Monday, November 23, 2009

Mengapa harus anjing ras? Mengapa tidak anjing kampung?

Dear animal lover,


Selama membantu Shelter Pejaten sejak bulan Agustus lalu, kami menerima banyak sekali permintaan hibah, adopsi, ataupun cerita-cerita tentang hewan peliharaan, terutama tentang anjing. Dan kami melihat ada sesuatu yang menarik. Yaitu dari sekian banyaknya orang yang ingin mengadopsi, kami sering sekali mendengar kalimat-kalimat seperti ini:

- "Apakah ada anjing ras yang bisa diadopsi dari shelter pejaten?"
- "Saya ingin sekali merawat Retriever atau Labrador. Dapatkah ibu membantu saya?"
- "Tolong carikan saya anjing pom-pom. Hubungi saya di...."
Dan ini, adalah kalimat terfavorit saya yang membuat saya terbengong-bengong membaca sms-nya...
= "Saya sudah punya 2 ekor anjing di rumah, dan ingin sekali merawat lagi anjing ras yang lain. Kalau ada anjing ras di shelter pejaten tolong infonya, karena saya ingin punya anjing hias tetapi tidak ada uang untuk membeli... hehehe..."

Kami jadi berpikir, mengapa tidak ada yang tertarik untuk mengadopsi anjing kampung ya? Apakah karena mereka jelek? Bulunya pendek? Kurang gagah atau lucu? Rasanya tidak perlu kita menyatakan "kecintaan terhadap hewan seharusnya melampaui jenis / rasnya".

A true animal lover loves animals unconditionally.

Sebagai penyayang hewan, terutama anjing, saya selalu memilih anjing kampung. Betina. Pilihan yang justru kurang populer kan ya? Rata-rata orang memilih anjing ras jantan.






Mengapa anjing kampung betina? Ini beberapa alasan saya:
- Anjing kampung perawatannya ringkas, tidak high-maintenance (bulu pendek, nggak perlu ke salon)
- Anjing kampung daya tahannya lebih tinggi, tidak sensitif terhadap penyakit, terutama penyakit kulit (saya pernah merawat anjing telantar selama 7 tahun lebih yang tidak tinggal di rumah, di jalanan, tetapi dia tidak pernah berkutu!)
- Anjing betina lebih setia (kalau lari, biasanya akan balik lagi), bisa diatur, lebih "punya perasaan" (makanya lebih sensitif kalau dimarahin langsung mengerti)
- Anjing yang tidak diminati (betina kampung), justru membuat saya lebih terketuk untuk menolong. Bagaimana nasib mereka tanpa uluran tangan kita?


Sebagai bentuk rasa sayang kami terhadap hewan, khususnya anjing dalam hal ini,
kami mengajak teman-teman pemilik anjing kampung untuk berbagi cerita menarik / lucu / sedih yang pernah dialami selama merawat / menolong anjing-anjing tersebut. Silakan kirimkan cerita tersebut (pendek dan ringkas), beserta foto-foto dan nama serta email teman-teman. Kirimkan ke adopsianjing@gmail.com (editor akan mengedit cerita jika terlalu panjang ya).


Nah, saya berbagi sedikit cerita tentang anjing-anjing kampung yang sedang dan pernah saya rawat ya. Perhatian, anjing-anjing ini TIDAK masuk listing adopsi.. ^__^

Bona
Anjing saya ini paling galak, umurnya 6 tahun. Saya adopsi setelah melihat "iklan" online dari pemiliknya. Sangat manja, pencemburu, tapi paling setia dan tidak pernah lari keluar rumah. Badannya besar dan suka sekali makan nasi (jadi kita dietkan dengan hanya 1x sehari makan nasi, sisanya dog food saja...). Anjing penjaga rumah yang sangat baik.







Gemol
Wajahnya hitam, sifatnya agak pemalu. Umurnya 8 tahun saat ini. Pemangsa tikus yang ulung (sampai2 pernah berdarah lidahnya digigit tikus yang sudah masuk mulutnya). Pernah hilang selama 1.5 hari, tetapi kembali dalam keadaan basah kuyup dan ketakutan. Kalau dia lari keluar rumah karena ada celah, sekarang kita tinggal "lepaskan" Bona untuk mengejar. Dan selalu tertangkap! Gemol selalu "digiring" kembali oleh Bona sambil dimarahi karena lari keluar..

Moyi
Aslinya namanya Molly. Ukurannya kecil untuk ukuran anjing kampung, entah kenapa. Kaki kiri agak bengkok, kita menduga kurang kalsium saat diberikan ke kita, waktu masih bayi. Umurnya 13 tahun saat ini, dan masih sangat sehat. Moyi menemani pasang surutnya perekonomian keluarga saya (saat kami tidak punya uang dulu, Moyi diberi makan nasi+terasi). Pernah hilang selama 1.5 bulan (karena sedih ditinggalkan kita semua bekerja dulu), tetapi kemudian kembali dalam keadaan kurus dan penuh oli. Sejak itu Moyi tidak pernah lagi keluar rumah walaupun pintu terbuka lebar.



Molly, Dolly, Lely, Rado adalah sebagian dari "Keluarga besar" anjing-anjing kampung yang saya rawat sekitar 6 tahun. Mereka hidup di komplek kantor lama saya, mulai dari 3 ekor, hingga pernah mencapai 8 ekor lebih (dari puppies hingga yg dewasa, beberapa generasi). Dari merekalah saya belajar betul-betul mencintai hewan telantar. Tidak hanya sekadar memberikan makan, saya mencarikan adopter (karena diancam diusir), saya mencari dokter hewan (karena beranak pinak terus sehingga harus disteril), mencari tahu soal bius tulup (karena liar dan tidak bisa ditangkap). Dan belajar menjalani kesedihan berbulan-bulan karena sebagian dari mereka hilang (setelah mati2an mencari adopter), atau mati setelah disteril (karena infeksi hidup di jalanan). Tetapi tetap ada sebagian dari mereka yang berakhir dengan kebahagiaan, dan hal ini selalu saya ingat jika saya sedang putus asa.


Semua anjing-anjing ini, adalah anjing-anjing kampung. Seluruh anjing-anjing ini mewarnai kehidupan saya dan keluarga (terutama ibu saya), yang mengajarkan saya untuk selalu "berbuat lebih", bekerja lebih keras mencari uang, dan tidak mengenal kata menyerah.


Sekian ya, cerita dari saya.. kami tunggu cerita dari teman-teman yang punya pengalaman yang serupa! (sekali lagi, kali ini khusus anjing kampung ya..)

With all my love for stray animals out there.

ARAC

78 comments:

  1. Sama aja tuh.tergantung kebutuhan,selera,serta kemampuan baik financial ataupun perawatan anjing tersebut.peace ras and peace kampung!!

    ReplyDelete
  2. Hai, saya Nina.
    Saya sama sepert shirly, anjing favorit saya adalah anjing betina, dengan alasan yang sama: lebih setia dan mudah diatur.

    Saya punya 3 anjing, semuanya anjing kampung dan juga merawat satu anjing jalanan (lebih sering tidur di jalan depan rumah, dan kadang2 tidur di halaman rumah kami) yang sudah sangat tua usianya (kami perkirakan sudah berusia 12 tahun). Saya sudah lupa kapan terakhir kali ke dokter hewan, karena mereka jarang sakit dan perawatannya simple.

    Terkadang saya juga terpikir untuk memelihara anjing ras kalau saya melihat dan bermain dengan anjing2nya teman saya (golden retriever, siberian husky, dll), tapi yg ada pada saya sekarang adalah anjing kampung dan mereka adalah teman yang menyenangkan sekaligus pandai, jadi jangan menganggap hanya anjing ras saja yang biasa diajar, anjing kampung pun bisa :)

    ReplyDelete
  3. daridulu di keluarga saya ngga pernah piara anjing ras...
    karena emang kita ngga seberapa suka dengan anjing ras yg high maintenance...
    apalagi papa saya, beliau lebih suka anjing kampung karena bisa dicariin kutu katanya...

    lagipula anjing kampung menurut saya lebih lucu, dan lebih gampang buat diajarin..
    walopun terkadang tingkahnya nyebelin, tapi bikin kangen...
    sekarang semua anjing (total 6) yang saya rawat di rumah semuanya anjing kampung...
    and i really loved them...

    ReplyDelete
  4. Sweet disposition, makasih untuk komentarnya :)

    Wah sepertinya kamu cocok untuk sharing ceritamu ya, kirim aja ke email kami di adopsianjing.gmail.com.

    Terima kasih. GBU :D

    ReplyDelete
  5. Hai adopsi anjing..
    Saya nova...
    Nee 1 x na q bc situs nee..
    N bgtu q mbca na q jd trharu..
    Mo tnya nee apkh adopsi anjng tdk da cbng na dmedan??
    Klo ada q ingn gbung..

    Q jg dl smpt pnya 6 anjng kampung
    Tp brhbng org tua q tdk snggp mbiayai smuanya,trpksa q mrelkan tuq djual 2,dgn syrt jgn dptong n hnya tuq dplhra..

    Skrg tggl 4 ekor n mrka smua lucu2..
    Da yg suka tdur,suka mnangis n cmburuan jika tman na dsyng n da yg nyebelin tp bkn rndu..

    Mg adopsianjng skses dlm usha pmlhraan anjng nya..
    Gbu :)

    ReplyDelete
  6. wah seneng bgt bisa ktemu orang2 yg punya perasaan sama...

    aq juga sayang bgt sama semua anjing, tp emang lebih jatuh kasihan dg anjing kampung...

    kadang orang lain mungkin anggap aq berlebihan (lebay) atow aneh coz sering kali pas liat anjing kampung di jalanan aq bela2in beli baso/ ayam goreng untuk anjing itu...

    pernah aq sampe diliatin abang2 sekitar situ :(

    ah bodo amat :) ngelakuin bgitu bikin aq tenang n seneng kok... lagian sedikit bgt orang yg mau berbuat gitu... kasian anjing2 kanpung yg di jalanan...

    sejauh ini baru itu yg bisa aq lakuin untuk anjing2 kampung di jalanan...

    semoga ada lebih byk orang yg mau sayang sama mereka

    GBU all :)

    ReplyDelete
  7. Senang membaca komentar diatas.

    Benar, banyak anjing2 yang butuh bantuan, terlebih anjing2 kampung.

    Sebenarnya kita tidak perlu memberikan makanan2 mahal dan mewah untuk anjing kita. Yang penting sehat dan bersih. Jadi perhatianmu kepada anjing2 kampung itu sangat berarti.

    Biarkan saja apa pandangan org lain :) orang2 yang tidak suka melihat perbuatan baik, tidak perlu digubris.

    Terima kasih untuk komentarnya y. Kpn2 jika sempat silahkan mampir ke pejaten. GBU.

    ReplyDelete
  8. yup di jalan soekarno hatta bandung ana tuh anjing kampung namanya klik. Si klik kurusss bgt krn jrg dikasih makan pemiliknya dengan alasan klise tidak punya uang untuk kasih makan. akhirnya aku dan mama setiap hari menyempatkan diri untuk mampir n jd petugas catering-nya klik. Sekarang dia udah gemukan n sudah kuat berlari, makin lincah. Kata pemilikinya klik selalu menunggu jatah makannya di depan pagar rumah. Klo aku dan mama belum datang dia ga mau masuk rumah.

    ReplyDelete
  9. yuppp aq pikir juga gag mesti ras kok...

    kalo emang kita berniat membantu dan sayang hewan apapun bolehlah untuk diberi kasih sayang...
    anjing yg ada dirumah sayapun 2 anjing kampung (dulu kondisinya sangat kurus krna ditelantarkan org) dan ras 1 s.husky

    dirumah saya tidak hanya anjing.. ada tupai, kucing, burung, kura2, musang.
    dan semuanya korban dari kekerasan manusia (bahkan hampir ada yg mau menguliti musang) or krena cidera..

    ReplyDelete
  10. Mengapa harus anjing ras?
    Karena ga ada anjing kampung yang ukuran badannya kecil...
    Saya dulu sempet pelihara anjing kampung bareng temen saya. Rumah saya yang lama enak, di sekitarnya banyak taman penuh rumput. Setelah pindah, rumah saya yang sekarang ga ada taman sehingga orang tua saya keberatan kalau pelihara anjing besar. Jadi kita sekarang pelihara seekor pom kecil.
    Buat saya sih anjing yang penting bukan rasnya. Selama sehat dan bersih saya ga masalah. Ya hanya itu... Saya sempet mau ambil beberapa anjing kampung buat di-adop, tapi ayah ngomel.. Katanya: "Kamu mau taruh dimana anjingnya?"

    ReplyDelete
  11. hi, panggil aku mich aja.. namaku michaella (mishella) aku juga pernah pny anjing jantan kampung... anjingny gk se-bandel sama pom sih.. hehe.. anjing pom ku di curi org.. :( dan anjing kampugku lari entah kmna.. coba saja mereka msh ada.. huhuhu.. tapi, rencana mw adop 1 dari sini.. hehe.. tunggu kabarku ya!!

    ReplyDelete
  12. ya anjing kampung or ras sama saja. dulu aku punya anjing kampung yang aku pelihara dari kecil sayang kena distemper. sebelum kepergian Elo (begitu kami memanggil) dia menangis dan memegang tangan aku, sedih deh. tandanya anjing kampung pun tau berterima kasih dan setia banget.

    ReplyDelete
  13. Dari kecil,gw kepengen bgt peliara anjing,tp berhubung nyokap gw buka usaha kuliner drmh,jadi nyokap ngelarang.
    Gw sdh bgt,
    Tiap gw liat ada anjing d jalan,selalu gw coba main ama dia n ngasi makan dia.. menurut gw anjing tuh,temen manusia yang paling setia,
    Bahkan rela nungguin majikan nya,selama apapun,.
    Gw buka usaha rmh makan d medan,
    Tiap hari ada 1 anjing kampung yg dateng wat nemenin gw jagain toko,
    Anjingnya anjing kampung betina,lucu bgt,
    Tiap pagi dia selalu nemenin gw jaga toko bareng,
    Asik bgt kalo ada dia,
    Sampe sekarang tiap pagi dia tetep dateng ke toko gw tanpa absen wat nemenin gw..
    Hiks.
    Seneng bgt.
    Walopun ga d kasi meliara anjing,tapi Tuhan punya jalan lain wat gw.
    Haha
    Thanks God n pingky(nama anjing betina yg sering nemenin gw).
    Sekian sharing gw.
    Thanks.
    Gbu all

    ReplyDelete
  14. terharu n seneng bgt ternyata msh banyak temens yg perhatian ama hewan2 yg terlantar.saya jg sayang n kasian bgt kalo liat hewan2 apapun yg terlantar n ga terawat.tp saya ga bisa ambil anjing2 terlantar cz saya muslim.biasanya cuma terbatas kucing2 ajah.kadang2 sampe diketawain temens,krna pergi supermarket beli susu,eh ternyata susu nya bwt kucing kecil yg meong2.sekarang ini saya sedang pelihara kucing kampung 2 ekor,hasil nemu di jalan semua :D
    sukses bwt kalian smua yg peduli ama hewan2 terlantar di luar sana.

    ReplyDelete
  15. saya jg punya anjing. namanya luna. betina. mix bigel sm lokal. pinter bgt deh pokoknya. saya muslim jg loh.. soalnya kk saya jadi dokter hewan ipb. its oke kok..

    ReplyDelete
  16. Sebenernya ga masalah muslim buat piara anjing setau aku. Yang penting ga kena liurnya dan tujuan kita khan jelas nolong makhluk hidup yang tertindas. Aku juga beberapa kali adopsi anjing dari jalanan. Terakhir anjing(jalanan)ku mati diracun orang. Anjing kampung betina, 2x melahirkan di rumah aku. Kalo aku mau pergi sekolah pasti dianterin sampe ke tempat nunggu bis dan kalo malem anjingnya jagain rumah sangat telaten, mendekat sedikit orang lain digonggongin, kali orang jadi sebel dan ngeracun dia hiks!

    ReplyDelete
  17. Aku sih apa aja..asal anjing.. :) mau anjing buduk,anjing kutuan,atau cacatpun ok aja.aku dulu pernah nampung anjing ampe 22 ekor.mamaku ampe marah2 krn sehari bs ngabisin 5 kg beras.hehehe...dulu ada anjing kampung liar yg budukan ampe ga ada bulunya biasa di lempari org sktr rumahku.aku ambil dan aku urus..ternyata ganteng bangetss pas bulunya dah keluar.udah bagus,bersih dan ga budukan lg,baru di perebutkan org yg dulu nglemparin dia.. :( maunya cm terima bagusnya aja.skrg aku cm punya 4 ekor anjing.yg dulu byk yg mati krn tua.

    ReplyDelete
  18. sebenernya sih walaupun mereka yang suka nanya anjing ras di shelter itu agak disorientasi (wkwkwk kaya mahasiswa) tapi kita tetep harus 'appreciate' mereka lho...logikanya mereka ngebantu shelter walaupun dengan cara yang mereka sukai (cuma anjing ras), lagian klo di shelter ada anjing ras kan malah "menambah beban" (tau sendiri kan anjing ras itu agak ribet) karena porsi makannya aja banyak, belom lagi kalo ras besar macam rootie, AGJ, Pittbul yang karakternya aga agresif (kaya cirot, atw marco)
    jadi sebenarnya kita juga butuh orang2 yg total care sama anjing ras. gw sendiri dulu waktu kecil seneng sama anjing ras tapi karena fisik mereka ga sekuat kampung akhirnya banyak yang ga survive n jadi cerita doang! akhirnya gw lebih milih anjing kampung yang menurut gw lbh kuat daya tahan tubuhnya, lebih penurut, ga repot.
    beberapa temen dan tetangga gw suka nanya ke gw
    -knp jadi banyak anjing kampung di rumah lo? (karena saat ini gw punya 7 ekor, 5 rawat inap- 2 rawat jalan)
    -knp malah anjing kampung sih?(mereka taunya gw piara anjing ras dari gw masih kecil)

    *hehehe gw cuma bisa bilang kalo menurut gw yg dari kecil piara anjing, yang penting itu karakter dan sifat anjing itu cocok sama gw sekeluarga. jadi ga penting mau anjing kampung atw ras! (apalagi adek gw yang cwe kalo ditanyain kaya gitu dia jawabnya udah kaya iklan obat generik dah...!wkwkwk)
    dan gw sangat setuju dengan admin, kalo anjing kampung betina itu lebih cocok dijadiin peliharaan karena lebih sensitif sama pemiliknya, kayanya mereka bisa baca isi hati pemiliknya kalo lagi sedih atw senang. trus lebih peka sama orang atw hewan asing jadi pas buat jaga rumah, n kalo diajak ngomong biasanya seneng trus akhirnya malah suka deket2 minta dielus2!
    tapi sekali lagi kita juga hrs appreciate mereka yang suka anjing ras (however) mereka pecinta anjing juga koq! daripada orang2 yang piara anjing kampung trus malah dibuat makan! hiks gw sedih bgt dengernya...
    tapi gw ngerti koq mgkin admin agak merasa "cape" dengan pertanyaan2 dari pecinta ras! gpp lah yang penting semangat ya shirly...! salam wuff2

    ReplyDelete
  19. Hallo ARAC,

    saya baru bergabung.

    Sedikit berbagi saja, saya bersma keluarga sudah lama mengadipsi 3 ekor anjing kampung, 2 jantan.

    Salam hormat saya untuk rekan-rekan di ARAC, dan doa saya sukses terus untuk ARAC.

    ReplyDelete
  20. hi, saya kevin... saya baru aja membeli seekor anjing, gak tau sih anjing apa wkt gw beli, begitu tau tuh dr mama bahwa anjing tu adalah anjing kampung, ancur deh,,, wkwkwkwkwk..... tp setelah seminggu ama gw, dia tuh lucu banget walau agak susah diatur, tp buat gw sih anjing kampung gw emang top markotop, hehehehe... oh iya, nama anjing gw chiko, bagus ga? harapannya sih supaya dia bisa setia ama gw seperti si hachiko, hahahahahaha..........

    ReplyDelete
  21. Hi ARAC..
    Aku Susan, Meski blm menikah, aku sdh membeli rumah dr penghasilanku sendiri utk mewujudkan impian sederhanaku yaitu memelihara beberapa anjing dirumahku sendiri. Aku punya seekor anjing mix usia 3 mingguyang dihibahkan dr seorang Oma temanku.. Bento ku namai dia.. tadinya kepingin beli anjing ras tp melihat Bento yg masih terlalu kecil, aku rasa aku akan membesarkan Bento dulu..begitu sayangnya aku sm si Bento ini sehingga aku rawat dia melebihi anjing ras.. sampai2 setiap minggu aku selalu membawanya ke Dokter Hewan utk cek kesehatan, vaksin lengkap, vitamin, dogfood istimewa.. betapapun mahal tdk sebanding bila setiap kali pulang kerja dia menyambutku n memelukku sambil membawa bola kesayangannya mengajakku bermain.. capek n penat langsung hilang melihat matanya yg lucu dan merajuk minta di peluk.. Kala sedih dia pasti menghiburku dg membunyikan boneka yg juga sbg selimut kesayangannya, ortuku tadinya tdk suka anjing, krn pintarnya Bento memberi salam kala mereka datang akhirnya mereka juga menyayangi Bento.. setiap pup atau pipis Bento selalu berlari keluar rumah spy mudah dibersihkan, tingkahnya yg lucu membuat hidupku berwarna, Kini Bento sdh berumur 1 thn, n aku membeli Minipom utk menemaninya bermain.. Baby namanya, namun yg mengagumkan adl Bento lbh menganggap Baby sbg adiknya krn Bento mengajarkan Baby utk tdk pup n pipis sembarangan, memberi salam pdku, makan dg sopan, dan berebut kasih sayangku tentunya.. dr Bento aku belajar bahwa anjing kampungpun tdk kalah pintar dan menggemaskan di banding anjing ras.. i love u Baby n Bento.. Smg ceritaku ini bisa menginspirasi kita semua..Thx n GBU

    ReplyDelete
  22. Hi arac
    nmq chandra, wktu kecil aku pux 2 anjing kampung nmx miki and pindi..tuh anjing pinter banget, tiap aku pulang sekolah slalu d jemput dpan pintu rumah trus ngajak maen..wktu xokap lgi masak si pindi d suruh jaga ikan yg mw d masak, si pindi duduk ngjagain ikanx..syangx si miki mati d tabrak mobil dan si pindi d titipin ke oma aku wktu aku pindah...skarang aku sdg ngerawat anak anjing kampung, nmx pindi jg..hehehe
    smoga dy spintar pindi yg dulu..
    Thanx dah mw dngar shareQ..

    ReplyDelete
  23. Koq sama yah, senangnya piara yang betina..

    Kalau mo cerita soal anjing..

    Dari umur 3thn aku sdh terbiasa dengan anjing..
    Dari mulai Papa (Almarhum), mama dan ko2 serta ci2 aku dog lover semua..

    Selama ini kami dapat anjing itu nga pernah beli, pernah piara kampung, mix, ras (peking, Tekel),Herder, Kintamani dll...

    Selama hidup, yang berkesan yah sewaktu aku mulai "Pelihara sendiri"
    Namanya Chico dan Miki, 2 - 2nya betina. Mix..
    Gemuk bgt smp tetangga bilang aku piara babi wkwkwk

    Mereka sensitif lho.. 7Thn yang lalu..
    ada kejadian yg sgt besar buat aku..

    Setelah beberapa thn pacaran, dan memutuskan untuk merried.. 3bln sblm hari H, Ex aku minta putus..

    Rasanya mau mati saja (karena malu dan tabungan sdh habis utk persiapan wedding), Tetapi waktu itu.. Mereka bisa menghibur aku lho..

    Entah gimana.. mereka bisa "merasakan" yg aku rasakan.. (Waktu itu keluarga aku blm tahu)

    mereka bisa nangis bareng aku.. (sampe ikut nga makan) :)

    Dan mereka lah yang nguatin aku (Selain keluarga aku tentunya)

    Chico meninggal tahun lalu.. (karena tua)

    Dan sewaktu itu, dia sakit2an.. saat itu sy sdh menikah dan tidak tinggal di rumah (Chico dan miki tinggal dirumah ortu)

    Waktu itu, Cici saya yang mengabari bahwa kondisi Chico nga baik.. saya dan istri bergegas menenggok kerumah ortu..

    Waktu itu chico masih bisa menyambut aku, dengan tenaga yang tersisa.

    trus waktu aku bisikin.. kalau nga kuat, nga papa.. kita rela di tinggal.. eh, dia nangis..

    nga lama chico meninggal..

    Sekarang tinggal miki di rumah ortu, dipiara oleh mama..

    Dirumah aku ada 2"anak" yang baru bln lalu di adopt.. namanya "Renee & Bubu"

    Renee aku adopt dr salah satu lembaga juga..
    Dia cantik sekali.. kadang kalau ingat mukanya, aku ngeliat chiko di Renee.

    Yang pilih istri aku.. "Love at the 1st sight" katanya. waktu kita liat di FB JAAN.

    Renee umurnya sekitar 10bln, sedangkan Bubu.. itu puppy, paling baru 2 bln..

    Sekarang.. lagi belajar lg ngurusin puppy. udh lupa gimana bandelnya puppy, jadi agak kewalahan
    wkwkwk..

    kalau Renee sifatnya manis dan sopan.. suka sekali lihat dia..

    Cuma mesti rajin2 bawa keliling pagi dan sore setelah pulang kerja..

    kalau nga bisa ngambek..

    heeheh.. sekian yah sharringnya..

    moga2 kawan2 yang lain jg mo menghargai anjing "Kampung"

    Peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu chico masih bisa menyambut aku, dengan tenaga yang tersisa.

      trus waktu aku bisikin.. kalau nga kuat, nga papa.. kita rela di tinggal.. eh, dia nangis..

      nga lama chico meninggal..(amat sangat terharu)

      Saya jadi ingat akan anjing saya Lucky (Mixed Herder dan kampung) dy ikut saya dr 5 sd smp kerja, 1 thn yg lalu meninggal karena tua...hampir 15 thn yang sangat menyenangkan bersama Lucky...

      Delete
  24. hai..nama saya betty..sy dari jogja.saat ini saya punya 8 anjing,dan semuanya adalah jenis kampung..bukan berarti saya tdk suka dgn anjing ras(krn saya prnh jg memelihara dalmation dan rotweiler),hanya saja entah bagaimana awalnya,rumah saya sering dijadikan 'tempat pembuangan' bg anjing2 malang itu,ada yg di tinggal gtu aj,ad yg minta langsung ke saya untuk ambil dirumahnya,berbagai alasan mereka buat agar anjing mereka cepat angkat kaki dari rumah mereka...uniknya setelah disatukan di rumah saya,jarang sekali mereka berkelahi,bahkan cenderung saling menyayangi..sebenarnya mereka sdh saya KB,cm ada kalanya terjadi kegagalan..anehnya saya justru merasa senang!!saya tidak peduli dengan biaya makan mereka yg cukup menguras gaji saya..tp untungnya keluarga saya yg jg penyayang hewan sangat membantu!!bagi keluarga saya,anjing adalah brayat(bhs jawa,yg artinya keluarga/family).bagi teman2 yg telah peduli dengan anjing..saya ucapkan terima kasih..cinta kita adalah hidup mereka..sejelek-jeleknya mereka,lihatlah secara seksama,pasti ad keunikannya...salam cinta...

    ReplyDelete
  25. Hai, nama saya Puspa.
    kebetulan sekali saya pelihara 5 ekor anjing kampung di rumah, dan semuanya anjing jantan (nama : Ales, Android, Gayus, Monde, dan Shiro).
    Memang anjing kampung lebih 'tahan banting' dibandingkan anjing2 jenis lainnya, karena sejauh ini aku tidak pernah punya masalah dengan mereka (seperti sakit dan lain2). Walaupun ada kutu di tubuh tetap sehat dan lincah.
    Anjing2 dirumah aku mandikan 2 minggu sekali karena mereka suka main bebas dilingkungan rumah yang kebetulan adalah tanah lapang yang luas.
    Saya senang sekali memelihara anjing kampung. mereka penurut, mudah diatur (dilatih) dan setia. Dengan adanya 5 anjing kampung dirumah, dipastikan orang2 agak segan apabila mau berbuat macam2.
    Go go anjing kampung.

    ReplyDelete
  26. hello,

    nama saya debz..
    saya juga memelihara anjing yang ada jenis kampungnya, jd mix dalmation dengan kampung.. saya beri nama hachiko, anjing ini pintar sekali..

    tapi mood2an, klo bad mood disentuh sedikit saja oleh majikan, dia bisa marah dan bahkan tidak segan2 majikannya digigit sampai berdarah.. tapi entah kenapa, saya meski sudah digigit berkali2, tetap merasa sayang..

    sehingga mama saya tidak setuju lagi hachiko dirawat dan harus dibuang.. saya sedih sekali..
    boleh sekalian tanya, kenapa yah koq karakter anjing bisa mau menyerang majikannya sendiri pada saat dia bad mood??

    thank you

    ReplyDelete
  27. salam kenal sebagai sesama pecinta anjing, khususnya untuk ras kampung, memang benar saya juga heran, banyak sekali orang" yg lebih prefer kepada anjing ras khusus dibandingkan yg ras biasa (kampung),
    tapi saya sangat senang ternyata masih ada orang yang mau mengadopsi regularian (sebutan kami untuk ras kampung)
    apalagi untuk dikehidupan kota sekarang, banyak sekali anjing" regularian yang terlantar, namun anjing" ras khusus sampai rela di antri".
    memang sih semua tergantung pada minat masing".
    sekedar share saya baru aja mengadopsi lagi jenis regularian female, n__n
    saya sangat menyukai artikel ini dan berharap artikel ini dapat terus berkembang.

    salam kenal

    ReplyDelete
  28. sebenarnya aq ga peduli apapun ras anjingnya, krn bwt aq smua anjing itu lucu..!
    tapi, memang aq lbh cnderung utk memilih anjing kampung krn anjing kmpung kurang byk peminatnya, shingga byk anjing kmpung yg trlantar dijlanan. dmna kita tau klo byk org yg membenci anjing krn dianggap najis, dan hal itu swaktu-waktu dpt mngancam nyawa mrka. entah mrka bs dicelakain/ diracunin. pokoknya jlanan bkn tmpat yg aman, bahkan sgt tdk aman bwt anjing..
    ketika saya melihat anjing2 yg trlantar dijlanan, saya ingin skali bwa plang utk drawat. tp, lingkungan tmpat tinggal saya tidak memungkinkan. selain tdk ada halaman rumah, org2 sekitar jg tdk sk anjing.
    krn itu saya bercita-cita utk pnya rmh dgn halamn yg besar utk pelihara anjing.
    dulu saya pnya anjing kmpung yg sgt lucu, bulunya putih & pjg, baik, setia..
    anjing saya itu biasanya ditaruh di tingkat dkt tmpat jemuran krn agak luas dan dibkin rumahnya, tapi setelah 9 bln mati krn diracunin.
    krn hal itu saya sgt tdk brsemangat utk beaktifitas. lbh dr 1 mnggu saya nangis trus..
    akhinya saya diksh anak anjing kmpung 1 lg sma pacar saya, tp tdk blh drwat sma tante saya.
    saya bnr2 sedih dan disuruh ksh k org..
    tp, saya mnt sma Tuhan klo mmang Dia tdk ijinkan saya yg ngrawat anjing ini brikan majikan yg lbh baik dr saya & klo sya diijinkan mrawat anjing ini Tuhan lmbutkan hati tante sya utk mnerima..
    saya bnr2 brsyukur smpai skg anjing itu ttp brsama sya. namanya Hazky..
    dia anjing kampung, tp blm 1 bln diajar kencing + BAB di kmr mandi dia udh bisa & smpai skg tdk prnh mrepotkan soal itu. selain itu jg pandai mnangkap tikus, menjaga mkanan dr kucing, ngerti klo dibilangin, setia, nurut,dll.
    maaf ya klo commentnya pjg bgt, tp saya cm mau blg klo kita pecinta anjing, tdk peduli rasnya krn hati kita akan tergugah klo melihat mata2 lucu mrka. .
    GBU All :)

    ReplyDelete
  29. Hhai, aku dhika. Aku juga seneg banget sama anjing, dulu juga aku pernah melihara anjing kampung betina. Waktu itu anjingnya kuruus, terus pincang, ngeliatnya sediih banget. Berhubung papa ska anjng, jadi papa ngijinin melihara anjing itu, tapi ngga boleh masuk rumah(biasa lah, masalah anjing berkutu.). Tauya pas beberapa bulan di urus, dia hamil, anaknya lucu-lucu bulunya tebal. Tapi sayangnya beberapa anak anjing itu termasuk ibunya di potong di jadiin sop sama tetanggaku. Jadi anaknya sisa satu deh aku namain brownis karena bulunya coklat, tapi sekarang dia udah mati, sebih banget. Matinya gara-gara di potong juga. Sialaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dasar manusia iblis loo.. monyett...

      Delete
    2. Bego loo punya anjing bkn dijaga

      Delete
    3. Kok tahu Kalo dijadikan sop? Kenapa juga kok boleh dipotong sama tetangga? Jangan-jangan kamu juga ikut makan. Benar kan??????

      Delete
    4. Kasian tuh guguknya bro. Kalo tau di sop kok diem aja.??
      gimana sih ...

      Delete
  30. Hai salam kenal, nama saya Heryanto - Bandung, saya punya 3 ekor anjing 2 jantan 1 betina. Terry anjing kampung jantan, Olat si tekel dan kiky si poodle betina. Terry ternyata "anak" kami yang paling apik. Pipis dan pup pasti diluar rumah. tiap pagi jam 4 subuh pasti merengek minta diajak jalan jalan. dia ramah terhadap kucing dan anak ayam. Tampilannya ganteng , mungkin itu yang membuat si kiky jatuh hati. tapi samapai hari ini mereka gak mau kawin, jadi kami belum punya "cucu" he he he

    ReplyDelete
  31. Ternyata masih banyak pecinta anjing kampung seperti saya, rasanya jadi tambah semangat untuk menjaga dan memelihara si CHAVO & CHIVO (nama anak anjing saya). Untuk admin, bagaimana kalau dibuat satu blog khusus membahas kelompok anjing kampung, dan kalau bisa kita buat kelompok pecinta anjing kampung yang tampil beda agar para pecinta anjing ras tahu kalau sebenarnya anjing kampung (lokal) gak kalah hebatnya :)

    ReplyDelete
  32. hello smuanya, anjing kampung sebenernya anjing yg lucu, dan mreka jg bisa gagah, pinter, bisa diajarin dll. tp utk saya skg ini masalahnya krn tinggal di kos2an, dan anjing kampung sbagian besar ukuran nya cukup gede..

    ReplyDelete
  33. hai,nama sy kimo,wkt kecil sy sudah sangat suka dgn anjing,wkt sy duduk dikelas 5 SD,pernah dihibahkan anjing kampung oleh teman saya,setelah dibawa pulang ke rumah,ternyata ortu sy tdk setuju,karena menurut ortu sy,sy msh kecil dan tdk pandai mengurusnya dan takut anjing tsb jd terlantar,,dgn berat hati dan menangis akhirnya sy kembalikan ke teman sy,,,setelah sy duduk di kelas SMA,sy memberanikan diri utk memelihara anjing kampung puppy yg di berikan oleh teman saya,,dgn harapan akan dikabulkan oleh ortu saya,tp akhirnya berakhir gagal jg,karena ortu sy tdk suka dgn anjing,,sungguh sedih hati saya ini,,,,dan dlm hati sy berkata setelah sy berkeluarga dan mempunyai tempat tinggal sendiri sy pasti akan memelihara anjing kampung maupun ras,,,,,,skrg dirumah sy sudah ada 2 ekor,,,,satu jenis ras ,satu lagi jenis mix kampung,,,,itulah sekilas crita sy yg akhirnya tercapai jg utk memiliki guk guk,,wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  34. hai..ak mw sharing... anjingku baru aja dijual ke warung rica2.. T.T sedih banget rasanya..akujadi takut miara anjing kampung.. soalnya takut bakalan dijua dirica2 lagi ama ortu...
    padahal aku miara anjing tuh udah 6 tahun.. jadi, gara2 dia sering gigit orang asing yg msuk kerumah ak..
    padahal kan dia cuma niat ngelindungin majikannya doang.. T.T
    semoga dia tenang di alam sana
    waktu ngedenger anjing ku dimasukin karung...abis itu sampe ga isa napas.. ak bener2sedih... langsung nangis.. tapi g tw harus ngapain.. soalnya wkt itu ak pulang sklh udah sore.. udah telat buat nyelametin.. T.T
    ak nyesel banget...
    sekarang ak pngen jadi vegetarian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian tuh anjingnya... padahal udah di miara anjing nya 6 taun

      Delete
  35. anjing betina lebih jinak penurut setia dan sifatnya spt manusia,itulah pengalaman saya punya anjing kampung btw klo ada anakan anjing kampung betina saya mau donk ke febriancantosiahaan@yahoo,com sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  36. SD-SMP Saya pernah punya anjing kampung, namanya "LEONY".

    Anjing ini penurut, mudah diatur tapi kadang Moody (maklum cewek).....

    Dia sangat setia & sangat melindungi. Setiap hari dia selalu mengikuti saya berangkat sekolah & mengantar saya hingga depan pintu sekolah. Setelah saya masuk sekolah, dia pergi maen entah ke mana.

    Tapi siangnya, saat bel pulang sekolah bunyi, si Leony udah nongkrong di depan sekolah dekat penjual Es Legen pak Mul menanti saya pulang.

    Pernah saya dikeroyok lima anak2 nakal di dekat sawah. Saat itu Leony tidak ada entah kemana, tapi pas saya teriak2 karena dikeroyok, tiba2 Leony datang & menyerang para pengeroyok saya sampe mereka semuanya lari terbirit2. Dua kali saya dikeroyok, dua kali pula Leony muncul tiba2 & membela saya mati2an.

    Pada peristiwa pengeroyokan kedua kali tsb, Leony juga muncul tiba2. Dia terus merangsek maju tanpa takut pada para pengeroyok saya yg membawa tongkat & memukulinya. Meski ia sendiri menderita sakit karena dipukuli kayu oleh para pengeroyok saya, namun dia pantang menyerah berdiri mengelilingi & menjaga saya yg sudah jatuh tersungkur. Leony terus menyalak & menyerang para pengeroyok saya dengan berani, padahal saat itu dia sendiri habis melahirkan & dalam kondisi lemah.

    Sejak itulah saya tahu, Leony sebenarnya tidak pernah berada terlalu jauh dari saya. Mungkin dia punya indera, instink, pendengaran atau penciuman atau entah apalah, untuk menjaga saya pada jarak tertentu, sehingga kalau pas saya teriak butuh pertolongan, dia bisa dengar & datang.

    Itulah kisah saya dengan "LEONY" anjing kampung saya yg Luar biasa.

    ReplyDelete
  37. aq punya anjing shih tzu namanya Tobe aq baru 2 bulan lebih tinggal sama dia. Memang aq ga beli anjing ini,anjing ini aq adopsi dari tmn kakak qu. Karena aq ga tega liad dia ga di urus. Ketika aq ke rumah tmn kakak qu yang punya anjing ini aq langsung sedih karena si Tobe ga dirawat layaknya anjing. Dia di taroh di luar rumah di dekat cucuran atap jadi apabila hari hujan maka dia pasti kena hujan,bukan hanya itu saat itu juga dia sudah bercampur dengan kotorannya karena sudah 1 bulan tidak di mandikan.Ketika sampai di kos qu, aq kasih dia makan,makannya banyak bgt krn dia dah kelaperan. Aq dah sayang bgt sama Tobe sampai terkadang aq bawa dia bobo dikamar qu,,hehehe... oh iya si Tobe ini takut sama petir,suara yg kenceng,suara motor, bahkan nama lamanya aja dia takut.:( dia pasti sering mengalami hal buruk hingga dia trauma. Suatu hari ketika aq pulang kuliah aq liat dia di kamar qu kejang2 dan berliur,,aq takut aq pikir dia keracunan salep cz pagi nya baru aq bawa berobat. Namun sayangnya tidak ada 1 dokter hewan pun yang mengetahui si Tobe sakit apa. Beberapa dari dokter yg aq datangin blg kalau dia distemper tapi hasil rapid test nya negative. Semakin hari keadaan Tobe semakin melemah,,sudah hampir 6 dokter hewan yg aq datengin namun tobe ga sembuh2,, sampai suatu hari dia mau buang air kecil dan saat itu dia tidak kuat menahan berat badannya hingga dia terkapar ketika buang air kecil :`(. Aq bingung dan ga tega melihat penderitaan Tobe terkadang dia sering menyakiti dirinya sendiri dengan membenturkan badannya kekandang,karena tidak tega aq selalu memeluk dia apabila dia mulai anarkis. Semakin hari inkordinasi syaraf Tobe semakin parah,hingga dia benar2 tidak bisa berjalan,,dia hanya bisa tiduran di kasur aq,,dia jadi seperti bayi yang buang air dan kotoran pun di kasur. Aq ingin Tobe sembuh dan ketika itu ada 1 alternatif yg di sarankan rumah sakit hewan kepada saya,yaitu terapi infrared. Terapi ini akan di jalankan selama seminggu. sudah 5 hari terapi dijalankan,keadaan tobe semakin membaik namun pada hari ke 6 terapi hujan turun dengan deras, saat itu sudah jam nya tobe terapi. Sore itu 5 maret 2012 Tobe menjadi sangat manja dan selalu teriak2 selama 45menit. Aq bingung dan hanya memeluknya dg erat,,saat itu aq sudah mengiklaskan dia pergi,setelah aq cium eskimo ( hidung qu menempel ke hidung Tobe,,hal ini biasa kami lakukan) sama tobe dia pun pergi ke rumah yang jauh lebih indah.Aq berusaha untuk tegar namun tetap saja air mata ga mau berenti. Mungkin memang ini yang terbaik,,di Sorga tobe sudah bisa lari2 lagi dan tidak perlu menahan sakit dia pasti senang berada disana walaupun aq masih sering kangen sama dia :). Love you Tobee :*

    ReplyDelete
  38. Halo , saya adopsi anjing kampung jantan bulan des lalu, namanya brownie, skrg dah umur kira2 6 bulan. saya lagi cari2 forum sharing untuk pemelihara anjing kampung. Walo kampung, saya berusaha memberikan brownie yang terbaik, kata temen2 saya brownie anjing kampung tapi servis bintang lima :D,krn saya kasih dry dogfood,vaksin dah lkp,rutin check ke vet 2 bulan sekali,daily vit,sama grooming salon sebulan 2 kali ( 2 kalinya saya mandikan sendiri ).Ada jg temen yang bilang saya malah meng-unkampungkan brownie ( ada ya kosakata un-kampung ). Katanya nanti brownie malah kehilangan kemampuan kampungnya, spt daya tahan tbh yg lbh tahan banting, dll, krn saya treat spt itu,jd mikir juga sih, apa iya ya ? tp ya masa sih hal baik malah efeknya jelek ya ?. Yg buat sy senyum adalah respon tmpt pet shop kalo saya bawa brownie grooming,skrg sih dah ada langganan,tp dl wkt lg cr yg cocok,pas liat brownie,pd nanya jenis apa, sy jwb kampung kok,pasti pd aneh sma raut mukanya,pada ga percaya gitu,sampai ada yg berdebat dgn sesama pengunjung krn pada spekulasi sy yg salah,ada yg bilang campuran pitbull lah ( bentuk dadanya ) ,doberman lah ( bentuk badan dan moncong, sama warnanya brownie, emang coklat yg ga umum di anjing kampung) ,rotweiller lah ( mata brownie ada lipatan kyk rot emang ). bahkan ada yang ngotot brownie tuh trah doberman asli, tp saya yg ga aware ( duh !diceramahin ) . Tapi saya bangga deh krn semua org yang liat dia pasti muji bulunya,mengkilap dan warnanya unik kata org2. Brownie jg dah bisa sit dan hand ( angkat kaki salam ), dan bkn cuman kalo saya yg ngomong aja, sama org lain jd nurut dibilang sit and hand.kalo mkn juga selalu sit dulu. jd anjing kampung ga kalah sama ras, walo mkn lbh lambat,tp kan ditebus dgn daya thn mrk yg lbh kuat. jadi fair lah mnrt saya.Saya sih suka semua anjing,ras atau ga,kebetulan aja dptnya skrg kampung,ya semoga nanti bs nambah lg deh,ras sukur,kampung lg juga ga papa. Buat temen yg tau info forum pemelihara anjing kampung, pls info ke saya ya ( antares_firescorpion@yahoo.com) ,pengen join. salam woof !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku juga punya pengalaman seperti kamu... wkt aku adopsi anak anjing kampung yg cantik moniq merdekawati dan saat tiba waktunya buat moniq vaksin pasti banyak ygm tanya jenis apa anjingnya (kebetulan Monique berbulu panjang) Hehehehe waktu aku bilang anjing kampung pasti selalu ada ygm berbisik2....gaya banget anjing kampung aja pake Diana kedokter dan lebih lucunya lags wkt aku beli dog food pemilik toko tanya buat anjing jenis apa....anjing kampung reaksinya oooo....anjing kampung aja ngapin di kasih dog food ini kan mahal sayang kan......so what getoo loh kalo anjing kampung divaksin dan dikasih dog food......mereka juga Punya hak utk disayang, jangan pernah punya anjing hanya utk Gengsi semata... memiliki anjing berarti kits harus bertanggung jawab atas kelangsungan hidup anjing kita.....

      Delete
  39. Gw sering kali ga mengerti knapa manusia bisa2 tega motong n makan anjing padahal anjing khususnya anjing kampung kalo kita ajarin dia lebih mengerti dan setia daripada manusia,gw piara anjing kampung dari awal induknya suka keluyuran d jalan,gw sering kasi makn lama2 dia sering datang dan meminta makan,akhirnya hamil dan anak2nya gw urusin sampai uda cukup gede dan uda ga nyusu ke induknya.gw kasi ke teman2 yg benar2 sayang anjing.tinggal 2 ekor ga ad ug mau karena jelek gw piara dan gw sangat sayang seperti anak gw sendiri.Ada 2 anjing kampung lain yg di buang sama pemiliknya dan suka berkeliaran di depan rmah gw,gw kasi makan tapi sayank beberapa tetangga gw ga suka mereka membayar satpam dan menracuni anjing itu pada malam hari.gw sedih banget kenapa manusia sejahat itu,mereka ga suka menganggu dan mengonggong,kesel marah bercampur jadi satu kalo ingat peristiwa itu dan gw mengutuk mereka yg meracuni dan membunuh anjing2 yg tidak berdosa dan biarlah Tuhan yang membalas kejahatan keji mereka

    ReplyDelete
  40. kejadiannya baru2 ini sih. aku nonton a dog story of hachiko (richat gere). Eee saking terharunya aku jadi pingin punya anjing. Ga lama aku cari2 ketemu penampakan yang aku suka. anjing sharpei aku beli 9 juta nama nya justin umurnya 3 bulan. Setelah aku pelihara 1 bulan dia tuh selalu ngikut2 aku jalan kemana aja( didalam rumah) setelah itu aku mau cari2 anakan buat nemenin justin, secara ga sengaja aku nemuin adopsian ngomong nya sih pitbull tapi setelah aku lihat dan cari info itu hanya anjing kampung biasa. Sekarang dia aku ksi nama alice (resident evil) hehehe... justin dan alice adalah teman bermain ku di kala aku pulang kerja. Kadang aku berfikir berteman dengan anjing malah lebih enjoy loo. Setiap malam dia tidur di kamarku. walaupun aku naikin ke ranjang tetapi mereka lebih memilih tidur di sofa dengan kipas angin yang di arahkan ke padanya. Ac di stel sampai jam 3 pagi aja karena dokter bilang bilang full ac trus pilek nya ga sembuh2. Kadang rese juga karena kalau keluar rumah mereka sering nyelonong ikut keluar.. bukan apa2 sih aku sih tkt mereka hilang.. sampai aku buat kandang tapi kalau di kandangin mereka nangis,, jadi gimana nih!! ga tega guk haiiikkkk gtu katanya. manggil2..

    ReplyDelete
  41. Hai nama saya Jane, saya sangat berduka hari ini sangat sangat berduka karena ditinggal mati anjing saya. Ceritanya anjing tersebut saya adopsi dari induknya yang telah tiada, awalnya anak anak saya sangat mendukung dan menginginkan memelihara anjing tetapi karena saya juga bekerja di kantor suami saya juga bekerja maka jadilah anjing tersebut terabaikan.

    Dalam seminggu dua minggu terakhir saya melihat anjing saya kelihatannya kurang bergairah pandangan matanya sayu tetapi masih doyan makan, saya sangat iba sekali kemungkinan karena cuaca yang sangat dingin dan hujan terus menerus membuatnya sangat tersiksa. Maklum dengan segala keterbatasan saya dan karena iba yang mendorong saya merawat anjing saya seadanya. Saya tidak mungkin memeliharanya di dalam rumah karena rumah saya sempit dan tidak punya lahan pula. Selama ini saya menempatkannya di halaman belakang rumah yang tidak terlalu besar. Karena keterbatasan keuangan jadilah anjing kesayangan saya si Melly juga menikmati sisa makanan kami seadanya dan tinggal di luar rumah.

    Hari Senin saya meminta suami saya untuk memindahkannya ke teras rumah depan walau khawatir tidak enak dengan pandangan tetangga yang kelihatannya rata rata tidak menyukai kehadiran seekor anjing (pernah ditegur RT) walau kami sangat yakin tidak mengganggu siapa siapa apalagi tetangga. Saya membuat tempat tidur dari karton memberi dog food melap bulu bulunya dengan kain agar bulunya kering, si Melly makan dog food yang saya beli dengan lahap.

    Pagi hari saya ingat anjing saya, saya ingin memandikan dan memberi bedak agar anjing saya wangi. Saya sempat memandikannya mengerinkan bulunya memberinya makan, tetapi karena kepagian dan cuaca yang selalu hujan ditambah kemungkinan kondisi fisiknya yang sedang lemah maka melly meninggal di pangkuan saya ketika saya sedang membersihkan bulu bulunya. Saya menangis sedih tetapi sudah tidak bisa mengembalikan melly saya. Selamat jalan Melly, we love u all

    ReplyDelete
  42. Hai , namaku nadda , aku tadi lagi iseng2 liat web tentang anjing , eh mampir kesini deh , dulu aku juga punya anjing kampung , nmanya alex , pas dia dibawa dia masih 3 bulan , dan lucu bgt , lama2 dia tumbuh besar , tapi banyak tetangga yg tidak suka sama anjing saya , ya mengerti lahh , saya melihat anjing saya yg masih umur 5 bulan , dipukul dengan kunci inggris!!! , saya marah bukan main , saya sampe nangis liat bagian pipinya biru , dia cuma bisa nngis , sayapun ikut nngis , bagi saya walaupun dia anjing kampung , dia lebih dari sekedar peliharaan , dia adalah sahabat saya , karna saya takut kejadian itu berulang , pas dia umur 3 tahun , saya membawa dia ke gunung yang banyak anjing kampung disana , saya sedihhh bgt dan terpaksa melakukan itu , pas saya baca web ini , saya nangis inget anjing saya :'( mudah2an jangan ada yg suka menyakiti anjing kampung ya , mereka juga makhluk hidup , gamau disakitin , dia mau disayang . :')

    ReplyDelete
  43. Halo nama saya nadda , saya dulu juga punya anjing kampung yang bernama alex , dia bukan sekedar anjing , tapi dia sahabat saya , dulu pas dia dibawa kerumah pertama kali dia masih berumur tiga bulan , lama2 dia tumbuh semakin besar , pada saat umurnya lima bulan , dia sedang bermain didekat rumah tetangga ,padahal dia ga ngapa2in , dia dipukul pakai kunci inggris!!!! Saya marah bukan main , pipi dekat matanya biru , dia nangis , saya pun nangis , lalu saat dia umur 4 tahun , karna takut kejadian itu berulang , saya membawa dia ke gunung yang banyak anjingnya disana , saya sedih sekaligus terpaksa , saya gamau dia kenapa2 , pas saya baja web ini , saya nangis , gabisa berenti nangis , saya inget sama alex , bagi saya dia adalah teman paling mengerti saya , saat saya sedih , dia diam dan mendengarkan saya cerita , dia sangat mengerti saya , mudah2an hangan ada lagi ya sekarang yang suka menganiyaya anjing kampung , mereka juga makhluk hidup , mereka ingin disayang ,

    ReplyDelete
  44. Seruuuu..ane baca semua comment'a. Seneng & sedih baca semua cerita'a. Mo nimbrung cerita ah,,

    Dari dulu, pgn pelihara anjing, bokap jg setuju bgt ( dikampung'a dia pelihara anjing kampung,3 ekor ), tp ane sm bokap, selalu kehalang sm pikiran klo lingkungan rumah yg warga'a yg ga suka anjing.

    akhir'a ane nekat aja tetep pelihara anjing, ane adopt dr tmn, nama'a Chika ( betina ). waktu dtg ke rumah temen ane yg guk - guk'a banyak bgt,ane disuruh milih yg msh puppy aja. pas lg liat puppy'a,ada 1 puppy yg terus deketin ane, gesek2 badan'a ke kaki ane, puppy yg laen sibuk maen sm tmn2'a. Trs ane blg, klo mau ambil yg deketin ane, Tp tmn ane blg,tp itu anjing kampung loh. Walau gt, ane ga peduli sm omongan tmn ane itu,ane ttp ambil tuh puppy,heheh.ane bawa pulang deh.

    ane pelihara dia, ane baca artikel2 ttg anjing, ane vaksin, ane kasih vitamin, dll. Ga pernah mikir keluarin uang saat mau beli sesuatu buat dia, supaya dia seneng dan sehat ( sampe ada ibu2 warung bilang "anak cowo ko maen ke tukang sayur buat berebutan daging ayam sm ibu2, mending buat saya utk buat sop", tu ibu2 mungkin kesel kali ya kalah cepet mulu dpt daging ayam sm ane dan tau klo buat Guk2 ane,,hahha)

    Sejak melihara dia, banyak keberuntungan2 yg di dapet gw sm bokap ane,,ky'a tuh hoki dtg trs. Sampe gw dpt kerjaan baru yg ane idam2kan, tp sayang'a di kerja baru ini, ky'a ane di tempatin di luar daerah, jd sedih klo mikir bakar ninggalin chika. Utk temenin dia maen, selama ane di luar daerah, ane niat adopt 1 guk2 lg ( wajib betina, coz chika nurut dan pinter ).

    Ane dpt deh 1 guk2 lg, tp keluarga ane lbh suka sm puppy yg baru ini ( emg sih muka sm tingkah'a lebih lucu dibanding chika yg terlihat garang dan kekar ). Sejak kedatangan puppy baru, Chika lbh banyak diem, muka'a melas trs, trs mata'a keliatan lbh becek. Trs Chika kadang2 suka lari2an mondar - mandir ga jelas gt di rumah sambil gonggong2. Ga tau krn ada penghuni baru ( menurut ane ga sih, Chika suka jilat2in dan selalu ngalah sm puppy br ini ). Firasat ane sih bilang, dia tau klo bakal ditinggal sm ane, makan'a dia jd sedih ml.

    Ane udah niat, masih ada waktu 1 bulan buat puas2in maen sm Chika seharian, supaya muka'a ga sedih, melas gt. Semoga Puppy baru nanti bs buat tmn'a chika selama ane di luar daerah.hiks,,hiks,,

    ReplyDelete
  45. matep nih..seruu bgt,,,pas... jadi pengen berbagi juga..,,

    gw juga puppy jantan skrng umur nya kira-kira 4 bulan gw kasi nama MARCHO VAN GOTTER biar keren ky anjing ras ( hahahha).. cerita nya gw pelihara gini :
    malam itu gw pulang kantor hujan,, di perjalanan pulang gw lihat ada seekor anjing mungkin itu ketabrak mobil 2 ekor, 1 betina ( mungkin mama nya Marcho ) trus yg atu lagi kecil ( mungkin saudara nya Marcho ) gw berhenti soalnya yg kecil itu masih gerak-gerak waktu gw deketin udah gg gerak lagi ( kasian bgt apa boleh buat..),,, trus waktu gw mau naik motor lagi gw denger ada suara tangisan anjing tuh dari dalam got,,,gw liatin pk lampu motor ,, bener!!!! ternyata masih ada yg tersisa.,,.. tanpa pikir panjang gw ambil aja,,,aneh nya waktu gw deketin tangan gw malah asik dijilatin bukan nya malah takut atau gimana gt.. ampe dirumah istri kaget bawa oleh-oleh ank anjing ( dekil,kutuan lagi.. banyak lumpur nya),,..istri ngomel minta ampun secara dari kecil istri gw takut anjing,,.. trus gw jelasin pelan-pelan,,ternyata iba juga..,,hanya perlu 1 minggu marcho sudah bisa beradaptasi dengan isi rumah dan penghuni nya,,udah gg ketakutan lagi.. Marcho anjing pintar,, tingkat kewaspadaan tinggi,aktif,, tergila-gila ma Bola kasti ampe mecahin meja ruang tamu ( heheheheh...) walaupun jenis kampuang tampang,body, dan tingkah laku gg kalah ma APBT ( cuman gg dikupir ajah gg ada tempatnya ),,.. karena gw yakin biarpun anjing kampung kalau kita latih dari kecil mereka pun akan terlatih... bukti nya sekarang Marcho sudah mengerti beberapa perintah dari gw, Shitdown,Stay (ini yg susah), Up-up, Salam, GoGogogo...( kl ma istri gw, Marcho manja,,gg nurut sama sekali... wkwkwkk)cuma pada saat melatih si puppy mesti tegas dalam artian jangan pernah ragu-ragu dalam mengatakan perintah (tegas),, kl si anjing masih bingung berikan peringatan ( jangan dipukul/ disentil/apalagi ditimpuk)katakan jika itu salah (bad dog atau apalah..)dan berikan pujian jika itu benar,,si anjing pasti akan perlahan-lahan mengerti..
    pemberian kalsium,vitamin,obat cacing pun tidak lupa karena gw pengen Marcho tetap sehat dan selalu aktif..,

    sekarang kl gw pulang kantor wajib ada penyambutan dari keluarga baru gw, dari peluk kaki ampe gg mau lepas ampe loncat-loncat kegirangan sambil muter-muter ky kangeeennnnn bgt ma gw.,,. :)

    Satu Lagi hobby nya Marcho suka bgt naik motor.,, dan selalu cari perhatian kl saat naik motor saat menyalip motor lain Marcho pasti menggonggong,,,itu yg gw paling suka dari Dia,,gg terima kl dia ada di belakang motor lain ( ky ngajak balapan aja hahahah...)

    MARCHO VAN GOTTER : Terlahir dari hujan dan Got...\m/.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener² kisah yg mengharukan, nah soal cara mengajari puppy emang perlu kesabaran,yg kadang gw lepas kontrol..ilmu dari Cesar melan ga kepake,sapu lidi yg kepake,tapi abis itu gw nyesel banget,mpe sedih,gw elus,peluk smbl dlm ati gw bilang maap :(
      sekarang puppy gw mungkin sekitar umur 6 bln,kl bahasa yg gw ajari bhs indo ga pake english,misal duduk,sini,pake Sssh kdg ga mempan gw pake heh/hey!! dgn nada tegas kl kelepasan ya kdg nada marah wkwkwkwk

      Delete
  46. aa.. sapa bilang anjing kampung betina doank yang pintar? meskipun yang jantan juga pintar kok :)
    Buktinya temen gua punya anjing namanya Ryuki. Ekornya mirip kayak anjing ini: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=198961493543727&set=o.148665695150316&type=1&theater , matanya coklat, 3warna, tapi kakinya tak spendek itu. Ryuki tak suka jenggongi orang.. jika ia melihat ada tamu & majikannya mau ke tamunya. ia akan berdiri sperti manusia, sambil tangannya dinaikan. ketika diajak jalan2 ia akan mengikuti dari belakang tanpa ditali & ketika si tamu mau kembali kerumah temannya, ia akan lari cepat & masuk duluan dari celah pintu. Maklum bisa masuk, masih umur 1,5bulan uy :p (*Rasanya ingin deh punya anjing spintar Ryuki :) ) Kata temenku itu anjing sudah mau ikutin majikannya tanpa ditali ketika dikasik orang umur 1bulan. Meskipun dilepas di halaman rumah, ia tak akan kabur (*meskipun ada kesempatan tuk kabur)

    Salam dog lovers, Avengelia CSS

    ReplyDelete
  47. Ada ngga yang punya anjing kampung yang jenisnya kecil kaya punya saya ? Saya pengin nikahin onyet(nama anjing saya :D) tapi bingung soalnya dia tu kecil banget jadi takutnya dia minder kalo dinikahin ama anjing pada umumnya.Saya berdomisili di Yogyakarta,bisa dilihat di blog gambar anjingnya.Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ajeng :
      klo boleh tau jogja nya dimana yah?
      bisa minta kontak nya?ato km add ak aja https://www.facebook.com/bin2tuit2
      ak uda liat ukuran anjing mu sih, cm msh ragu anjing ku bisa or ga :)
      Thanks

      Delete
  48. @Ajeng: kita mewajibkan sterilisasi, jadi tidak ada di kamus kita mengawinkan anjing untuk mencari keturunan, karena sudah banyak anjing menderita dan kita nggak bisa menjamin hidup mereka (anak2nya) akan bagus semua. Jadi tolong tidak mengikuti jalan orang lain yang ingin mengawinkan anjing dengan alasan apapun karena ini tidak akan berujung hasil yang baik.

    ReplyDelete
  49. sebut saja namaku na... ak baru pertama kali ini melihara anjing, sebenrnya niatan ak pengen melihara golden atau beethoven. singkat cerita ak pulng kantor trus ak liat didaerah taman lawang ada abang2 jual anjing, trus ak liat ada 3 ekor anak anjing tpi cma 1 yg m'hampiri ak, ak tanya abangnya itu anjing apa kata abangnya itu anjing bernard atau sejnis beethoven ak makin seneng akhrinya keesokan harinya ak beli anjing tersbut, pas ak cek2 dinternet ternyaata yg ak beli anjing kampung abangnya dah boong sama ak, ak sedih sempt kesel juga trus terlinta ga mau ngerwat anjing itu karna termenset dipiran ak anjing kampung jelek dan liar, singkat cerita ak bangun mau sahur ak liat.. oh ya nama anjing1u jacky keren kn?:D heheheheh, lanjut.. ak liat dia lg sendiri natap k dapur dihati ak jd kasian trus ak lgnsung bikin susu sama maknnya tpi dia ga mau makan akhirnya ak paksa dia minum susu pake sendok ak gendong, tpi ttp dia tidk mau makan dan minum susu. pertanyaan ak ap krna dia msh beradaptasi dgn lingkungan jdi dia ga mau makan? ap perlu k dokter hewan?. oh ya nama anjingku dah tau kn? usianya baru 1.5 bln pas lucu2nya sih tpi dia suka gigitin baju, cos kata temen aku anjing kampung galak, suka gigit dan liar ak jdi takut mau ngulurin tangan takut digigit, pada dasarnya anjing kampung suka gigit ga? :(
    trus gmna cara merawat dan melatihnya dng benar, mohon bantuannya. TErima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ms Na, semua anjing yang baru tumbuh gigi pasti akan mengigiti baju, kaos, dan sepatu karena giginya gatal..tugas majikan lha yang mendidik supaya tidak seperti itu lagi. Untuk makan coba kasih dog food..jika memang tidak mau, coba bawa ke vet..

      Delete
    2. sekarang anjingQu makannya lahap loh.. hehehehe senengnya liatnya, wlpun usianya baru 2bln lincahnya ga ketulungan trus skrg klo dipanggil namanya dia mulai ngeh, sebnrnya ak perlihara anjing poodle jga dirumh tpi sama ko perawatannya am s jacky ga da yg pilih kasih. malah si jojo(poodle) kalah am si jacky padahl dri badan lbih besar jo2. anjing kampung ataupun anjing ras sama aj ko, tergantung kta merawatnya. ^_^ heheheeh

      Delete
    3. @hannvina , skrg anjing ku makannya dah lahap. mungkin kemarin karna dia msh beradaptasi. lincahnya ga ketulungan. di rumh ak pelihara anjing poodle juga tpi sma ko mereka perawatannya ga ada yg dibedain.
      anjing kampung ataupun anjing ras sama aj ko tergantung dri kita ngajarinnya gmna. s jacky skrg dah mulai ngerti klo dipanggil namanya, yahh wlpun kadang ada oonnya kecebur gotlah, makanin sampah pdahl dah di jaga digerbang tpi mash bisa lolos pinter kabur.. hahahahha tpi itu yg bikin lucu.
      ada forum ini sedikit terbantu juga.. thanks smuanya.. ^_^

      Delete
    4. Nah itu dia ciri khas anjing kampung puppy..kl di lepas di luar jahil banget,udh dkasi makan masi aja mulut/idungnya nyari² sampah..dulu pas baru bbrp hari dpt puppy umur 5 blnan sempet keluar dari pager,sempet shock/sedih jg,gw udh mikir..ini ilang dah,eh taunya ketemu di dpn gereja[rumah gw dkt gereja]untung juga dulu pernah ajak jalan² pake rante ke halaman gereja,jadi dia tau lokasi sekitar² situ aja :)

      Delete
    5. Hi..Nama saya Kadek, saya punya sepasang anjing kampung berumur 1,2 tahun, vaksin sudah lengkap sampai dengan Rabies, Bapakku kena stroke jadi ibu ku agak kerepotan untuk mengurusi kedua anjingku walau cuma memberi makan saja, apalagi ibuku akan mencari pembantu untuk mengurusi rumah, jadi terpaksa aku harus merelakan anjingku untuk diberikan ke orang lain, karena biasanya pembantu kalo ada anjing mereka tidak mau, bagi teman2 yang ingin mambantu saya dan ingin memelihara silahkan hub. 08128100244/08170797338, saya tunggu bantuan dari teman2 agar anjing tidak terlantar.

      Delete
  50. dear dog lovers
    sekalian menjawab pertanyaan Trisna, anjing itu setia sama manusia, jadi sebetulnya tidak akan mengigit. aku dulu juga takut banget sama anjing tapi suami aku dog lovers banget, dia suka ambil anjing terutama pupies dari jalanan, lama2 aku nga takut dan bahkan suka sekali memberi makan dari tangan kita. anjing itu akan belain majikannya bahkan sampai mati. itu pernah aku liat ketika anjing2 dirumah menyerang tukang yang dikira mau memukul suami aku. aku anak2 berkaki 4 ada 8 ekor dan suami aku selalu bilang kalau mereka adalah bagian dari keluarga dan mereka tidak punya siapapun kecuali kita so love them, teach them. mereka pintar kok walaupun anjing kampung, bisa diajarkan bab ataupun pipis di luar. salam

    ReplyDelete
  51. setuju banget dengan ARAC. dulu saya juga nga tega kebiri anjing-anjing aku tapi setelah baca ARAC kalau itu demi mereka juga dan demi masa depan banyak anjing-anjing yang tidak punya rumah (homeless) then aku putusin untuk mengebiri mereka agar nantinya tidak melahirkan anjing-anjing yang liar

    ReplyDelete
  52. hai, nama saya july

    happy banget disini ketemu komunitas pecinta anjing kampung :D
    di rumah sya ada 3 guk-guk kampung yang sangat lucu dan di sayangi oleh keluarga saya. ada 1 guk-guk mini pom yang mau jg bergaul dengan guk-guk kanmpung saya (baca: molly,eceng,ndut)

    (untuk yang guk-guk pom,sangat baik di terima keluarga , jadi saya share yang guk2 kampung saya yg penuh "perjuangannya" ya :p)
    awalnya, keluarga cuma menerima anjing ras saja, lallu saya nekat membawa pulang guk-guk kampung (molly sebagai induknya) yang akan di buang oleh orang lain.

    hari 1... ortu saya sangat marah dgn keberadaan molly yang padahal menurut saya sangat lucu. setiap hari kami lewatkan dengan beradu mulut antar keluarga >.< parah banget dulunya...

    hingga hal itu membuat saya terus BERUSAHA untuk menunjukan bahwa molly tidak lah seb4uruk yg ortu kira..

    finally..... molly (perlahan-lahan) di terima keluarga dengan sangat baik. bahkan paling di unggulkan. di sayang banget oleh mama (mama yg awalnya paling crewet n protes di rumah hihihi)

    lalu moly mempunyai anak 2 (eceng n ndut) yang bapanya ntah siapa ><" yang pst guk-guk kampung juga..
    KEMBALI ORTU PROTES KERAS LEBIH DR SEBELUMNYA...
    TETAPI SAYA JUGA BERUSAHA LBH KERAS BAHWA MEREKA PANTAS HIDUP LAYAK.

    sampai akhirnya, semua bisa di terima ortu :,)

    mereka sudah menjadi anggota keluarga kami dengan sangat baik. kita akan menjaga mereka dan menyayangi mereka sepenuh hati, tidak bisa untuk di sakiti siapapun.

    tunjukan kepada semua bahwa baik ras ataupun kampung, semua sama saja. tidak ada yang harus di beda-bedakan.

    Thanks :)

    ReplyDelete
  53. Nama saya Farika,saya punya anjing kampung betina umur 1 thn, anak saya membelinya disaat anjing itu berumur 2 bln. Saat ini anak saya sangat sibuk dengan kuliahnya, sehingga yg merawat anjing itu saya, tp sy pun sudah lelah utk mengurus anjing sementara pembantu di rumah tidak mau mengurus anjing. Untuk itu saya berniat memberikan anjing itu kepada org yang membutuhkan dan menyayangi anjing, saya sebetulnya sayang pada anjing itu, tp sy tdk sanggup lagi utk merawatnya. Anjing saya makan dengan dog food dan juga nasi. Vaksinasi sudah diberikan dan tiap 3 bulan saya beri obat cacing dan mandi tiap 2 minggu sekali dengan memanggil org utk memandikannya, tp kukunya susah sekali klo mau dipotong. Anjing saya tidak pernah keluar dari rumah, karena itu dia tidak punya teman. Saya juga pernah memanggil pelatih utk melatihnya selama kurang lebih 2 bulan. Bagi yang berminat bisa email ke farika_ikong@yahoo.com. terimakasih.... semoga ada yg bisa menyayangi anjing saya.....

    ReplyDelete
  54. Halo.semua
    nama ku donny [member baru]
    aku punya anjing kampung umur 2,5 thn jantan.
    lincah dan gesit,.
    papa ku gk suka sama chiko krn suka gigit barang2 ..
    "papaku bilang buang aja si chiko ntr papa beli'in mini pom"
    >aku langsung ngomong pa jangan krn aku sayang ama anjing aku chiko ..
    setelah itu aku ngomong kasih aku kesempatan pa buat ngelatih si chiko .. walaupun susah aku akan berusaha keras.. .. dan
    akhirnya papa setuju dan sekarang chiko udah nurut dan chiko udah bisa di terima papaku . .
    Sekian ceritaku ..
    thaks dah baca :D
    Love anjing kampung 4ever

    ReplyDelete
  55. Haiii para dog lover khususnya anjing produk lokal...saya Carlo dari bali...saya juga pro banget sama anjing kampung...mreka lucu2 dan sangat butuh pengertian...kasian mreka hanya karena bulu mereka pendek dan tidak menaik bahkan ga bisa di jadikan peliharaan yang bernelai ekonomis tinggi( Kayak anjing Ras yang super duper mahal klo diternakin)anjing lokal malah dikasi minta aja kadang orang ogah meliharanya...padahal kan sama2 anjing ;-(...bahkan banyak yang masi berkliaran di bali...dan dieliminasi karena efek rabies...kan kasian anjingnya...semoga para dog lover bisa lebih melirik ke anjing lokal...biar banyak yang ngadopsi bila perlu jgn beli anjing ras...... masih bnyk anjing yang butuh uluran tangan anda....BTW aq juga melihara anjing lokal kok..dulunya sie anjing ras doberman( Dobby namanya )..tp dikit2 sie doberman sakit...and terakhir kena parvo and matii...huaaa...pdhl udh di vaksin...karang dapet anjing jalanan walo anjing kampung dia lucu banget..jacky namanya( biar kayak jacky chan)hehehehhe...udh umur 2 bulanan gt...pokoknya ga kalah deh ma anjing ras...udah bisa shake hand ma sit...SO AYO TEMEN2 BANTU PARA ANJING LOKAL apa lagi yang dijalanan...pasti deh mereka akan bawa hoki ke kalian....

    ReplyDelete
  56. Dari saya kecil, dirumah saya slalu memelihara anjing, dari jenis apa saja, sampai berjumlah 11 ekor. Dan banyak memiliki kisah dan memori ttg anjing2 ini dalam kehidupan saya. Terakhir saya memelihara seekor anjing jenis campuran sampai berumur 13thn. Baru2 ini saya mengadopsi seekor anjing kampung,setelah sekian lama mencari untuk mengadopsi, dirumah saya sepi dari anjing, dan saya memang ingin sekali memelihara seekor anjing kampung.. yg menurut pengalaman saya, anjing kampung memiliki kecerdasan, perasaan dan kesetiaan, juga stamina dan daya tahan yg tinggi dari penyakit atau racun. Saya akhirnya mengadopsi seekor anjing kampung jantan berumur 3 bulan, dan saya beri nama Timmy. sewaktu saya adopsi, bagian samping badan kulitnya luka lumayan lebar, karena pelakuan orang2 sekitar wilayah tempat tinggalnya dulu. menurut saya, seekor anjing kampung adalah sahabat yg sangat setia.

    ReplyDelete
  57. Jadi terharu lihat cerita,pengalaman² diatas,terutama cerita dari pemilik blog, pertama kali gua punya puppy waktu kelas 5 sd,satpam komplek tempat kami tinggal membawa puppy kampung di posnya,lgs gua minta ke bokap utk lobby supaya dijual ke gua :) senengnya bukan main,dr kecil itu puppy di rante plus ada kandang box dari kayu,maklum blm paham banget waktu itu,jd guguknya agak galak pas udh gede,sekalinya lepas pas musim kawin,ga pulang 3 hari,pas pulang penuh luka berkelahi,pas udh di iket mo gua elus²,eh gua digigit..bokap pas mo mandiin juga digigit,krn takut kena rabies,di telponlah petugas medis,pas di cek beberapa harinya eh bener,guguk gw mati..positif gw ama bokap kena rabies,langsung deh kena suntikan 14x disekitar pusar..pengalaman ini ga bkn kapok mpe sekarang gua selalu pny anjing kampung,pengalaman yg bkn terharu, sewaktu smp gua pny ajing kampung yg setia bgt,nyokap gw kl berangkat kerja ke rumah sakit di ikuti dr belakang,tiduran nunggu di dpn rumah sakit mpe pulang,rumah ama RS dkt juga sih,ini guguk pernah lepas pas ada program pemusnahan anjing liar di komplek gua,gua sempet liat mobil yg stop dpn rumah trs lempar sesuatu,gua telat larinya guguk gua udh jilat² sedikit,lgs gua beli kelapa muda,airnya gua suruh minum,nurut banget gw suruh minum mau,mpe sekarang gw mikir juga ko bisa :) eh dia trs muntah, ada cairan kuning agak ke ijo²an..alhasil anjingnya selamat besoknya,nah puppy gw yg baru² ini ditahun 2012 jantan umur sekitar 5-6bulan dapet dari kampung..tipenya agak energik,lincah susah diem,ketemu muka baru ga kaget lgs ceria,loncat² agak ngeri juga terutama kl ama anak kecil,yg menurut Cesar Melan anjing kl liat yg seumuran/sama tinggi cenderung mendominasi,gua takutnya anak² pas di lompatin lecet kena kukunya,maksudnya sih ga nyakar cm gembira/ceria aja tipenya,aneh juga baru kali ini dpt model gini haha..yg dulu² paling awal² aja lincah,kl udh ketemu/kenal udh anteng aja,yg ini kyk kutu loncat,mpe bingung gua,kl model anak² ini kali tipe yg hiperaktif ya..jurus² cesar melan buat melatih puppy ga kena dah ama puppy gua ini,kdg mpe gua emosi jg,pdhl ga boleh main fisik...tapi pelan² gua ajari duduk,diem bisa juga kl pas mo kasi makan ato pas gw pingin liat dia diem/anteng..asli kyk kutu loncat :)
    Mohon bimbingannya kl ada yg punya pengalaman melatih Puppy kampung, byk yg bilang emang anjing kampung lbh keras kepala mirip kl ajing ras tipe bulldog, kl soal pinternya relatif,pinter juga kok kl pas kecilnya cukup gizi :)

    ReplyDelete
  58. saya punya anjing 3. 1 si ibu yaitu kiki, 2. anak namanya toli (mirip rottweiler tapi udah campuran jadi rottie mix), 3. anaknya kiki juga namanya choki. ketiga anjing itu lucu,pinta, n ga macem2. aku sayang sama anjing2 ku tapi setiap saat aku harus waspada karena didaerah rumah ku sering bgt anjing2 mati karena di racun.waktu aku presentasi dikampus tmen2 ku pada share kalo hobi melihara anjing ras. aku ngerasa org2 kaya gitu mendiskriminasikan anjing kampung baget padahal anjing kampung itu lebih setia sama penurut. mksh udh baca...^^ ingat ya semua anjing itu sama jd jgn mendiskriminasikan mereka

    ReplyDelete
  59. I enjoy what you guys are uѕually up too. This type of clevеr work and coverage!
    Keep up the amazing works guys ӏ've included you guys to blogroll.

    Look into my web blog - homes for rent allen

    ReplyDelete
  60. hai saya tio. saya baru dikasih anjing kampung sama saudara karna mereka mau pindah ke luar kota, otomatis anjing kampung itu diberikan ke saya. anjing saya pendiam banget. saya bingung harus bagaimana,mungkin dia masih seih karena ditinggal majikannya. apa yang harus saya lakukan? jujur,saya ga tega banget ngeliatnya. mohon bibingannya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya:
      1.Cek ke Dokter Hewan untuk mengetahui kondisi terbaru dari anjing anda agar bisa di tanganin oleh dokter bila sakit
      2.Ajak jalan-jalan / bermain
      3.Beri makan dan minum yang teratur
      4.Tanya kan kepada saudara anda apa kebiasaan dan sifat dari anjing tersebut yang belum / yang anda ragukan setelah melihat tingkah nya ketika bersama anda setelah mendengar saran dan pendapat saudara anda sebelum anjing tersebut di tinggalkan / di berikan kepada anda

      semoga saran saya dapat membantu anda apa bila anda ingin menghubungi saya silakan Add Facebook saya:
      Chopper Aritonang (Nama Facebook saya)
      dan untuk mempermudah pencarian nama facebook saya silakan Klik link berikut ini dan pastikan anda sudah masuk ke dalam facebook terlebih dahulu biar tidak ada kecurigaan di antara kita ( ^ _ ^ )
      https://www.facebook.com/chopper.aritonang

      Terima Kasih GBU

      Delete
  61. heii saya dira.
    baru baca blog ini aku langsung suka .
    pengen sih pelihara anjing, tapi ga boleh keluarga karena agama melarang :( .
    anjing itu hewan yg ngerti apa yg kita mau dan selalu ada buat kita .

    kemaren ada kejadian lucu pas aku dikantor, siang itu aku mau pergi ke bank pas lagi enak-enak naik motor sambil nyanyi ada minipom yg lagi jalan-jalan, entah karena dia trauma atau gimana dia lari ngarah ke aku (kayak mau ngejar gitu) alhasil aku kencengin gas motorku :(.
    kemaren-kemaren aku ketemu minipo juga ga kayak gitu tingkahnya.

    ReplyDelete
  62. salut....... kalo ada yang mau memberikan anak anjing kampung gratis saya mau mengadopsinya.... anak saya pencinta anjing dia baru umur 2 tahun tapi deket baged sama anjing saya dirumah... namanya"sely" saya berniat menambah peliharaan saya. trim mohon infonya.

    ReplyDelete
  63. Aku juga pernah punya anjing. yg pertama namanya moleh (Anjing kampung betina) dia itu ngerti banget. gak pernah galak sama org rumah kecuali ada org baru br gonggong. dia mati karena di potong orang jualan sate anjing. trus aku plihara lg anjing kampung jantan( namanya mimoo). yg ini agak galak. aq rantai biar gak main keluar. dasarnya anjing liar kali ya, rante pun bisa putus karna dia gak nyaman diem terus. akhirnya aku lepas. dia itu setia, tapi sama tante ku. kalo kepasar kadang tanteku nyari ojek dulu di ujung desa. pas jalan pasti selalu ditemnin mimoo. dia gak akan pulang kalo tnteku belum nemu/ naik ojeknya. setia kan? sampe pernah tanteku nangis karna mimoo selalu anter dia. (terharu katanya, suaminya aja gak sampe segitunya. hehehe). karena aku sibuk kerja. akhirnya aku gak begitu perhatian sama dia. dia sering main keluar gak pulang kerumah. dan gak pulang2 lagi. kangen mimoo..

    ReplyDelete