Monday, March 29, 2010

Update Kasus Pak Tri - 29 Maret 2010

Dear rekan-rekan ARAC,

Menyambung berita sebelumnya tentang Pak Tri, yang tinggal di Batu Ceper - Tangerang, saat ini mengalami kesulitan secara finansial yang disebabkan oleh penurunan usaha percetakannya dan semakin banyaknya tanggungan pemeliharaan hewan-hewan yang dirawatnya.( silahkan klik pada masing - masing foto untuk melihat lebih jelas)

Pada hari Minggu, 29 Maret 2010, ARAC melakukan kunjungan ke Pak Tri untuk memotret secara langsung kondisi beliau saat ini. Melalui kunjungan ini juga, ARAC menyalurkan bantuan ke Pak Tri berupa: beras 6 karung @ 25 kg senilai 750 ribu rupiah.



Secara umum kondisi Pak Tri saat ini:

- Jumlah anjing yang dirawatnya hampir mencapai 50 ekor (selain beberapa ekor kucing).
- Pertambahan jumlah anjing ini dikarenakan "titipan / hibahan" dari sejumlah orang yang tidak membantu melalui steril sebelum menempatkan anjing-anjingnya ke Pak Tri.
- Selain itu, terdapat adopter yang mengembalikan anjing betina dan puppies-nya sekaligus ke Pak tri setelah melahirkan (karena tidak ingin bertanggung jawab atas kelahiran puppies tsb).
- Kesulitan perawatan karena Pak Tri baru saja ditinggalkan oleh Pak Yan, yang selama ini membantunya dalam merawat seluruh hewan-hewan di rumahnya sehari-hari.
- Keluhan dari tetangga karena suara anjing-anjing yang menyalak semakin sering dan banyak.


pak tri

Selain sejumlah permasalahan yang dihadapi Pak Tri saat ini terkait dengan hewan-hewan peliharaannya, terdapat permasalahan finansial yang mau-tidak-mau juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup dari puluhan anjing dan kucing yang tinggal bersama Pak Tri:
- Penurunan omset percetakannya yang cukup drastis.
- Tunggakan biaya pengobatan Pak Yan yang telah berpulang.
- Kemungkinan untuk relokasi ke tempat yang lebih kecil dalam beberapa waktu ke depan, untuk mengurangi dan menyelesaikan tunggakan rumah dengan Bank.
- Nasib puluhan anjing dan kucing yang ditampung, jika Pak Tri benar-benar harus pindah.

pak tri

Bagaimana kita dapat membantu Pak Tri?
ARAC menyadari bahwa terdapat keterbatasan untuk mencari solusi total dari permasalahan yang dihadapi Pak Tri saat ini. Namun sedikit demi sedikit, mari kita coba berikan bantuan untuk meringankan beban Pak Tri.

- Bantuan beras dan bahan makanan kering
Jika rekan-rekan kesulitan untuk mencapai lokasi Pak Tri yang cukup jauh, silakan menghubungi Shirly yang berlokasi di
Tebet / Kuningan melalui 0817 789 849 / 021 928 852 85/ tiolina.shirly@gmail.com untuk menitipkan bantuan)

- Bantuan berupa dana langsung melalui rekening Pak Tri:
1) REK BCA 544 00 295 68 a/n Y.Triyono
2) GIRO PANIN BANK a/n Yohanes Triyono – KCP JEMBATAN LIMA, NO REK: 1565000765

- Informasi mengenai dokter hewan yang bersedia mengunjungi Pak Tri untuk mensteril 4 ekor anjing jantannya (silakan hubungi Shirly untuk ini)

- Adopsi, terutama untuk anjing-anjing kecil (puppies) yang berjumlah sekitar 9 ekor saat ini

pak tri

Perhatian untuk rekan-rekan yang bersedia / berminat mengadopsi:
- ARAC tidak mengetahui secara persis berapa ekor puppies yang jantan/betina, maupun sifat-sifatnya, jadi kami meminta kerelaan rekan-rekan untuk DATANG LANGSUNG ke kediaman Pak Tri di Batu Ceper.

- Pak Tri bukanlah orang yang mampu secara finansial untuk merawat seluruh puppies sehingga dapat terlihat lucu/menarik, karena itu rekan-rekan yang bersedia mengadopsi adalah mereka yang betul-betul Animal Lover Sejati (tidak memandang ras/kondisi yang harus sempurna).

- Keputusan mengadopsi hendaknya dipikirkan dengan baik terlebih dahulu, karena betul-betul untuk mengurangi beban pak tri (sehingga rekan-rekan tidak mengembalikan lagi anjing-anjing tersebut dikemudian hari).

pak tri

Dengan kondisi Pak Tri saat ini, kami harapkan pengertian dari seluruh rekan-rekan untuk:
- Tidak menambah beban Pak Tri melalui menitipkan apalagi menghibahkan anjing maupun kucing
- Mengsosialisasikan kondisi Pak Tri saat ini agar tidak berkembang opini/wacana bahwa tempat Pak Tri adalah tempat penampungan hewan.

Bagi yang ingin melihat kondisi Pak Tri secara langsung, dapat berkunjung ke:
Jl Keadilan No 18, Batu Ceper, Daan Mogot KM 22.
Tangerang 5536202 – 15121
No telp: 0812 854 3779, 021 977 888 18

ARAC mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk perhatian maupun bantuan yang diberikan rekan-rekan semua.

15 comments:

  1. Dear ARAC,

    Saya mau bantu ya.. Lebih memilih sumbangan uang atau beras atau lainnya? Kalau sempat akhir minggu ini saya mampir di tempat Pak Tri. Saya juga sedang mencari puppy jantan yang kalau bisa, tidak seberapa besar, untuk oom saya yang penyayang.

    ReplyDelete
  2. Apabila diadopsi apakah suatu saat nanti diambil lagi dan dikenakan biaya untuk adopsi..,???

    ReplyDelete
  3. Nita : boleh uang, boleh beras kok nit :D terserah kamu. 2-2nya sama pentingnya. Uang bisa dipakai untuk beli daging, pet food dsb, termasuk biaya perawatan anjing2 disana. Kalau mampir ke tempat pak Tri, kabarin ya gimana perkembangan disana :D terima kasih Nita. Gbu.

    ReplyDelete
  4. Satra : tentu tidak akan diambil lagi. Kecuali si pemilik memperlakukan anjing/kucingnya dengan kasar dan tidak merawatnya dengan baik, mungkin kami akan menyarankan untuk dikembalikan saja ke shelter.

    Biaya adopsi tidak ada, tapi adopter perlu mengganti biaya vaksinasi atau steril jika salah satu atau kedua hal tersebut sudah dilakukan untuk anjing / kucing tersebut.

    ReplyDelete
  5. Mhn info kalau utk jumlah kucing sekarang yg tinggal bersama Pak Tri, ada berapa ekor ya? Dan apakah ada rencana utk di adopsi oleh animal lovers sejati juga? Bila ada rencana tsb, saya mau membantu menyebarkan informasinya di Facebook melalui grup page IPK (http://www.facebook.com/group.php?gid=339437902729).

    Salam,

    ReplyDelete
  6. @Eri, ARAC tidak bisa memastikan jumlah anjing/kucing yg masih ditampung Pak Tri.
    Mungkin Eri bisa langsung menghubungi Pak Tri utk cari tahu.

    Semua anjing dan kucing boleh diadopsi oleh animal lover sejati :)

    Kalau mau menyebarkan informasi, tentu saja boleh, ARAC akan merasa sangat terbantu.

    ReplyDelete
  7. Kepada siapa saya mengganti biaya vaksinasi atau steril..,???

    ReplyDelete
  8. Satra : biaya steril atau vaksinasi, dibayarkan kepada Pak Tri dlm hal ini :)

    ReplyDelete
  9. gmn bwt tmn2 animal lover yg ada diluar kota, dlm hal ini sy ada di samarinda kaltim.. saya ingin sekali mengadopsi tp apakh ada shelter yg berada diluar daerah sprti smrinda atau sekitarnya..??

    ReplyDelete
  10. Justochta : coba hubungi dokter hewan dikota Anda, biasanya dr hewan mengetahui tempat2 seperti ini. Tidak jarang ada dokter hewan yang menampung anjing2 terlantar. Thanks :)

    ReplyDelete
  11. hi...aku belle...hr senin kmrn saya ke tempat pak tri...sekalian mo nyumbang sedikit sama mo adopsi anakan anjing...hmmmm...weelll....ada anak anjing 8 ekor..masi kecil2 bgt...kata pak tri dia kecolongan..jd ada org yg menghibahkan 4 ekor anjing jantan tp ternyata mereka blm d steril...jd yg betina nya ada yg hamil deh...kasian...makin banyak anjingnya..

    aku ama adik aku mengadopsi 1..kami beri nama hucky...hmmmm....lucu....warna cokelat muda...
    klo minum susu bnyk bgt...sampe perutnya buncit sekali...klo sudah kekeyangan kyk anjing linglung...setiap pagi dia ngebangunin kita...yg lebih lucu...dia ga akan berhenti ngejilatin adik aku sebelum adik aku bangun..hehehhehe....

    makasih bgt ya ARAC...atas info nya...jd kita bs tau ttg pak tri...rencananya sehabis gajian nanti kita mo mampir ke pak tri lagi...mo nengok anjing2 nya ama skalian mo temu kangennin hucky ma induk n sodara2 nya...hehehehe......

    ReplyDelete
  12. saya mau tanya nih kalau kita mau adopsi anjing disana apa diharuskan untuk membayar biaya untuk vaksinnya??saya ingin adopsi anjing sekarang-sekarang ini dan saya juga kebetulan domisili di Tangerang.. Terima Kasih

    ReplyDelete
  13. banyak bener anjing pak tri...
    gmana mau ngerawatnya....
    pa lagi ngasih makannya...
    aq aja punya rotweiler 3 ekor aja dah kwalahan ngurusnya...

    ReplyDelete
  14. apakah ada yg bisa membantu. ak di daerah gading serpong. ak sudah punya anjing di rumah jd gak bs menampung lagi. disekitar kompleks rumahku ad bberapa anjing yg gak punya rumah. ksian bgt ak cm bs ksi makan aj. mungkin ad shelter yg bisa berkunjung ke lokasiku & jd mereka bs dirawat & dicarikan adopternya. thanks
    bs hub ak by email purple_shu2@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. untuk Pak Tri gmn kbrnya y skr? ak bantu share aj y untuk dana ak langsung transfer ke rek Pak Tri yang tertera

    ReplyDelete