, June 1, 2010

Kasus Bogor: Bantu Anjing-anjing ini Memperoleh Tempat Hidup yang Layak!

Dear rekan-rekan ARAC,

Dengan semakin banyaknya kasus anjing dan kucing telantar, kami terus-menerus mengingatkan rekan-rekan betapa pentingnya sterilisasi untuk kehidupan hewan-hewan seperti anjing dan kucing. Biaya steril yang dirasa mahal, sebenarnya tidak bisa dibandingkan dengan kualitas hidup hewan-hewan tersebut di masa depan yang akan menjadi jauh lebih baik. Menolong hewan-hewan peliharaan kita maupun hewan telantar, sebenarnya dengan tidak hanya memberikan mereka makan, tetapi juga melalui sterilisasi dan vaksinasi.

Sebelum rekan-rekan berpikir tentang harga sterilisasi yang dirasa mahal, silakan membaca dan memperhatikan kasus yang terjadi di Bogor ini.































ARAC
menerima email dari salah seorang pemerhati situs adopsianjing.com, yang menginformasikan bahwa di sebuah lahan di daerah Bogor milik kerabatnya, terdapat belasan anjing yang membutuhkan bantuan. Cerita ini diawali dengan sang kerabat tersebut yang membuka sebuah usaha (semacam perkebunan) di lahan luas di Bogor tersebut, dan membawa beberapa ekor anjing yang dimaksudkan untuk menjaga lahan itu.

Karena anjing-anjing tersebut ada yang jantan maupun betina dan tidak disteril (mungkin karena kurang menyadari pentingnya hal ini atau menganggap biayanya terlalu mahal), akhirnya anjing-anjing tersebut bertambah banyak dan tidak bisa dikendalikan populasinya. Seiring dengan usaha di lahan itu yang tidak berkembang, maka anjing-anjing ini bukannya membantu, namun berubah menjadi "beban".

Saat ini, kondisi anjing-anjing tersebut cukup menguatirkan karena mereka makan seadanya seperti umbi-umbian atau buah kelapa, dan kurangnya pengawasan dan perawatan yang layak. Jumlah anjing-anjing di tempat ini sekarang mencapai 18 ekor, dewasa dan yang masih anak-anak (puppies).

Tidak ada solusi yang cepat dan mudah untuk kasus seperti ini, namun rekan-rekan bisa membantu melalui:
1. ADOPSI = silakan email adopsianjing@gmail.com Dan mohon rekan-rekan ingat, bahwa mengadopsi berarti memberikan kehidupan yang layak, salah satunya melalui proses steril dan vaksin.

2. Transportasi = kami memiliki database relawan, namun jika dari rekan-rekan ARAC ada yang berlokasi di Bogor dan memiliki transportasi, silakan email ke adopsianjing@gmail.com Transportasi akan dibutuhkan untuk dokter hewan yang berkunjung atau untuk proses adopsi.












Melalui informasi ini, sekali lagi, kami mengharapkan kesadaran rekan-rekan tentang pentingnya arti sterilisasi bagi hewan. Betul, biayanya memang tidak murah. Untuk itu, kita yang memang berniat memberikan kehidupan yang baik bagi hewan-hewan di sekitar kita, harus menyadari bahwa kemampuan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi kesejahteraan hewan.


Work hard, not just for ourselves, but for others in need.

Terima kasih untuk bantuan dan perhatian dari teman-teman semua.

12 comments:

  1. aduh kecian banget sih nasib anjing2 dibogor, miris melihat mereka bahkan berebut umbi dan kelapa......jangan abaikan mereka please.

    ReplyDelete
  2. AYO REKAN2 PEMERHATI HEWAN, YUUUK ...KITA BANTUUU!!! Walau kecil, namun bila ramai2 akan menghasilkan banyak. Saya bantu dana ya..

    ReplyDelete
  3. kita sering berpikir biaya steril mahal,..padahal sebenarnya tdk mahal...Karena apa???? krn berlaku u/seumur hidup, dng 1x opersi steril , alias 1xkeluar biaya tapi tdk bakal bisa punya anak, yg mana anak2nya akan beranak pinak lagi,..coba kalkulasi biaya makanan u/mereka semua, akan lgs kelihatan jauh lebih mahal daripada sekedar 1xoperasi steril u/selamanya.

    Mudah2an bisa memberi sedikit gambaran u/teman2 yg lebih takut akan biaya steril ketimbang biaya hidup anjing tsb,anak,dan cucu2nya di masa mendatang.Just my opinion

    ReplyDelete
  4. kalo mau bantu buat makanan anjing kasih dimana ya? Tolong imel juga ke fairy_id@yahoo.com
    karena saya gk terlalu sering buka page ini.
    Thanks. x

    ReplyDelete
  5. betul bro dengan steril populasi anjing dapat dikontrol dan as dog lovers kita harapkan mereka hidup terjamin, ga mengais2 sampah untuk cari makanan

    ReplyDelete
  6. ayo rame2 qta steril doggy2 agar mereka gak beranak, kasian puppy kalo terlantar .

    ReplyDelete
  7. kalo boleh tau ini bogornya disebelah mana ya?

    ReplyDelete
  8. Ini lokasinya di luar Bogor sebenarnya, tapi kita nggak publish ya. Dan kasus ini sudah diselesaikan melalui program steril massal untuk anjing2 betinanya, yg dibantu oleh seorang penyayang hewan yang baik.

    ReplyDelete
  9. Iya biasanya berapa Biayanya klo sterillin anjing ato Kucing di dokter hewan....????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya sterilisasi anjing jantan: 500 ribu per ekor utk ukuran sedang.
      Sterilisasi anjing betina: 650ribu - 900 ribu rupiah per ekor, untuk ukuran sedang (mahal karena menginap seminggu pasca operasi).

      Delete
    2. Admin yth, biayanya lumayan juga ya, tp sy harus steril anjing2 sy, usia 8 bulan 4 betina 1 jantan, sy hrs hubungi siapa? Thx

      Delete
    3. Ivone: coba email ke adopsianjing@gmail.com
      Jelaskan lokasi lengkap di mana, foto seluruh anjingnya
      Kami tidak berkomunikasi di sini ya. Kami bisa bantu agar sterilisasi bisa dilakukan tapi tolong jelaskan dengan baik dan rinci, mulai dari lokasi, keuangan, kondisi anjing, dan kenapa bisa smp sebanyak itu, agar kami mengerti. Silakan email.

      Delete